Search This Blog

Soal dan Jawaban Tes Pertanyaan Profesi Kependidikan Guru






Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….

a. kemampuan berkomunikasi
b. kemampuan untuk memecahkan masalah
c. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
d. kemampuan berinteraksi

Kemampuan berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan objek-objek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia ....

a. 11/12/ - 14/15 tahun
b. 0 - 2 tahun
c. 2 - 7 tahun
d. 7 - 11/12 tahun

Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….

a. kognitif
b. moral
c. emosional
d. sosial

Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan ....

a. spiritual
b. moral
c. kognitif
d. sosial-emosional

Peserta didik telah memiliki moralitas yang benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...

a. penalaran konvensional
b. penalaran pascakonvensional
c. penalaran prakonvensional
d. penalaran interkonvensional

Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.
Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....

a. keluarga dan lingkungan masyarakat
b. intelegensi dan kognitif
c. budaya dan pembiasaan
d. emosional dan kepribadian

Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah .…

a. sibernetik
b. humanistik
c. kontruktivisme
d. behaviorisme

Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….

a. kognitivisme
b. nativisme
c. humanistik
d. konstruktivisme

Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan di atas sejalan dengan teori belajar ….

a. sibernetik
b. konstruktivisme
c. kognitivisme
d. behaviorisme

Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam ....

a. silabus
b. RPP
c. silabus dan RPP
d. SKL

Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah ....

a. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
b. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan
c. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
d. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar

Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berpikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah ….

a. Problem Solving
b. Picture and Picture
c. Inquiry
d. Role Playing

Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam ….

a. pencapaian standar kelulusan
b. pencapaian tujuan pembelajaran
c. pencapaian standar kompetensi
d. pencapaian kompetensi dasar

Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....

a. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar
b. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik
c. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi
d. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian

Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria …

a. Layak dipelajari
b. Kebermanfaatan
c. Menarik minat
d. Sahih

Ketika mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Dilihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam ....

a. media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat
b. media dua dimensi dan media tiga dimensi
c. media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput terbatas
d. media tradisional dan media berbasis TIK

Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.

Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah ....

a. Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan
b. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
c. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis
d. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media

Seorang pendidik harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah ....

a. memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
b. media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK
c. sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
d. media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran

Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah....

a. Microsoft PowerPoint
b. Microsoft Database
c. Microsoft Desktop Publishing
d. Microsoft Spread Sheet

Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.

Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....

a. Discovery learning
b. problem based learning
c. Project based learning
d. inquiry learning

Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning.

1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,

2) Mendesain Perencanaan Proyek,

3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),

4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),

5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),

6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).

Urutan yang benar adalah ....

a. 1-3-2-4-5-6
b. 1-2-3-5-4-6
c. 1-3-2-5-6-4
d. 1-2-3-4-5-6

Menunjukan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan percaya diri merupakan kompetensi…

a. Intelektual
b. Kepribadian
c. Professional
d. Pedagogi
e. Sosial

Dalam proses pembelajaran guru terkendala dengan cakupan materi yang luas dan banyak maka pilihan bahan ajar cetak sederhana yang dapat digunakan untuk bahan belajar mandiri, memberi motivasi, pengingat, memberi umpan balik, dan menilai hasil belajar adalah….

a. lembar kerja peserta didik
b. buku teks
c. handout
d. modul
e. lembar pengayaan

Seorang guru hendaknya dapat menganalisis kualitas tes bentuk objektif secara empiris ketika menyususn soal pilihan ganda. Dalam beberapa kasus soal pilihan ganda sering memiliki alternatif jawaban yang mirip antara yang benar dan yang salah. Alternatif pilihan jawaban salah atau pengecoh (distractor) dalam suatu butir soal pilihan ganda dikatakan baik jika ….

a. Tidak satupun peserta tes yang memilih jawaban pengecoh
b. Jawaban pengecoh tidak terkait dengan materi pertanyaan
c. Setidaknya 5% dari peserta tes memilih jawaban tersebut
d. Jawaban pengecoh mengarahkan peserta tes untuk memilih jawaban yang benar
e. Jawaban pengecoh disusun dengan kalimat yang sulit dipahami

Jika guru ingin mengajarkan konsep yang menunjukan proses perhitungan dan cara perolehan debit air maka penggunaan media yang paling tepat adalah….

a. Modul pembelajaran
b. Media gambar berseri
c. Media grafis
d. Media CD audio
e. Media video pembelajaran

Guru secara terus-menerus meningkatkan praktik profesional mereka, memodelkan pembelajaran seumur hidup, dan memamerkan para pemimpin dalam komunitas sekolah dan profesional mereka dengan mempromosikan dan mendemonstrasikan penggunaan alat-alat digital dan sumber daya dengan cara ....

