Search This Blog

MUSEUM BANK INDONESIA SURABAYA LENGKAP






Bank Indonesia Museum
Museum Bank Indonesia

Didirikan January 27, 2012
Lokasi Jl Garuda No. 1, Surabaya
Jenis ekonomik dan numismatik
Koleksi Koleksi mata uang lama dan display sejarah sistem perbankan di Indonesia.
Pemilik Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia (Indonesian Museum Bank Indonesia) terletak di Surabaya, Indonesia. Museum ini secara khusus didirikan oleh Bank Indonesia dan dibuka pada tanggal 27 Januari 2012 setelah direstorasikan. Museum yang menempati gedung ini dikenal sebagai De Javasche Bank (sekarang: Bank Indonesia)sebagai Bank sentral Hindia Belanda yang bermarkas di Batavia. Setelah kemerdekaan Indonesia gedung ini terus berfungsi sebagai cabang Bank Indonesia di Surabaya hingga tahun 1973. Museum ini tutup pada hari Senin dan hari libur. Meseum ini tidak memiliki biaya masuk.

Sejarah
De Javasche Bank membuka cabang di Surabaya pada 14 September 1829. Pada 1904 bangunan asli yang menempati plot dihancurkan dan dibangun kembali dengan luas 1.000 meter persegi. Ini dirancang dengan cara yang sama dari kantor pusat De Javasche Bank di Batavia, dengan Neo-Renaissance arsitektur dan perhiasan Jawa pada rinciannya.

Penjelasan Museum
Museum ini memiliki 3 lantai dan menampilkan sejarah sistem perbankan di Indonesia, foto-foto lama dari Surabaya dan juga koleksi mata uang kuno. Tampilan museum dibagi menjadi 3 ruangan:

' Ruangan Koleksi mata uang lama’ - Ruangan sebelumnya berfungsi sebagai kamar aman deposito dan digunakan untuk menampilkan mata uang lama Indonesia.
'Ruangan Koleksi dari konservasi ' - Ruangan mengandung bahan bangunan yang diganti untuk konservasi, sejarah juga konstruksi bank.
'Ruangan Koleksi harta budaya' - ruangan mesin bank lama tampilan dan peralatan.


https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Bank_Indonesia_Surabaya

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "MUSEUM BANK INDONESIA SURABAYA LENGKAP"

Post a Comment