Pada Kegiatan ini anda di minta untuk melakukan Refleksi pembelajaran dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
soal 1
Apa pemahaman tambahan yang Anda peroleh setelah memahami prinsip Understanding by Design dalam merancang pembelajaran dan asesmen?
Pemahaman baru yang saya dapatkan setelah mempelajari prinsip Understanding by Design (UbD) dalam merancang pembelajaran dan asesmen adalah pendekatan unik UbD yang mengusung konsep perencanaan mundur dalam proses pembelajaran. Dalam metode ini, kita mulai dengan tujuan apa yang ingin dicapai oleh peserta didik dalam pemahaman suatu topik tertentu, kemudian merancang asesmen atau penilaian untuk mengukur pencapaian ini, dan akhirnya merencanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai. Yang lebih penting, pendekatan UbD ini menekankan fokus pada konten pembelajaran daripada hanya mencari hasil akhir.
soal 2
Salah satu aspek yang paling menantang dalam merancang pembelajaran dengan prinsip UbD adalah ketika kita harus mulai dengan menentukan asesmen terlebih dahulu, sebelum kita merancang kegiatan pembelajaran. Hal ini merupakan tantangan karena biasanya kita cenderung memulai dengan merencanakan kegiatan pembelajaran terlebih dahulu, baru kemudian memikirkan asesmen yang sesuai.
soal 3
Saya tertarik untuk memahami bagaimana cara merancang asesmen jenis Assessment for Learning (AfL), Assessment as Learning (AaL), dan Assessment of Learning (AoL) dalam konteks pendekatan UbD, sehingga proses pembelajaran dapat diselaraskan dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan peserta didik.
Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Prinsip Pengajaran dan Asesmen Pembelajaran Topik 1 Aksi Nyata"
Post a Comment