les privat SMP SMA mtk ipa fisika kimia biologi tes/kuliah PPG prajabatan tes PPPK 082257518802

Soal tes pppk di grup wa hari ke 11 dari rumpen

 Soa 1 Wawancara


Jika Anda menemukan kesalahan pada presentasi yang akan dilakukan oleh 

teman sejawat Anda, bagaimana Anda akan menyampaikannya?


A. Menggunakan contoh atau ilustrasi untuk menjelaskan kesalahan 

tersebut.


B. Menyampaikannya secara pribadi dan dengan nada yang sopan 

sebelum presentasi dimulai.



C. Memberikan saran atau solusi untuk memperbaikinya.


D. Memastikan untuk menekankan bahwa tujuan Anda adalah untuk 

membantu, bukan mengkritik.

PEMBAHASAN SOAL 1


Kata kunci "presentasi yang akan dilakukan"


A. Menggunakan contoh atau ilustrasi untuk menjelaskan kesalahan 

tersebut.

(Poin 2): Menggunakan contoh dapat membantu memahami kesalahan, 

tetapi harus dijamin bahwa hal itu tidak menyinggung atau terlalu 

mendetail.


B. Menyampaikannya secara pribadi dan dengan nada yang sopan 

sebelum presentasi dimulai.

(Poin 4): Menghormati privasi dan perasaan kolega sangat penting. 

Memberikan masukan secara pribadi mencegah malu dan 

memfasilitasi penerimaan feedback dengan lebih positif.


C. Memberikan saran atau solusi untuk memperbaikinya.

(Poin 3): Memberikan solusi menunjukkan niat konstruktif dan 

membantu rekan Anda memperbaiki kesalahan dengan lebih cepat dan 

efektif.


D. Memastikan untuk menekankan bahwa tujuan Anda adalah untuk 

membantu, bukan mengkritik.

(Poin 1): Meskipun penting, namun ini harus menjadi bagian dari 

pendekatan keseluruhan dan bukan langkah utama.

Soal 2 SJT


Anda sedang mengajar topik yang cukup menantang dan memerhatikan 

bahwa sebagian besar siswa tampak enggan untuk berpartisipasi. Beberapa 

siswa tampak bingung, sementara yang lainnya tampak tidak tertarik atau 

malu untuk mengungkapkan pemikiran mereka. Sebagai guru, apa langkah 

yang akan Anda ambil untuk meningkatkan partisipasi dan memastikan 

pemahaman materi?


A. Melanjutkan pelajaran seperti biasa, dengan asumsi siswa akan 

mengejar ketertinggalan dengan sendirinya.

B. Mengganti topik pembahasan ke materi yang lebih ringan dan 

menghibur.

C. Memecah kelas menjadi grup kecil dan memberikan tugas diskusi 

untuk mendorong interaksi.

D. Menggunakan metode pengajaran yang berbeda seperti permainan 

edukasi atau kuis untuk membangkitkan minat.

E. Memberikan waktu tambahan di akhir kelas untuk siswa yang ingin 

bertanya atau membahas materi lebih lanjut.

PEMBAHASAN SOAL 2


Skor untuk setiap opsi:

A. 1

B. 2

C. 5

D. 4

E. 3

Pembahasan:

• Opsi A (Lanjutkan Seperti Biasa): Mengabaikan kurangnya partisipasi 

dapat melewatkan kesempatan untuk menangani masalah pemahaman 

dan keterlibatan siswa. Ini mungkin tidak membantu siswa yang 

membutuhkan bimbingan lebih lanjut.


• Opsi B (Ganti Topik): Meskipun ini bisa menjadi menarik secara 

sementara, mengganti topik bukan solusi jangka panjang untuk 

meningkatkan partisipasi dan pemahaman dalam topik yang sulit.


• Opsi C (Grup Diskusi Kecil): Menciptakan kelompok diskusi kecil dapat 

mendorong partisipasi yang lebih aktif, terutama bagi siswa yang malu 

berbicara di depan banyak orang. Ini juga memungkinkan siswa untuk 

saling membantu dan belajar.