a. Terlibat dalam Pertumbuhan Profesional dan Kepemimpinan
b. Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
c. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa
d. Model Kerja dan Belajar Digital-Age

Seorang guru menyusun indikator pencapai kompetensi “menjelaskan perambatan bunyi”, indikator tersebut masih perlu dirumuskan lebih spesifik menjadi tujuan pembelajaran maka pernyataan yang tepat untuk rumusan tersebut adalah….

a. Siswa dapat menjelaskan perambatan sumber bunyi dengan benar
b. Setelah melakukan percobaan, siswa dapat menjelaskan perambatan sumber bunyi dengan benar.
c. Setelah melakukan percobaan, siswa dapat membandingkan hasil perambatan bunyi melalui benda padat, cair dan gas.
d. Setelah membaca instruksi, siswa mampu mempraktikkan langkah-langkah percobaan perambatan bunyi.

Berdasarkan hasil tes akhir, guru menemukan ada 10 dari 30 siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) yang telah ditentukan. Target kurikulum minimal 80% (24 siswa mencapai KKM/KBM). Manakah langkah paling sesuai dilakukan guru….

a. Mengkaji ulang sejauhmana KKM sesuai dengan daya serap peserta didik
b. Mengkaji kembali sejauhmana KKM yang ditetapkan telah sesuai standar nasional
c. Merubah KKM berdasarkan rata-rata hasil belajar
d. Mengidentifikasi kelemahan-kelemahan peserta didik dalam pembelajaran
e. Memacu peserta didik agar mencapai KKM melalui bimbingan belajar

Ketika menyusun evaluasi pembelajaran yang dituangkan di RPP, seorang guru menuliskan beberapa jenis evaluasi pembelajaran. Salah satu jenis evaluasi yang akan digunakan oleh guru adalah jenis evaluasi formatif. Evaluasi formatif ini dimaksudkan untuk….

a. Menelaah kelemahan-kelemahan siswa beserta faktor-faktor penyebabnya
b. Menempatkan siswa dalam program pendidikan tertentu yang sesuai dengan karakteristik siswa
c. Memilih siswa yang paling tepat sesuai dengan kriteria program kegiatan tertentu
d. Memperbaiki dan meningkatan proses belajar dan mengajar
e. Menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa

Peserta didik di era digital dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak (internet) sebagai media peralatan interaktif kapanpun dan dimanapun saat diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut....

a. Alternative tools
b. Interactive tools
c. Interacting with others
d. Situational tools

Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…

a. Behaviorisme
b. Sibernatik
c. Kognitivisme
d. Konstruktivisme

Salah satu pemanfaatan utama media dan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari di bidang pendidikan pada era digital ini adalah

a. Sebagai media komunikasi
b. Sebagai media literasi
c. Sebagai media promosi
d. Sebagai media sumber belajar

Penetrasi TIK dalam pembelajaran semakin mendorong lembaga sekolah memanfaatkan teknologi canggih ini. Bukan saja sumber daya TIK memang begitu besar untuk memberikan kontribusi terhadap kualitas pembelajaran, tetapi sebagai bagian dari revolusi industri 4.0 siapa pun tidak bisa menghindar terhadap hadirnya gelombang baru ini. Dari sudut pandang teknologi pendidikan, TIK memang terbukti memiliki sumber daya besar untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran. Atas dasar argument itu, mana pernyataan berikut yang Anda anggap benar?

a. Tidak ada satu kekuatan apa pun yang bisa menghentikan pengaruh teknologi dan media dalam dunia pendidikan, karena itu guru harus beradaptasi dengan perkembangan baru ini
b. Kehadiran TIK ini tidak harus dihadapkan secara frontal pada peran guru, karena TIK bisa berjalan secara pararel dan saling mengisi di antara peran guru dan peran teknologi serta media untuk memecahkan problem pembelajaran
c. Sebagai guru abad 21, guru harus menyesuaikan diri dengan cara kerja logika teknologi dan media, sehingga bagaimanapun guru harus mengikuti kehendak teknologi dan media
d. Guru sampai kapan pun tetap merupakan kekuatan tersendiri dalam proses pembelajaran, sehingga kehadiran TIK tidak perlu diperhitungkan karena teknologi dan media tidak bisa mengganti peran guru dalam proses pembelajaran.

