Search This Blog

PPG Prajabatan Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran Topik 4 Demonstrasi Kontekstual

 Jenis Kegiatan: Kegiatan Individu

Pada Topik I, Anda telah melakukan observasi pengamatan proses pembelajaran dan hal lain yang terjadi di ruang kelas selama proses pembelajaran. Setelah mengetahui hal-hal yang mendukung terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman bagi peserta didik, Anda dapat menganalisis dan menuliskan refleksi terkait lingkungan belajar yang berpihak pada peserta didik dengan menjawab pertanyaan berikut ini:

Tugas 4.2 Melakukan Analisis dan Refleksi

  1. Bagaimana berlangsungnya proses pembelajaran di dalam kelas? Apakah sudah memenuhi kebutuhan peserta didik akan lingkungan belajar yang aman dan nyaman? Jelaskan.

  2. Seberapa besar peran guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman ketika proses pembelajaran berlangsung? Berikan contohnya 

  3. Apakah guru mengkomunikasikan kepada orang tua hal-hal apa saja yang terjadi selama proses pembelajaran di dalam kelas? Bagaimana cara mengkomunikasikannya?

  4. Apakah guru atau pihak sekolah melibatkan masyarakat dan lingkungan sekitar selama proses pembelajaran? Jika ya, apakah peran masyarakat dalam proses pembelajaran tersebut? Jika tidak, apakah yang menjadi alasan guru atau pihak sekolah tidak melibatkan masyarakat dan lingkungan sekitar?

  5. Buatlah skenario pembelajaran secara singkat dengan melibatkan keikutsertaan keluarga dan masyarakat dalam membentuk karakter disiplin positif dan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi peserta didik. 

Catatan: penilaian dapat menggunakan Rubrik 1 dan dosen dibebaskan jika ingin memodifikasi rubrik sesuai dengan kebutuhan.

*) Anda disarankan untuk mengirimkan file tugas dengan format PDF.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran Topik 4 Demonstrasi Kontekstual"

Post a Comment