• Opsi D (Metode Pengajaran Berbeda): Menggunakan metode yang lebih 

interaktif dan menarik seperti permainan atau kuis dapat meningkatkan 

keterlibatan dan membuat proses belajar lebih menyenangkan, 

membantu dalam memahami materi yang sulit.


• Opsi E (Waktu Tambahan): Menyediakan waktu tambahan bagi siswa 

untuk bertanya atau mendiskusikan materi lebih lanjut adalah 

pendekatan yang baik, namun mungkin tidak cukup efektif untuk 

meningkatkan partisipasi selama kelas berlangsung.


Berdasarkan analisis tersebut, opsi yang paling direkomendasikan dalam 

menghadapi ini adalah Opsi C, diikuti oleh D sebagai metode yang paling 

efektif untuk meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa.

Soal 3 Manajerial 


Di tengah-tengah deadline 

proyek, alat atau software penting yang Anda 

gunakan mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan dalam waktu 

dekat. Maka yang akan Anda lakukan adalah ...


A. Menghubungi tim IT atau dukungan teknis untuk memperbaiki masalah 

secepat mungkin. 

B. Menginformasikan kepada stakeholder atau klien mengenai situasi 

tersebut dan meminta perpanjangan deadline jika diperlukan. 


C. Mengadakan pertemuan tim untuk memprioritaskan tugas dan mencari 

solusi bersama untuk tetap memenuhi deadline. 


D. Mencari alternatif software atau alat yang dapat digunakan sementara 

untuk menyelesaikan tugas.

PEMBAHASAN SOAL 3


A. Menghubungi tim IT atau dukungan teknis untuk memperbaiki masalah 

secepat mungkin. 

(Poin 3): Mendekati tim yang memiliki keahlian untuk perbaikan adalah 

langkah logis untuk mengatasi masalah teknis.


B. Menginformasikan kepada stakeholder atau klien mengenai situasi 

tersebut dan meminta perpanjangan deadline jika diperlukan. 

(Poin 2): Transparansi dengan stakeholder penting, tetapi sebaiknya 

dilakukan setelah mencoba solusi lain untuk menyelesaikan masalah.


C. Mengadakan pertemuan tim untuk memprioritaskan tugas dan mencari 

solusi bersama untuk tetap memenuhi deadline. 

(Poin 1): Meskipun pertemuan tim penting, solusi langsung seperti 

mencari alternatif atau menghubungi dukungan teknis mungkin lebih 

mendesak di saat krisis.


D. Mencari alternatif software atau alat yang dapat digunakan sementara 

untuk menyelesaikan tugas. 

(Poin 4): Mencari solusi praktis dan cepat untuk melanjutkan pekerjaan 

menunjukkan inisiatif dan dedikasi terhadap proyek.

PEMBAHASAN SOAL 4


A. Selalu mengingatkan tim tentang visi dan misi perusahaan dalam setiap 

pertemuan. 

(Poin 2): Mengingatkan tim secara rutin adalah penting, namun ini lebih 

bersifat pasif dan mungkin tidak memberikan jaminan bahwa setiap 

keputusan yang diambil sejalan dengan visi dan misi.


B. Melakukan evaluasi keputusan dengan kriteria sejauh mana keputusan 

tersebut mendukung visi dan misi perusahaan. 

(Poin 4): Evaluasi aktif terhadap setiap keputusan dengan kriteria yang 

jelas akan memberikan panduan konkret untuk tim dan memastikan 

keputusan yang diambil sejalan dengan visi dan misi perusahaan.


C. Mengadakan sesi pelatihan atau workshop tentang visi dan misi 

perusahaan. 

(Poin 3): Pelatihan atau workshop akan meningkatkan pemahaman tim 

tentang visi dan misi, namun mungkin tidak memberikan tindakan 

langsung dalam proses pengambilan keputusan.