Pak Asep dalam membelajarkan materi IPS menggunakan tahapan (1) orientasi materi dengan menayangkan video kegiatan ekspor impor, (2) membagi siswa menjadi 6 kelompok untuk berdiskusi tentang masalah banyaknya Impor di Indonesia, (3) memberikan kuis, (4) penghargaan terhadap keompok yang bisa menjawab terbanyak, model pembelajaran yang digunakan pak Asep adalah…..

a. Problem Solving
b. Cooperative Learning
c. Kontekstual
d. Project Based Cooperative Learning
e. Problem Solving

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri termasuk dalam kompetensi ....

a. Professional
b. Kepribadian
c. Intelektual
d. Pedagogi
e. Sosial

Salah satu rumusan indikator ketercapaian tujuan pembelajaran adalah dengan disajikan informasi yang mengandung beberapa kemungkinan kesimpulan, peserta didik diminta untuk menentukan kesimpulan yang paling tepat disertai alasannya dengan mengamati grafik berisi data tingkat kenakalan remaja dan faktor penyebabnya. Bentuk penilaian otentik-holistik yang cocok diterapkan adalah….

a. Tes kemampuan membaca informasi
b. Tes kemampuan verbal
c. Tes kemampuan memahami data dalam grafik
d. Tes penilaian unjuk kerja dan portofolio
e. Tes lisan mengungkap proses penarikan kesimpulan

Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogi pada aspek…

a. Pengembangan kurikulum
b. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
c. Berkomunikasi pada peserta didik
d. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
e. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran

Peserta didik di era digital dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak (internet) sebagai media peralatan interaktif kapanpun dan dimanapun saat diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut....

a. Alternative tools
b. Situational tools
c. Interactive tools
d. Interacting with others

Peserta didik diminta guru secara berkelompok untuk mengumpulkan data tentang opini masyarakat sekitar sekolah terhadap dampak penggunaan kantong plastik terhadap lingkungan, selanjutnya siswa diminta untuk menampilkan data seberapa banyak katong plastik yang dipakai oleh masyarakat dan memberikan alternatif untuk menguranginya. Langkah-langkah pembelajaran yang digunakan oleh guru tersebut merupakan strategi….

a. Inquiry learning
b. Project based cooperative learning
c. Problem solving
d. Discovery
e. Cooperative

Ilustrasi dari pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari pada abad 21 ditandai dengan...

a. Hasil belajar siswa yang mulai meningkat setelah menggunakan media dan teknologi digital
b. Keterampilan motorik siswa yang mulai terlihat dalam kegiatan pembelajaran
c. Interpersonal skill siswa yang mulai nampak dalam kehidupan sehari-hari
d. Peningkatan penggunaan media sosial untuk melakukan interaksi sosial terkait komunitas belajar peserta didik di seluruh penjuru dunia

Indikator yang tertulis pada RPP adalah “mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman sosial budaya”. Pertanyaan yang tepat diajukan oleh guru untuk mencapai indikator tersebut adalah….

a. Ceritakan pengalamanmu terkait dengan keberagaman sosial di masyarakat!
b. Apa yang kamu ketahui tentang keberagaman sosial?
c. Bagaimana sikap kita terhadap perbedaan keberagaman di masyarakat?
d. Tuliskan hasil wawacaramu tentang macam-macam pekerjaan dalam bentuk mind maping!
e. Tuliskan macam-macam pekerjaan tetangga di lingkungan tempat tinggalmu?

Disajikan teks kasus keterbelakangan pendidikan di suatu daerah di Indonesia, tujuan pembelajarannya yaitu agar siswa dapat memprediksi alternatif tindakan yang dapat digunakan sebagai solusi sesuai makna Kebangkitan Nasional 1908, mendasarkan pada contoh teks kasus yang disajikan maka pilihan penilaian yang tetap digunakan oleh guru adalah….

a. Benar Salah
b. Skala Penilaian (rating scale)
c. Uraian
d. Pilihan Ganda
e. Tes Lisan

Siswa melakukan kegiatan dengan berpedoman pada langkah-langkah yang telah ditetapkan guru, yaitu pembuktian luas permukaan bola, kemudian diminta untuk menyimpulkan dan mempresentasikan di kelas. Strategi pembelajaran yang tepat yaitu….

a. Kooperatif
b. Discovery
c. Problem Solving
d. Inkuiri
e. Kontekstual


Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan kompetensi pedagogi pada aspek….

a. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
b. Pengembangan kurikulum
c. Melakukan tindakan reflektif
d. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
e. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran

Memahami karateristik siswa dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosioal dan intelektual termasuk dalam kompetensi…

a. Sosial
b. Professional
c. Pedagogi
d. Semua benar
e. Kepribadian

Seorang guru menginginkan siswa dapat melakukan tugas investigasi mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan, analisis, sampai pada penyajian data. Maka jenis penilaian yang tepat untuk pembelajaran tersebut yaitu….

