Search This Blog

PPG Prajabatan Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia UTS Ujian Tengah Semester

 

PANDUAN UJIAN TENGAH SEMESTER

Ujian Tengah Semester ini merupakan aksi nyata penerapan pembelajaran berupa observasi tentang penerapan pembelajaran di sekolah pada mata pelajaran tertentu yang menerapkan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD)’ yang ditulis dalam bentuk paper, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Gunakan Kelas PPL yang sedang Anda jalani, di mana Anda mengajar dan mengobservasi penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD). Jelaskan konteks tersebut sebagai latar belakang kelas, konteks, deskripsi mata pelajaran, serta informasi penting lainnya yang mempengaruhi penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) bagi kelas tertentu.
  • Berdasarkan analisis tersebut, susunlah sebuah paper untuk penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) pada satu mata pelajaran di kelas tertentu. Diharapkan satu kelompok dapat bervariasi dalam memilih mata pelajaran dan tingkatannya.

Paper memuat:

  • Judul
  • Pendahuluan
    • Latar Belakang
    • Rumusan Masalah
    • Tujuan
  • Pembahasan
  • Penutup
  • Daftar Pustaka

Untuk referensi, Anda dapat mempelajari portal belajar.id dengan akun Anda (https://guru.kemdikbud.go.id/perangkat-ajar/Links to an external site.) atau sumber lain yang sudah banyak tersedia di internet. 

 

  • Tugas dikumpulkan pada pertemuan ke-9. 
  • Seluruh Paper yang disusun didokumentasikan dalam satu folder, sebagai portofolio kelas, beserta semua tugas dan referensi lainnya.
Rubrik Penilaian
Rubrik Penilaian
CriteriaRatingsPts
Kriteria
100 Pts
A
Mahasiswa kurang/tidak menganalisis konteks daerah yang melatari penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) Mahasiswa merancang penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD), dengan alur yang kurang sistematis Mahasiswa tidak menyertakan referensi yang mendukung penerapan penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) Mahasiswa menyelesaikan tugas melebihi tenggat waktu
75 Pts
B
Mahasiswa menganalisis secara singkat konteks penerapan penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) Mahasiswa merancang rencana penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD), dengan alur yang kurang sistematis Mahasiswa tidak menyertakan referensi yang mendukung penerapan penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) Mahasiswa menyelesaikan tugas tepat waktu
50 Pts
C
Mahasiswa menganalisis konteks penerapan penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) Mahasiswa merancang penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD, dengan alur yang sistematis Mahasiswa menyertakan beberapa referensi yang mendukung penerapan penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) Mahasiswa menyelesaikan tugas tepat waktu
25 Pts
D
Mahasiswa menganalisis secara tajam konteks penerapan penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) Mahasiswa merancang penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD), dengan alur yang sistematis Mahasiswa menyertakan referensi yang lengkap untuk mendukung penerapan penerapan scaffolding pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD) Mahasiswa menyelesaikan tugas tepat waktu
100 pts
Total points: 100

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia UTS Ujian Tengah Semester"

Post a Comment