Soa 1 Wawancara
Jika Anda menemukan kesalahan pada presentasi yang akan dilakukan oleh
teman sejawat Anda, bagaimana Anda akan menyampaikannya?
A. Menggunakan contoh atau ilustrasi untuk menjelaskan kesalahan
tersebut.
B. Menyampaikannya secara pribadi dan dengan nada yang sopan
sebelum presentasi dimulai.
C. Memberikan saran atau solusi untuk memperbaikinya.
D. Memastikan untuk menekankan bahwa tujuan Anda adalah untuk
membantu, bukan mengkritik.
PEMBAHASAN SOAL 1
Kata kunci "presentasi yang akan dilakukan"
A. Menggunakan contoh atau ilustrasi untuk menjelaskan kesalahan
tersebut.
(Poin 2): Menggunakan contoh dapat membantu memahami kesalahan,
tetapi harus dijamin bahwa hal itu tidak menyinggung atau terlalu
mendetail.
B. Menyampaikannya secara pribadi dan dengan nada yang sopan
sebelum presentasi dimulai.
(Poin 4): Menghormati privasi dan perasaan kolega sangat penting.
Memberikan masukan secara pribadi mencegah malu dan
memfasilitasi penerimaan feedback dengan lebih positif.
C. Memberikan saran atau solusi untuk memperbaikinya.
(Poin 3): Memberikan solusi menunjukkan niat konstruktif dan
membantu rekan Anda memperbaiki kesalahan dengan lebih cepat dan
efektif.
D. Memastikan untuk menekankan bahwa tujuan Anda adalah untuk
membantu, bukan mengkritik.
(Poin 1): Meskipun penting, namun ini harus menjadi bagian dari
pendekatan keseluruhan dan bukan langkah utama.
Soal 2 SJT
Anda sedang mengajar topik yang cukup menantang dan memerhatikan
bahwa sebagian besar siswa tampak enggan untuk berpartisipasi. Beberapa
siswa tampak bingung, sementara yang lainnya tampak tidak tertarik atau
malu untuk mengungkapkan pemikiran mereka. Sebagai guru, apa langkah
yang akan Anda ambil untuk meningkatkan partisipasi dan memastikan
pemahaman materi?
A. Melanjutkan pelajaran seperti biasa, dengan asumsi siswa akan
mengejar ketertinggalan dengan sendirinya.
B. Mengganti topik pembahasan ke materi yang lebih ringan dan
menghibur.
C. Memecah kelas menjadi grup kecil dan memberikan tugas diskusi
untuk mendorong interaksi.
D. Menggunakan metode pengajaran yang berbeda seperti permainan
edukasi atau kuis untuk membangkitkan minat.
E. Memberikan waktu tambahan di akhir kelas untuk siswa yang ingin
bertanya atau membahas materi lebih lanjut.
PEMBAHASAN SOAL 2
Skor untuk setiap opsi:
A. 1
B. 2
C. 5
D. 4
E. 3
Pembahasan:
• Opsi A (Lanjutkan Seperti Biasa): Mengabaikan kurangnya partisipasi
dapat melewatkan kesempatan untuk menangani masalah pemahaman
dan keterlibatan siswa. Ini mungkin tidak membantu siswa yang
membutuhkan bimbingan lebih lanjut.
• Opsi B (Ganti Topik): Meskipun ini bisa menjadi menarik secara
sementara, mengganti topik bukan solusi jangka panjang untuk
meningkatkan partisipasi dan pemahaman dalam topik yang sulit.
• Opsi C (Grup Diskusi Kecil): Menciptakan kelompok diskusi kecil dapat
mendorong partisipasi yang lebih aktif, terutama bagi siswa yang malu
berbicara di depan banyak orang. Ini juga memungkinkan siswa untuk
saling membantu dan belajar.
• Opsi D (Metode Pengajaran Berbeda): Menggunakan metode yang lebih
interaktif dan menarik seperti permainan atau kuis dapat meningkatkan
keterlibatan dan membuat proses belajar lebih menyenangkan,
membantu dalam memahami materi yang sulit.
• Opsi E (Waktu Tambahan): Menyediakan waktu tambahan bagi siswa
untuk bertanya atau mendiskusikan materi lebih lanjut adalah
pendekatan yang baik, namun mungkin tidak cukup efektif untuk
meningkatkan partisipasi selama kelas berlangsung.
Berdasarkan analisis tersebut, opsi yang paling direkomendasikan dalam
menghadapi ini adalah Opsi C, diikuti oleh D sebagai metode yang paling
efektif untuk meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa.
Soal 3 Manajerial
Di tengah-tengah deadline
proyek, alat atau software penting yang Anda
gunakan mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan dalam waktu
dekat. Maka yang akan Anda lakukan adalah ...
A. Menghubungi tim IT atau dukungan teknis untuk memperbaiki masalah
secepat mungkin.
B. Menginformasikan kepada stakeholder atau klien mengenai situasi
tersebut dan meminta perpanjangan deadline jika diperlukan.