D. Membuat checklist atau alat evaluasi untuk memastikan setiap 

keputusan sejalan dengan visi dan misi. 

(Poin 1): Meskipun checklist atau alat evaluasi bisa berguna, 

tergantung pada bagaimana alat tersebut dirancang dan diterapkan, 

mungkin tidak selalu efektif sebagai alat pengendalian utama.

Soal 5 Sosiokultural 


Anda menyaksikan ada friksi antara dua anggota tim yang berdampak pada 

kualitas pekerjaan bersama. Bagaimana cara Anda mendekati mereka untuk 

meresolusi masalah?


A. Mengundang keduanya untuk diskusi pribadi, memfasilitasi komunikasi 

terbuka tanpa menyalahkan.



B. Mengusulkan sesi mediasi dengan pihak ketiga yang netral jika 

diperlukan.


C. Memberikan contoh konkrit tentang bagaimana friksi tersebut 

mempengaruhi kualitas kerja dan menanyakan solusi dari keduanya.


D. Menganjurkan pelatihan kerjasama tim atau komunikasi interpersonal 

untuk seluruh tim.

PEMBAHASAN SOAL 5


A. Mengundang keduanya untuk diskusi pribadi, memfasilitasi komunikasi 

terbuka tanpa menyalahkan.

(Poin 4): Pendekatan langsung yang mengedepankan komunikasi 

terbuka tanpa menyalahkan adalah cara yang efektif untuk mengatasi 

masalah dan memahami perspektif masing-masing pihak.


B. Mengusulkan sesi mediasi dengan pihak ketiga yang netral jika 

diperlukan.

(Poin 2): Mediasi bisa menjadi solusi jika kedua pihak tidak dapat 

menemukan solusi bersama, namun ini mungkin diperlukan hanya jika pendekatan lain gagal.


C. Memberikan contoh konkrit tentang bagaimana friksi tersebut 

mempengaruhi kualitas kerja dan menanyakan solusi dari keduanya.

(Poin 3): Dengan memberikan contoh konkret, Anda membantu mereka 

melihat dampak dari perbedaan mereka dan memotivasi mereka untuk 

mencari solusi.


D. Menganjurkan pelatihan kerjasama tim atau komunikasi interpersonal 

untuk seluruh tim.

(Poin 1): Meskipun pelatihan bisa berguna, hal ini mungkin bukan solusi 

langsung untuk konflik antara dua anggota tim dan mungkin lebih cocok 

sebagai langkah pencegahan.

Sosiokultural  6: Empati

Bagaimana Anda mendukung klien yang mengalami kesulitan signifikan dan membutuhkan bantuan emosional?

A. Mengarahkan klien ke sumber daya profesional yang dapat membantu masalah spesifik mereka.

B. Menawarkan dukungan emosional melalui percakapan dan menunjukkan empati.

C. Menyarankan klien untuk membicarakan masalahnya dengan keluarga atau teman.

D. Mengabaikan masalah pribadi klien dan fokus pada layanan profesional saja.
Pembahasan soal 6:

A (3 Poin) Mengarahkan ke sumber profesional): Ini adalah pendekatan yang praktis tetapi mungkin terasa tidak cukup personal bagi klien yang membutuhkan dukungan emosional langsung.

B (4 Poin) Menawarkan dukungan emosional): Ini adalah opsi terbaik karena menunjukkan empati dan dukungan langsung dapat membantu klien merasa didengarkan dan dihargai, yang penting dalam situasi sensitif.

C (2 Poin) Menyarankan berbicara dengan keluarga): Meskipun ini bisa membantu, tidak selalu praktis atau mungkin dan tidak selalu menjadi tugas penyedia layanan.

D ( 1 Poin) Mengabaikan masalah pribadi): Ini adalah pendekatan yang paling kurang sensitif dan bisa membuat klien merasa tidak didukung atau diabaikan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Soal tes pppk di grup wa hari ke 11 dari rumpen"

Post a Comment