a. Penilaian kinerja
b. Penilaian portofolio
c. Penilaian antar teman
d. Penilaian proyek
e. Penilaian diri

Pada RPP guru menuliskan kegiatan pembelajaran yaitu mempresentasikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri bernyanyi dua suara atau lebih secara berkelompok, serta menyimpulkan konsep bernyanyi dua suara atau lebih secara berkelompok. Penilaian yang tepat untuk mengukur kemampuan siswa adalah…

a. Tes Konsep dasar bernyanyi
b. Praktik yang baikbernyanyi
c. Pengamatan guru saat bernyanyi
d. Sikap siswa saat diskusi
e. Produk diskusi siswa

Elemen perubahan Kurikulum 2013 terutama berkaitan dengan ...

a. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian
b. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Pengelolaan, dan Standar Penilaian
c. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Penilaian, dan Standar Pembiayaan
d. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Isi, dan Standar Pengelolaan

Peserta didik diminta oleh guru untuk mengamati perilaku moral yang ada di sekitar sekolah tanpa memberikan instrumennya, hasil laporan dari peserta didik menjadi bahan diskusi di kelas. Strategi pembelajaran yang digunakan guru adalah….

a. Inkuiri
b. Discovery
c. Ekspositori
d. Eksperimen
e. Heuristik

Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masing masing. pembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik. pernyataan diatas termasuk salah satu prinsip yang ....

a. adaptif
b. kesinambungan
c. interaktif
d. fleksibilitas

Teknologi dan media berperan penting dalam proses peningkatan kualitas hidup manusia, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Teknologi dan media memiliki sumber daya besar untuk mempengaruhi pikiran dan perilaku khalayak, termasuk guru dan siswa dalam suatu proses komunikasi pendidikan. Asumsi tersebut merupakan pernyataan teoretik dari?

a. Diterminisme ICT
b. Diterminisme teknologi
c. Diterminisme teknologi dan efek media
d. Diterminisme sosial

Dalam menyusun evaluasi pembelajaran seorang guru harus mengembangkan penilaian untuk mengukur aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Jika seorang guru ingin mengembangkan penilaian untuk mengukur aspek sikap siswa pada proses pembelajaran maka jenis penilaian yang tepat yaitu….

a. Penilaian tertulis
b. Penilaian portofolio
c. Penilaian diri
d. Penilaian proyek
e. Penilaian kinerja

File multimedia berbasis internet yang diformat untuk dapat diunduh langsung ke perangkat seluler adalah pengertian dari...

a. podcast
b. html
c. wiki
d. web

Pada proses pembelajaran seorang guru menggunakan strategi pembelajaran deduktif dan induktif untuk menjelaskan materi pelajaran kepada siswa, strategi pembelajaran deduktif dan induktif dimaksudkan untuk mengajarkan materi yang sifatnya...

a. prinsip
b. prosedur
c. fakta
d. konsep
e. keterampilan

Dalam rencanan pembelajaran (RPP) yang disusun guru, tujuan pembelajaran dimaksudkan untuk memahamkan konsep dengan mengajak berdiskusi dan memperlihatkan gambar letak wilayah Indonesia. Materi yang tepat untuk kegiatan pembelajaran tersebut adalah….

a. Hubungan wilayah Indonesia dengan wilayah negara sekitar
b. Menggambar letak wilayah Indonesia
c. Perbandingan luas wilayah Indonesia dengan luas wilayah Negara sekitar
d. Letak astronomis Indonesia
e. Letak Indonesia di antara wilayah-wilayah sekitar

Dalam pelajaran guru melakukan kegiatan (1) memberikan contoh paragraf dengan topik kalimat yang diberi tanda garis bawahi, (2) guru meminta siswa untuk menyebutkan nama kalimat yang digaris bawahi. Ditinjau dari pengelolaan pesannya guru menggunakan strategi….

a. ekspositori
b. inquiry
c. induktif
d. heuristik
e. deduktif

Penjelasan tentang kompetensi dan kualifikasi guru terdapat pada…

a. PP No 19 tahun 2005
b. Permendikbud No 23 Tahun 2016
c. Permendikbud No 21 Tahun 2016
d. Permendiknas No 16 Tahun 2007
e. UU No 20 Tahun 2003