C. Mengadakan pertemuan tim untuk memprioritaskan tugas dan mencari
solusi bersama untuk tetap memenuhi deadline.
D. Mencari alternatif software atau alat yang dapat digunakan sementara
untuk menyelesaikan tugas.
PEMBAHASAN SOAL 3
A. Menghubungi tim IT atau dukungan teknis untuk memperbaiki masalah
secepat mungkin.
(Poin 3): Mendekati tim yang memiliki keahlian untuk perbaikan adalah
langkah logis untuk mengatasi masalah teknis.
B. Menginformasikan kepada stakeholder atau klien mengenai situasi
tersebut dan meminta perpanjangan deadline jika diperlukan.
(Poin 2): Transparansi dengan stakeholder penting, tetapi sebaiknya
dilakukan setelah mencoba solusi lain untuk menyelesaikan masalah.
C. Mengadakan pertemuan tim untuk memprioritaskan tugas dan mencari
solusi bersama untuk tetap memenuhi deadline.
(Poin 1): Meskipun pertemuan tim penting, solusi langsung seperti
mencari alternatif atau menghubungi dukungan teknis mungkin lebih
mendesak di saat krisis.
D. Mencari alternatif software atau alat yang dapat digunakan sementara
untuk menyelesaikan tugas.
(Poin 4): Mencari solusi praktis dan cepat untuk melanjutkan pekerjaan
menunjukkan inisiatif dan dedikasi terhadap proyek.
PEMBAHASAN SOAL 4
A. Selalu mengingatkan tim tentang visi dan misi perusahaan dalam setiap
pertemuan.
(Poin 2): Mengingatkan tim secara rutin adalah penting, namun ini lebih
bersifat pasif dan mungkin tidak memberikan jaminan bahwa setiap
keputusan yang diambil sejalan dengan visi dan misi.
B. Melakukan evaluasi keputusan dengan kriteria sejauh mana keputusan
tersebut mendukung visi dan misi perusahaan.
(Poin 4): Evaluasi aktif terhadap setiap keputusan dengan kriteria yang
jelas akan memberikan panduan konkret untuk tim dan memastikan
keputusan yang diambil sejalan dengan visi dan misi perusahaan.
C. Mengadakan sesi pelatihan atau workshop tentang visi dan misi
perusahaan.
(Poin 3): Pelatihan atau workshop akan meningkatkan pemahaman tim
tentang visi dan misi, namun mungkin tidak memberikan tindakan
langsung dalam proses pengambilan keputusan.
D. Membuat checklist atau alat evaluasi untuk memastikan setiap
keputusan sejalan dengan visi dan misi.
(Poin 1): Meskipun checklist atau alat evaluasi bisa berguna,
tergantung pada bagaimana alat tersebut dirancang dan diterapkan,
mungkin tidak selalu efektif sebagai alat pengendalian utama.
Soal 5 Sosiokultural
Anda menyaksikan ada friksi antara dua anggota tim yang berdampak pada
kualitas pekerjaan bersama. Bagaimana cara Anda mendekati mereka untuk
meresolusi masalah?
A. Mengundang keduanya untuk diskusi pribadi, memfasilitasi komunikasi
terbuka tanpa menyalahkan.
B. Mengusulkan sesi mediasi dengan pihak ketiga yang netral jika
diperlukan.
C. Memberikan contoh konkrit tentang bagaimana friksi tersebut
mempengaruhi kualitas kerja dan menanyakan solusi dari keduanya.
D. Menganjurkan pelatihan kerjasama tim atau komunikasi interpersonal
untuk seluruh tim.
PEMBAHASAN SOAL 5
A. Mengundang keduanya untuk diskusi pribadi, memfasilitasi komunikasi
terbuka tanpa menyalahkan.
(Poin 4): Pendekatan langsung yang mengedepankan komunikasi
terbuka tanpa menyalahkan adalah cara yang efektif untuk mengatasi
masalah dan memahami perspektif masing-masing pihak.
B. Mengusulkan sesi mediasi dengan pihak ketiga yang netral jika
diperlukan.
(Poin 2): Mediasi bisa menjadi solusi jika kedua pihak tidak dapat
menemukan solusi bersama, namun ini mungkin diperlukan hanya jika pendekatan lain gagal.
C. Memberikan contoh konkrit tentang bagaimana friksi tersebut
mempengaruhi kualitas kerja dan menanyakan solusi dari keduanya.
(Poin 3): Dengan memberikan contoh konkret, Anda membantu mereka
melihat dampak dari perbedaan mereka dan memotivasi mereka untuk
mencari solusi.
D. Menganjurkan pelatihan kerjasama tim atau komunikasi interpersonal
untuk seluruh tim.
(Poin 1): Meskipun pelatihan bisa berguna, hal ini mungkin bukan solusi
langsung untuk konflik antara dua anggota tim dan mungkin lebih cocok
sebagai langkah pencegahan.
Belum ada tanggapan untuk "Soal tes pppk di grup wa hari ke 11 dari rumpen"
Post a Comment