kesulitan mengerjakan tugas? saya siap membantu, silahkan wa 082257518802

PPG Prajabatan Pembelajaran Sosial Emosional Topik 1 Mulai Dari Diri LK 1.3

 02.01.3-T1-2c Mulai dari Diri (LK 1.3)

Bagus Wahyu Purnomo 23660057

 

1. Guru menjelaskan tetapi siswa sibuk dengan aktivitas lain Atau Selama pembelajaran daring, siswa tidak on-cam (tidak menyalakan kamera). Mereka juga jarang merespon. Bagaimana respon emosi Anda? Bagaimana perasaan Anda?

Jika saya sebagai guru menjelaskan suatu materi namun siswa terlihat sibuk dengan aktivitas lain, mungkin awalnya saya bisa merasa sedikit frustrasi atau kecewa karena upaya saya untuk menyampaikan informasi tidak sepenuhnya diperhatikan. Meskipun demikian, saya berusaha untuk tidak langsung mengambil tindakan negatif. Saya mungkin meresapi situasi dengan lebih mendalam, mencoba memahami apakah ada faktor-faktor tertentu yang mungkin memengaruhi konsentrasi siswa. Kemudian, saya bisa merespon dengan lebih empati dan mencoba mendekati siswa secara personal, mungkin dengan memberikan contoh yang lebih relevan atau melibatkan mereka dalam diskusi. Penting bagi saya untuk mengelola emosi tersebut dengan bijak, tetap fokus pada tujuan pembelajaran, dan menciptakan lingkungan yang mendukung partisipasi aktif serta pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.

 

2. Guru mengajukan pertanyaan, siswa tidak ada yang menjawab Atau Menjawab sekenanya. Bagaimana perasaan Anda ketika bisa mengontrol emosi Anda? Bagaimana bila sebaliknya? Apakah efeknya?

Ketika sebagai guru saya mengajukan pertanyaan dan tidak ada siswa yang menjawab atau jawaban yang diberikan terkesan sekenanya, saya berupaya untuk mengontrol emosi saya dengan tetap tenang dan objektif. Pada saat-saat seperti itu, saya mungkin merasa sedikit kecewa karena harapan untuk interaksi aktif dalam kelas tidak terpenuhi. Namun, dengan mengontrol emosi, saya dapat menghindari menunjukkan ketidakpuasan yang berlebihan. Sebaliknya, jika tidak dapat mengontrol emosi, seperti rasa frustrasi atau kekecewaan yang terlalu tampak, itu dapat menciptakan ketegangan di kelas dan mengurangi rasa percaya diri siswa untuk berpartisipasi. Mempertahankan keseimbangan emosional membantu saya untuk tetap fokus pada strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi siswa tanpa menimbulkan rasa malu atau ketidaknyamanan. Dengan begitu, suasana kelas tetap positif dan siswa merasa didukung untuk berkontribusi secara lebih aktif.

3. Setelah mengerjakan Lembar kerja A1 sampai dengan A3, apakah Anda sudah

mendapatkan gambaran tentang apa yang akan dipelajari dalam modul

pembelajaran sosial dan emosional ini? Apa hal yang ingin Anda pelajari lebih

lanjut? Silakan kemukakan harapan dan ekspektasi Anda dan tulis di kolom berikut ini (bisa dikumpulkan/diunggah pada tautan berikut)

Setelah mengerjakan Lembar Kerja A1 sampai A3, saya mendapatkan gambaran yang cukup jelas tentang konten modul pembelajaran sosial dan emosional ini. Modul ini sepertinya akan membahas aspek-aspek penting terkait kemampuan sosial dan pengelolaan emosi, termasuk bagaimana memahami dan mengelola konflik, meningkatkan empati, dan membangun hubungan interpersonal yang sehat. Saya berharap untuk mendalami pemahaman saya tentang strategi konkret dalam mengembangkan kecerdasan emosional, serta bagaimana mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, saya berharap modul ini juga memberikan wawasan tentang pentingnya keseimbangan antara aspek sosial dan emosional dalam membentuk individu yang sehat secara holistik. Saya tertarik untuk belajar lebih lanjut tentang konsep-konsep ini dan bagaimana penerapannya dapat meningkatkan kesejahteraan dan hubungan interpersonal dalam berbagai konteks kehidupan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Pembelajaran Sosial Emosional Topik 1 Mulai Dari Diri LK 1.3"

Post a Comment