Guru mengajar bidang studi kelas pararel. Karakteristik siswa masing-masing kelas sangat berbeda, termasuk irama belajarnya. Di akhir pembelajaran guru mengadakan penilaian. Untuk menentukan kriteria kelulusan, beliau menggunakan kriteria yang berbeda antara kelas satu dengan lainnya. Kasus tersebut menunjukkan menggunakan acuan penilaian …

a. kriteria belajar tuntas
b. penilaian autentik
c. penilaian acuan kriteria
d. kriteria ketuntasan minimal/ ketuntasan belajar minimal
kriteria belajar tuntas
e. penilaian acuan norma

Berikut situs media interaktif berbasis web dan media sosial yang dapat dimanfaatkan guru sebagai sarana belajar dalam komunitas belajar di seluruh penjuru dunia, kecuali .....

a. web
b. podcast
c. proquest
d. wiki

Pada RPP tertulis indikator (1) peserta didik dapat mengucapkan sapaan, salam, dan perkenalan (2) peserta didik mampu berbicara sederhana menggunakan kalimat sapaan dan salam. Bentuk penilaian yang paling tepat adalah….

a. Jurnal
b. Penilaian proyek
c. Tes pemahaman
d. Penilaian portofolio
e. Penilaian kerja

Guru dalam pembelajaran berbasis digital menggunakan perangkat digital handlehand. Hal ini sesuai peran guru dalam pembelajaran berbasis teknologi digital berupa...

a. Interactive Instruction
b. Personal Response System (PRS)
c. Community of Practice
d. Mobile Assessment Tools

Jika guru akan menyusun indikator dengan tingkatan kognitif menganalisis (C4) pada mata pelajaran IPA dengan kompetensi dasar “mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati”, maka rumusan indikator yang tepat adalah….

a. Menyeleksi makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya
b. Menggunakan benda-benda yang ada disekitar dalam kehidupan
c. Merangkum klasifikasi makhluk hidup berdasar pada habitatnya
d. Menguraikan makhluk hidup berdasar jenis makanannya
e. Menyebutkan benda-benda yang ada di sekitar

Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal dengan kreativitasnya termasuk kemampuan pedagogi pada aspek…

a. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
b. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
c. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
d. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik
e. Pengembangan kurikulum

Penilaian akhir yang dilakukan oleh guru diketahui beberapa siswa belum memenuhi ketuntasan belajar. Mendasarkan pada kasus tersebut apa tindakan yang seharusnya dilakukan oleh guru untuk memanfaatan hasil penilaian tersebut….

a. Memperbaiki program pembelajaran
b. Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah
c. Menyusun laporan hasil penilaian
d. Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang hasilnya tinggi
e. Mengadministrasikan hasil penilaian

Pada silabus terdapat materi tentang (1) teori-teori masuk dan berkembangnya Hindu-Budha di Indonesia, (2) Kerajaan-kerajaan Hindu-Budha, (3) Bukti-bukti Kehidupan pengaruh Hindu-Budha. Kegiatan pembelajaran yang akan dirancang oleh guru menggunakan pendekatan saintifik. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan menalar adalah….

a. Menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait untuk mendapatkan kesimpulan tentang Indonesia pada zaman Hindu-Budha
b. Mengumpulkan informasi terkait dengan pertanyaan tentang Indonesia pada zaman Hindu-Budha melalui bacaan, internet, pengamatan terhadap sumber-sumber sejarah yang ada di museum dan atau peninggalan-peninggalan yang ada di lingkungan terdekat
c. Hasil analisis kemudian dilaporkan dalam bentuk tertulis tentang Indonesia pada zaman Hindu-Budha
d. Membuat ringkasan dari hasil pengamatan outing di candi Borobudur
e. Berdiskusi untuk mendapatkan klarifikasi tentang kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Hindu-Budha

Guru menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital, merupakan deskripsi dari standar...

a. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa
b. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
c. Model Kerja dan Belajar Digital-AgeThis answer is correct.
d. Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab

Pada indikator RPP tertulis peserta didik mampu menganalisis bentuk-bentuk kerjasama ditingkat ASEAN, rumusan tujuan pembelajaran yang tepat untuk indicator tersebut adalah....

a. Peserta didik mampu menganalisis bentuk-bentuk kerjasama di tingkat ASEAN berupa kebudayaan, perdagangan, dan keamanan dengan tepat
b. Melalui analisis artikel koran peserta didik mampu menganalis bentuk – bentuk kerjasama berupa kebudayaan, perdagangan, dan keamanan berdasarkan perjanjian yang telah ditetapkan secara rinci
c. Melalui analisis artikel koran peserta didik mampu menganalis bentuk – bentuk kerjasama berupa kebudayaan, perdagangan, dan keamanan berdasarkan perjanjian yang telah disepakat
d. Melalui tayangan video peserta didik mampu menganalis bentuk – bentuk kerjasama berupa kebudayaan, perdagangan, dan keamanan berdasarkan perjanjian yang telah ditetapkan.
e. Peserta didik mampu menganalis bentuk-bentuk kerjasama berupa kebudayaan, perdagangan, dan keamanan berdasarkan perjanjian yang telah ditetapkan

