Search This Blog

PPG Prajabatan Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran Topik 4 Ruang Kolaborasi Kasus 1

 Setelah mempelajari beberapa hal terkait dengan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi peserta didik, silakan selesaikan studi kasus berikut ini secara berkelompok (3-4 orang per kelompok).

Tugas 4.1 Memberikan Tanggapan terhadap Kasus di Ruang Kelas
Kasus 1
Reina adalah seorang peserta didik yang duduk di bangku kelas III SD. Ketika Reina mengikuti pembelajaran SBK (Seni Budaya dan Keterampilan) dengan materi melukis, Reina tidak mencuci dan mengembalikan palet lukis yang telah ia gunakan. Hal itu karena Reina tidak pernah mendapat tugas untuk merapikan barang ketika di rumah dengan alasan bahwa Reina masih terlalu kecil untuk melakukan hal tersebut. 
Berdasarkan studi kasus di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini, kaitkan dengan peranan keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi peserta didik. 

  1. Tuliskan pendapat Anda mengenai hal yang diajarkan oleh keluarga Reina di rumah.
  2. Jika Anda menjadi guru Reina, bagaimana cara Anda menjelaskan kepada Reina agar dapat memulai untuk belajar merapikan barang-barang setelah digunakan?
  3. Bagaimana cara Anda mengkomunikasikan kepada orang tua Reina mengenai hal yang telah Anda sampaikan kepada Reina di pertanyaan nomor 2?

Catatan: penilaian dapat menggunakan Rubrik 1 dan dosen dibebaskan jika ingin memodifikasi rubrik sesuai dengan kebutuhan.

*) Anda disarankan untuk mengirimkan file tugas dengan format PDF.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran Topik 4 Ruang Kolaborasi Kasus 1"

Post a Comment