kesulitan mengerjakan tugas? saya siap membantu, silahkan wa 082257518802

PPG Prajabatan Filosofi Pendidikan Indonesia Topik 2 Ruang Kolaborasi Nilai Luhur Sosial Budaya sebagai Tuntunan

Ruang Kolaborasi memberikan ruang perjumpaan bagi Anda untuk berkolaborasi sesama mahasiswa dalam menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter peserta didik sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat untuk menebalkan laku peserta didik dan menuntun kekuatan kodrat peserta didik yang dapat diimplementasikan pada konteks lokal (nilai-nilai luhur sosial budaya) daerah asal Anda. Hasil kolaborasi dalam menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya menjadi dasar pengetahuan dan pengalaman baru dalam merefleksikan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik.

Anda bekerja dalam kelompok yang terdiri dari 5 orang untuk mengeksplorasi nilai-nilai luhur sosial budaya di daerah asal Anda dalam upaya menebalkan konteks diri (kekuatan kodrat) peserta didik sebagai manusia dan anggota masyarakat.  Indonesia memiliki keberagaman sosial budaya yang dapat menjadi kekuatan dalam menuntun proses pendidikan peserta didik. 

  1. Review Eksplorasi Konsep oleh Dosen/Instruktur
    • Dosen/Instruktur memberikan review proses dan hasil belajar CGP pada Eksplorasi Konsep,
    • Dosen/Instruktur menguatkan perspektif reflektif kritis CGP dalam memaknai dan menghayati pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara.
  2. Penugasan kelompok dan Panduan Kerja Kelompok:
    • Anda membentuk kelompok sesuai dengan jumlah mahasiswa di kelas
    • Masing-masing kelompok ditugaskan untuk mendiskusikan 
      1. Apa kekuatan konteks sosio-kultural (nilai-nilai luhur budaya) di daerah Anda yang sejalan dengan pemikiran KHD?
      2. Bagaimana pemikiran KHD dapat dikontekstualkan sesuaikan  dengan nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter peserta didik sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat pada konteks lokal sosial budaya di daerah Anda?
      3. Sepakati satu kekuatan pemikiran KHD yang menebalkan laku peserta didik di kelas atau sekolah Anda sesuai dengan konteks lokal sosial budaya di daerah Anda yang dapat diterapkan.
    • Tenggat waktu akan diumumkan di LMS. 
  1. Presentasi hasil tugas kelompok & umpan balik Dosen/Instruktur
    • Presentasi hasil tugas kelompok akan dipandu oleh Dosen/Instruktur;
    • Dosen/Instruktur mengatur waktu presentasi setiap kelompok sesuai dengan jumlah kelompok;
    • Dosen/Instruktur menggunakan pengatur waktu (timer) agar setiap kelompok memiliki waktu presentasi yang sama.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Filosofi Pendidikan Indonesia Topik 2 Ruang Kolaborasi Nilai Luhur Sosial Budaya sebagai Tuntunan"

Post a Comment