Pada silabus terdapat kompetensi dasar 4.1 menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku, kegiatan pembelajaran yang paling tepat untuk RPP adalah….

a. Mengumpulkan informasi besaran pokok dan turunan yang dijumpai sehari-hari
b. Membandingkan hasil pengukuran benda dengan satuan baku dan tidak baku
c. Menganalisis perbedaan satuan baku dan tidak baku
d. Mendiskusikan tentang massa jenis, energi, dan panjang benda
e. Menyajikan hasil percobaan pengukuran dalam bentuk laporan tertulis

Salah satu contoh konkret penggunaan media interaktif saat pembelajaran di kelas pada era digital adalah....

a. macroflash media
b. corel draw
c. microsoft word
d. power point

Peserta didik diminta oleh guru untuk membaca artikel tentang populasi hewan langka yang semakin sedikit, kemudian mencari data jumlah populasi 5 tahun terakhir dan hasil analisis divisualisasikan dalam bentuk diagram. Kegiatan tersebut untuk mengembangkan kecerdasan….

a. Verbal Linguistik
b. Visual Spasial
c. Kinestetis
d. Logic matematis
e. Naturalis

Perilaku spesifik khusus yang diharapkan dilakukan peserta didik setelah selesai mengikuti proses pembelajaran merupakan teknis penyusunan tujuan pembelajaran yang disebut ….

a. d. Condition
b. a. Audience
c. Behaviour
d. e. Degree
e. b. Blending

Seorang peserta didik dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan

(pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tulisan (sastrawan, penulis

skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi

pragmatik atau penggunaan praktis bahasa) menurut Howard Gardner tersebut

mempunyai kecerdasan ....

a. c. logis matematis
b. d. verbal linguistis
c. e. naturalis
d. b. kinestetis
e. a. visual spasial

Yang tidak termasuk manfaat dari media pembelajaran adalah ….

a. c. menyampaikan informasi yang dapat didengar (audio) dan dapat dilihat (visual)
b. a. Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan
c. d. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
d. b. Proses pembelajaran menjadi lebih menarik
e. e. Menjadikan kelas tidak kondusif karena peserta didik ramai

Tools pembelajaran daring cukup banyak dan memiliki fungsi masing-masing. Salah satu fiturnya berupa kumpulan soal tes sumatif dan tes akhir pembelajaran.

Fitur moodle ini adalah...

a. d. Blog
b. e. Courses
c. a. Quiz
d. b. Page
e. c. Lesson

RPP dibuat agar peserta didik dapat menguasai kompetensi dasar yang telah ditentukan. Hal ini tersurat jelas pada bagian ....

a. c. Indikator pembelajaran
b. b. Apersepsi pembelajaran
c. a. Kegiatan inti pembelajaran
d. e. Tujuan pembelajaran
e. d. Kompetensi Dasar

Suatu proses yang mengkaitkan informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang disebut....

a. c. Skemata
b. e. Equilibrasi
c. d. Scaffolding
d. a. Belajar reflektif
e. b. Belajar bermakna

Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....

a. c. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
b. e. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi.
c. d. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
d. a. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran,evaluasi
e. b. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi

Ketika seseorang ingin mengembangkan sebuah kurikulum, mereka harus mengembangkannya dengan berlandaskan pada kebutuhan dan potensi dari peserta didik, perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dan perkembangan kebutuhan masyarakat. Hal ini merupakan salah satu prinsip dari pengembangan Kurikulum, yaitu….

a. b. Prinsip Fleksibilitas
b. a. Prinsip Relevansi
c. d. Prinsip Efisiensi
d. e. Prinsip Efektivitas
e. c. Prinsip Kontinuitas

Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…
book
forum
blog
e-portofolio

Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…

program desktop publishing

program untuk menjelajahi laman

program mencari informasi

program penciptaan laman

Seorang guru yang akan mencari informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari adalah...
www.gmail.com

www.cari-data.com

www.hotmail.com

www.google.com


Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).
Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...

www.gmail.com

www.hotmail.com

www.cari-data.com

www.yahoo.com


Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah....
Microsoft powerpoint

Microsoft Database

Microsoft Spread Sheet

Microsoft Desktop Publishing

Dalam pembelajaran daring terdapat beberapa unsur atau elemen pembangun pembelajaran elektronik. Unsur berikut yang bukan termasuk unsur pembangun elektronik adalah
Penata grafis (design grafis)

perancang pembelajaran (course design)

Penulis konten (content writer)

pemrogram komputer (computer programmer

Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…

portofolio

penemuan

autentik

saintifik


Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....

