Mahasiswa PPG Prajabatan yang berbahagia,
Selamat datang di topik yang kelima yaitu Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD. Topik ini penting untuk mengantar Anda memahami Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD, serta bagaimana faktor faktor ini mempengaruhi pendidikan di Indonesia.
Setelah mempelajari topik ini, Anda diharapkan mampu:
- menganalisis dan menguraikan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD
- merancang dan memodifikasi pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD (tugas)
- merancang dan memodifikasi materi mengajar yang menerapkan Scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development’
- menganalisis dan menyimpulkan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD
- berargumentasi dalam diskusi dan tulisan blog
Kita akan mulai pembelajaran tentang Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD dalam pendidikan di Indonesia dengan melakukan pengamatan terhadap video berikut ini.
Video Lentera Indonesia - Wayatim, Bacan, Halmahera Selatan
Setelah mengamati video tersebut, silakan menjawab pertanyaan berikut ini:
LK Individu 20 -(klik di sini untuk mengunduh LK)
Dari pengamatan tentang kondisi daerah tersebut:
- Pernahkah Anda mengalami hal yang serupa? Bila ya, apa saja hal yang sama dan berbeda yang Anda temui?
- Apa yang Anda pikirkan dan rasakan tentang kondisi pendidikan tersebut?
- Apa yang Anda pikirkan tentang pendidikan di masa itu?
Selanjutnya, silakan jawab pertanyaan reflektif berikut ini:
- Bila Anda mendapatkan tugas mengajar bagaimana Anda memperhatikan Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD?
- Siapkah Anda mengajar dengan memperhatikan Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD? Apa alasannya?
Mari berproses bersama dalam rangkaian pembelajaran selanjutnya untuk semakin memahami tentang Pengantar perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan di Indonesia.
Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia Topik 5 Mulai Dari Diri"
Post a Comment