kesulitan mengerjakan tugas? saya siap membantu, silahkan wa 082257518802

PPG Prajabatan Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia Topik 1 Mulai Dari Diri

 Mahasiswa PPG Prajabatan yang berbahagia,

Selamat datang di topik yang pertama yaitu ‘Pengantar perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan di Indonesia’. Topik ini penting untuk mengantar Anda mengenali terlebih dahulu apa yang diketahui dan diyakini tentang perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik, serta bagaimana faktor faktor ini mempengaruhi pendidikan di Indonesia sejak masa penjajahan hingga saat ini.

Setelah mempelajari topik ini, Anda diharapkan mampu:

  1. menguraikan pandangan tentang faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik yang mempengaruhi pendidikan dan pembelajaran
  2. mengaitkan dan menyimpulkan pentingnya mempelajari perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam pendidikan di Indonesia bagi guru 
  3. mengartikulasikan harapan dan/atau pertanyaan tentang pengalaman belajar perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam pendidikan
  4. memberikan argumen dalam diskusi faktor-faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik terkait perjalanan pendidikan di Indonesia

Silahkan jawab pertanyaan-pertanyaan reflektif berikut. 

Kita akan mulai pembelajaran tentang ‘Pengantar perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan di Indonesia’ dengan melihat pengalaman pribadi masing-masing. Mari kita identifikasi faktor sosial budaya dan/atau ekonomi politik yang mempengaruhi pendidikan di Indonesia.

Di sebuah sekolah, siswa-siswinya berasal dari latar belakang sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang berbeda-beda. Termasuk Diera, yang adalah anak pendatang yang menempuh sekolah dengan membawa latar belakang sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang tidak sama dengan sekolahnya. Hal ini membuat teman-teman di sekolah Diera sering salah mengartikan kemampuannya sehingga penghambat dalam berinteraksi dan berdinamika. Tidak hanya demikian, Diera sendiri pun sering kali merasa kebingungan ketika guru memberikan instruksi yang kurang dipahami olehnya karena perbedaan cara pandang. Diera sering kali berusaha untuk bertanya kepada teman-temannya, namun hal ini semakin membuat teman-temannya salah mengartikan kemampuannya. Diera pun semakin merasa terasing dan tidak dapat diterima, padahal dia sudah berusaha untuk memahami sekitarnya. Sementara itu, teman-temannya juga menjadi kurang responsif kepada Diera, karena banyak hal pada diri Diera yang sulit mereka pahami. Alhasil, capaian nilai Diera pada awal sekolah sangat rendah, sampai akhirnya Diera ingin menyerah dan tidak ingin bersekolah.

Dari pengalaman pribadi Diera tersebut, terlihat latar belakang sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang berbeda pada diri Diera menjadi penghambat bagi pendidikan yang Diera jalani. Ditambah lagi kondisi ekonomi orang tuanya yang kurang cukup, dukungan sosial budaya di lingkungan barunya yang belum bisa diandalkan, serta kondisi politik yang dialaminya saat berpindah ke tempat barunya.

Soal 1

Bagaimana pandangan Anda terhadap kasus di atas melalui sudut pandang Anda sebagai seorang pendidik? Adakah hal yang dapat Anda lakukan sebagai solusi bagi Diera?

Your answer:

1. Memahami latar belakang siswa

Saya akan mencoba memahami perspektif Diera dan memahami mengapa Diera melakukan seperti itu.

2. Komunikasi terbuka

Saya akan berbicara dengan terbuka dan ramah agar Diera terdorong untuk berbicara mengenai perasaannya, tantangan yang dihadapi, serta hal yang dia butuhkan di sekolah

3. Dukungan tambahan

Saya akan menawarkan dukungan tambahan seperti bimbingan belajar setelah jam pelajaran

Soal 2

Dari pengalaman pribadi Anda, apa faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang berpengaruh pada salah satu momentum penting dalam perjalanan pendidikan Anda, bisa dalam konteks keberhasilan maupun hambatan?
Your answer:

Faktor ekonomi, konteks hambatan

Saya ingin melanjutkan kuliah tetapi tidak punya cukup uang, sehingga pilihannya ada 2 yaitu kuliah dengan kerja atau kuliah dengan beasiswa. saya berusaha mencari beasiswa, akhirnya berhasil mendapatkannya di STKIP Al Hikmah Surabaya. Saya juga harus berjuang lulus tepat waktu, karena jika terlambat, maka saya harus membayar biayanya.

Soal 3

Bila pertanyaan sebelumnya berkaitan dengan level terkecil (pribadi), bila ditarik lebih luas, menurut Anda sejauh mana faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik berpengaruh dalam pendidikan dan pembelajaran di Indonesia?
Your answer:

Faktor sosial

Indonesia adalah negara dengan berbagai suku dan agama sehingga sekolah memiliki peluang dan tantangan tersendiri. Peluangnya adalah siswa akan lebih cepat berkembang karena sudah terbiasa menghadapi perbedaan. Tantangannya adalah isu rasisme, diskriminasi, dan stereotip.

 

Faktor budaya

Setiap daerah memiliki budaya masing-masing, sehingga sekolah juga memiliki budayanya masing-masing. Salah satunya yaitu mata pelajaran bahasa daerah yang termasuk dalam muatan lokal.

 

Faktor ekonomi

Anak-anak dari keluarga kaya cenderung memilih sekolah swasta yang memiliki fasilitas dan sumber daya yang baik, meskipun biayanya sangat mahal. Anak-anak dari keluarga kurang mampu cenderung memilih sekolah negeri atau swasta yang tergolong murah dan mengesampingkan kualitas.

 

Faktor politik

Kebijakan yang dikeluarkan pemimpin daerah cenderung berbeda-beda, sehingga menimbulkan kecemburuan sosial. Seperti jam masuk dan pulang sekolah serta biaya sekolah. Ketika berganti pemimpin cenderung mengalami perombakan kurikulum atau sistem pendidikan, sehingga harus siap adaptasi lagi.

Soal 4

Apa pertanyaan penting yang ingin Anda ajukan terkait perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan di Indonesia berdasarkan pemahaman dan elaborasi diri Anda?
Your answer:

1. Bagaimana perspektif budaya mempengaruhi desain kurikulum dan metode pengajaran di Indonesia? Apa langkah-langkah yang diambil untuk mengintegrasikan nilai-nilai budaya dalam pendidikan?

2. Bagaimana ketidak setaraan ekonomi mempengaruhi akses pendidikan di Indonesia? Apa upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah ini, dan sejauh mana efektivitasnya?

Soal 5

Apa yang ingin Anda dapatkan dari mempelajari mata kuliah Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan ini?
Your answer:

1. Memahami konsep dasar mengenai perspektif sosial kultural dalam pendidikan

2. Memahami perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran di sekolah

3. Memahami proses pembelajaran pada ZPD

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia Topik 1 Mulai Dari Diri"

Post a Comment