Pada Pembelajaran kali ini, Anda akan berlatih memberikan perspektif reflektif kritis berdasarkan pemahaman dan internalisasi konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD) dalam ruang diskusi virtual.
Diskusi di forum diskusi virtual, Instruktur memberikan penguatan pemahaman konsep pemikiran filosofis KHD untuk melatih Anda untuk lebih saksama memaknai dan menghayati pemikiran KHD dan bagaimana penerapannya pada konteks lokal sosial budaya di daerah Anda.
Memulai Elaborasi Pemahaman melalui forum diskusi di ruang ‘virtual’, Anda diberikan pertanyaan reflektif terkait pemahaman Anda mengenai pemikiran filosofis KHD. Pertanyaan pemantik berikut dapat Anda renungkan sebelum sesi dimulai:
- Bagaimana perwujudan ‘menuntun’ yang saya lihat dalam konteks sosial budaya di daerah saya? Perubahan konkret apa yang dapat saya lakukan untuk mewujudkannya?
- Mengapa Pendidikan perlu mempertimbangkan kodrat alam dan kodrat zaman?
- Apa relevansi pemikiran KHD “Pendidikan yang berhamba pada anak” dengan peran saya sebagai pendidik?
- Bagaimana gambaran proses pembelajaran yang merefleksikan (mencerminkan) pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD)?
Pemaparan Materi dari Dosen/Instruktur
Diskusi ruang virtual/tatap muka akan dipandu oleh Dosen/Instruktur dengan tahapan sebagai berikut:
- Presentasi Materi (25’)
Dosen/Instruktur mempresentasikan materi Pemikiran Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD) selama 25 menit untuk memberikan penguatan pemahaman peserta terhadap pemikiran-pemikiran KHD. - Dialog dan Diskusi (45’)
- Instruktur memberi penguatan terhadap pertanyaan-pertanyaan Mahasiswa.
- Mahasiswa berbagi pengalaman praktik baik proses pembelajaran yang merefleksikan pemikiran filosofis Pendidikan KHD,
- Mahasiswa bertanya dan berdiskusi kepada Instruktur terkait pembelajaran yang diperoleh dalam ruang diskusi.
- Refleksi dan Umpan Balik (15’)
- Dosen/Instruktur memberi umpan balik penguatan terhadap pemahaman mahasiswa
- Refleksi pembelajaran dituliskan pada aplikasi yang disediakan oleh Dosen/Instruktur (padlet/jamboard/lainnya)
- Penutup (05’)
- Dosen/Instruktur menutup kegiatan pembelajaran Elaborasi Pemahaman Pemikiran KHD.
Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Filosofi Pendidikan Indonesia Topik 2 Elaborasi Pemahaman Pendidikan sebagai Tuntunan"
Post a Comment