Inquiry learning

projek based learning

Problem Based Learning

discovery Learning

Dalam mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan suatu permasalahan guna menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau mengembangkan kreativitasnya .
Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu merupakan bagian dari model pembelajaran….

portofolio

saintifik

penemuan

autentik

Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ...

problem based learning

Discovery learning

Project based learning

inquiry learning

Ketika memulai pembelajaran, Bu Dwi Wahyu menyodorkan sebuah isu aktual dalam bentuk pertanyaan yang memerlukan solusi. Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil, siswa diminta untuk untuk mencari alternatif solusi tersebut.
Kegiatan yang dilakukan Bu Dwi Wahyu tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ....

Discovery learning

Problem based learning

Project based learning

Inquiry learning

Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, Bu Nuraini meminta peserta didik terlebih dahulu untuk mengobservasi suatu fenomena. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu, peserta didik dirangsang untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Sementara itu, Bu Nuraeni mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka. Kegiatan yang dilakukan Bu Nuraeni tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran
problem based learning

inquiry learning

Project based learning

Discovery learning

Pak Kandi bersama siswanya merencanakan sebuah kegiatan secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik merasa “memiliki” dan bertanggung jawab atas kegiatan yang telah direncanakan bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitas pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses, cara dan langkah kerja untuk menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi.
Model pengelolaan pembelajaran yang dipraktikkan oleh Pak Kandi mencerminkan prinsip model ....

Problem solving learning

Problem based learning

Project based learning

Discovery learning

Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,

2) Mendesain Perencanaan Proyek,

3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),

4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),

5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),

6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).

Urutan yang benar adalah ....

1-2-3-4-5-6

1-2-3-5-4-6

1-3-2-4-5-6

1-3-2-5-6-4

Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi siswa dalam belajar

2) Orientasi siswa pada masalah

3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok

4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....

1-2-3-4

2-3-1-4


3-2-1-4

2-3-1-4

Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir
abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan

perkembangan anak pada tahap ...

Tahap sensorimotorik

Tahap praoperasionaL


Tahap operasional konkrit

Tahap operasional konkrit

Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan
(pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis

skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi

pragmatik atau penggunaan praktis bahasa) menurut Howard Gardner anak tersebut

mempunyai kecerdasan ...

Kecerdasan Bahasa (linguistic)

Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)

Kecerdasan Ruang (spatial)

Kecerdasan Gerak Tubuh

Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang pendidik dapat melakukan ...
pengayaan materi pelajaran

refleksi

latar belakang peserta didik

tes awal (pre-test)


Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan belajar dapat dilakukan dengan metode criterion
referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced adalah ...

Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0 atau 6,0.

Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut.

Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah

dapat diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.

Menganalisis kemampuan peserta didik

Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar serta mencari siswa

yang mengalami gejala terparah ( yang nilainya jauh dibawah siswa penderita

kesulitan belajar lainnya )


Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori belajar dan prinsip prinsip
pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...

Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal

Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang

mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.


Menggunakan strategi pembelajaran

Hanya menggunakan teknik pembelajaran

Salah satu unsur strategi pembelajaran adalah Mengidentifikasi dan menetapkan
spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan

mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan

Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003)

Penerapan dari unsur strategi di atas dalam konteks pembelajaran adalah ...

Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil

perilaku dan pribadi peserta didik.


Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang

paling efektif.

Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan

teknik pembelajaran.

Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan

ukuran baku keberhasilan

Yang ditekankan di dalam strategi pembelajaran interaktif adalah...


membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri

diskusi dan sharing diantara peserta didik


pembelajaran didominasi arahan dari guru

proses penyampaian materi secara verbal

Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKL
berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah

kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka

dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan

antara lain ……

Tantangan internal dan Eksternal


Responsibility

Reinforced

Enriched

Kurikulum 2013, proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, Artinya yaitu
……..

kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga dapat membantu siswa untuk ,

dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya

Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus

dimiliki oleh siswa

Pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya,

mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan


Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling

memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran

Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkan
pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan

kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan

dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :

Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni

Relevan dengan kebutuhan kehidupan

Menyeluruh dan berkesinambungan

Beragam dan terpadu

Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral
untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan berakwa

kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, mandiri

dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut

diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ……….

Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni

Relevan dengan kebutuhan kehidupan

Menyeluruh dan berkesinambungan

Beragam dan terpadu

Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan
pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara ……..

Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran

Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuransaat

pembelajaran berlangsung


Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi

siswa dalam belajar

Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar

Yang di maksud dengan penilaian adalah
Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar

peserta didik.

Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.

Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.

Proses interaksi antara peserta didik dan pendidik

Bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap menggunakan
pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan tugas di sebut

penilaian

A. PreBentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap menggunakan

pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan tugas di sebut

penilaian

Pre test

post test

Autentik

Non Autentik test

Pendidik melakukan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri,
penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh peserta didik. Adapun instrumen yang di

gunakan dalam penilaian tersebut adalah :

Skala penilaian (rating scole)

rubrik

jurnal

Soal tes

Lingkup penilaian hasil belajar mencakup kompetensi beberapa kompetensi yaitu;
kompetensi spiritual, kompetensi sikap.

kompetensi inti, kompetensi dasar

kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan,

kompetensi pengetahuan.

kompetensi sikap sosial

Konsep menyodorkan berbagai situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk
menyelidiki, mencari jawabannya adalah konsep dan strategi.....

Juscovery learning

Induktif learning

Inquiry learning

Cooperatif learning

Guru memebentuk kelompok kelompok belajar dan memeberikan tugas kepada tiap
kelompok . Setiap anggota dari suatu kelompok memberikan tugas dan fungsi tertentu

sehingga jika salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersbut

tidak dapat di selesaikan . karakteristik dari strategi pembelajaran tersebu adalah ;

Tugas kelompok

Diskusi kelompok kecil

Pengajaran langsung (direct teaching)

belajar kooperatf (cooperatf learning)


Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi utama
yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali

Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran

Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)

Teknologi sebagai bahan dann alat bantu pembelajaran (literacy)

Teknologi sebagai alat pengembangan produk

Upaya membimbing siswa untuk mengembang ketrampilan pengetahuan terlihat dalam
upaya guru:

memberi contoh penting toleransi

mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa

melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar

melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi

Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukanketuntasan belajar antara lain
sebagai berikut ………

menentukan kreteria keberhasilan belajar

mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya

mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang

diharapkan

merencanakan pengajaran remidi

Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan
riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia……...

3-5tahun

6-8 tahun

10-12 tahun

15-18 tahun

Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas
dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya belajar para siswa tersebut

adalah…….

implusive

reflektif

gaya berfikir terikat

gaya berfikir bebas


Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat…….
jujur dan adil

mengikat dan memaksa

sementara dan selamanya

sebenarnya dan sejujunya

Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan
suatu obyek atau program adalah ….

Pengukuran

Evaluaasi

Penilaian

Proses mendengarkan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh disebut…..
Membaca intensif

Membaca langsung

Membaca deduktif

Membaca sekilas

Etika Pancasila adalah …..
Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan

Keagamaan, social dan kerakyatan

Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan

Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan

Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses
pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada.

Metode pembelajaran

Pendekatan pembelajaran

Strategi pembelajaran

Gaya pembelajaran

Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah (1) meningkatkan proses belajar
mengajar, (2) menggunakan rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus

memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan (3) mencakup proses refleksi dan

partisipatif, kecuali....

Meningkatkan proses belajar mengajar

Menggunakan rancangan yang bersifat siklus

Mencakup proses refleksi

Menggunakan metodelogi terbaru


Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku dengan bahasa yang berbeda-beda, maka
akan sulit berkomunikai kecuali ada satu bahasa pokok yang digunakan. Maka dari itu

digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal ini Bahasa Indonesia memiliki kedudukan dan

fungsi....

Sebagai lambang kebanggaan kebangsaan

Sebagai alat pemersatu bangsa

Sebagai alat perhubungan

Sebagai lambang identitas nasional

Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa, ras,
agama, dan kepercayaan. Yang semuanya diikat dalam satu pedoman Bhinneka Tunggal

Ikan dengan lambang negara Garuda Pancasila. Kedua hal tersebut diatur dalam Undang-

Undang Negara nomor..

UU no 15 tahun 2006

UU no 17 tahun 2006

UU no 24 tahun 2009


UU no 38 tahun 2009

Menggali pengalaman butir-butir Pancasila
Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana

kekeluargaan dan kegotongroyongan, merupakan pengalaman Pancasila sila ke

1

2

3

5

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Soal dan Jawaban Tes Pertanyaan Profesi Kependidikan Guru"

Post a Comment