Mahasiswa PPG Prajabatan yang berbahagia,
Setelah mempelajari topik ini, Anda diharapkan mampu:
- menguraikan pandangan tentang faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik yang mempengaruhi pendidikan dan pembelajaran
- mengaitkan dan menyimpulkan pentingnya mempelajari perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam pendidikan di Indonesia bagi guru
- mengartikulasikan harapan dan/atau pertanyaan tentang pengalaman belajar perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam pendidikan
- memberikan argumen dalam diskusi faktor-faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik terkait perjalanan pendidikan di Indonesia
Silahkan jawab pertanyaan-pertanyaan reflektif berikut.
Kita akan mulai pembelajaran tentang ‘Pengantar perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan di Indonesia’ dengan melihat pengalaman pribadi masing-masing. Mari kita identifikasi faktor sosial budaya dan/atau ekonomi politik yang mempengaruhi pendidikan di Indonesia.
Dari pengalaman pribadi Diera tersebut, terlihat latar belakang sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang berbeda pada diri Diera menjadi penghambat bagi pendidikan yang Diera jalani. Ditambah lagi kondisi ekonomi orang tuanya yang kurang cukup, dukungan sosial budaya di lingkungan barunya yang belum bisa diandalkan, serta kondisi politik yang dialaminya saat berpindah ke tempat barunya.
Soal 1
1. Memahami latar belakang siswa
Saya akan mencoba memahami perspektif Diera dan memahami mengapa Diera melakukan seperti itu.
2. Komunikasi terbuka
Saya akan berbicara dengan terbuka dan ramah agar Diera terdorong untuk berbicara mengenai perasaannya, tantangan yang dihadapi, serta hal yang dia butuhkan di sekolah
3. Dukungan tambahan
Saya akan menawarkan dukungan tambahan seperti bimbingan belajar setelah jam pelajaran
Soal 2
Faktor ekonomi, konteks hambatan
Saya ingin melanjutkan kuliah tetapi tidak punya cukup uang, sehingga pilihannya ada 2 yaitu kuliah dengan kerja atau kuliah dengan beasiswa. saya berusaha mencari beasiswa, akhirnya berhasil mendapatkannya di STKIP Al Hikmah Surabaya. Saya juga harus berjuang lulus tepat waktu, karena jika terlambat, maka saya harus membayar biayanya.
Soal 3
Faktor sosial
Indonesia adalah negara dengan berbagai suku dan agama sehingga sekolah memiliki peluang dan tantangan tersendiri. Peluangnya adalah siswa akan lebih cepat berkembang karena sudah terbiasa menghadapi perbedaan. Tantangannya adalah isu rasisme, diskriminasi, dan stereotip.
Faktor budaya
Setiap daerah memiliki budaya masing-masing, sehingga sekolah juga memiliki budayanya masing-masing. Salah satunya yaitu mata pelajaran bahasa daerah yang termasuk dalam muatan lokal.
Faktor ekonomi
Anak-anak dari keluarga kaya cenderung memilih sekolah swasta yang memiliki fasilitas dan sumber daya yang baik, meskipun biayanya sangat mahal. Anak-anak dari keluarga kurang mampu cenderung memilih sekolah negeri atau swasta yang tergolong murah dan mengesampingkan kualitas.
Faktor politik
Kebijakan yang dikeluarkan pemimpin daerah cenderung berbeda-beda, sehingga menimbulkan kecemburuan sosial. Seperti jam masuk dan pulang sekolah serta biaya sekolah. Ketika berganti pemimpin cenderung mengalami perombakan kurikulum atau sistem pendidikan, sehingga harus siap adaptasi lagi.
Soal 4
1. Bagaimana perspektif budaya mempengaruhi desain kurikulum dan metode pengajaran di Indonesia? Apa langkah-langkah yang diambil untuk mengintegrasikan nilai-nilai budaya dalam pendidikan?
2. Bagaimana ketidak setaraan ekonomi mempengaruhi akses pendidikan di Indonesia? Apa upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah ini, dan sejauh mana efektivitasnya?
Soal 5
1. Memahami konsep dasar mengenai perspektif sosial kultural dalam pendidikan
2. Memahami perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran di sekolah
3. Memahami proses pembelajaran pada ZPD
Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia Topik 1 Mulai Dari Diri"
Post a Comment