Search This Blog

PPG Prajabatan Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran Topik 3 Demonstrasi Kontekstual - Menganalisis Asesmen di Ruang Kelas

Setelah mengetahui prinsip dan jenis-jenis asesmen, Anda dapat mengamati salah satu asesmen yang telah diterapkan pada proses pembelajaran di kelas dan memberikan ulasan tentang asesmen tersebut. Kaitkan dengan konsep perkembangan, lingkungan, dan kemampuan peserta didik. Anda dapat menuliskan ulasan dalam tabel panduan di bawah ini.

Tugas 3.1 Menganalisis Asesmen di Ruang Kelas

Mata Pelajaran

 

Kelas

 

Fase

 

Capaian Pembelajaran

 

Tujuan Pembelajaran

 

Materi Ajar (Topik)

 

Jenis Asesmen (Formatif/Sumatif)

 

Bentuk Asesmen

(soal tertulis/projek/unjuk kerja/dll)

 

Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan tahapan perkembangan peserta didik? Jelaskan!

 

Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan perlunya mempertimbangkan aspek lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik? Jelaskan!

 

Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan kemampuan peserta didik? Jelaskan!

 

Bagian mana dari asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian bahwa sudah memberikan ruang bagi peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran mereka?

 

Jika Anda menjadi guru di kelas tersebut, hal apa yang ingin Anda tingkatkan untuk lebih memaksimalkan efektivitas asesmen dengan memperhatikan tahapan perkembangan peserta didik, lingkungan budaya dan karakter peserta didik, serta kemampuan peserta didik? Tuliskan pendapatmu secara lengkap!

 

Catatan: penilaian dapat menggunakan Rubrik 1 dan dosen dibebaskan jika ingin memodifikasi rubrik sesuai dengan kebutuhan.

 

*) Anda disarankan untuk mengirimkan file tugas dengan format PDF.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran Topik 3 Demonstrasi Kontekstual - Menganalisis Asesmen di Ruang Kelas"

Post a Comment