Dari demonstrasi kontekstual yang sudah dilakukan sebelumnya, dengan mempelajari topik bahasan, dipandu oleh dosen silahkan buat kesimpulan berikut:
- Apa pembelajaran terpenting yang Anda dapatkan mengenai topik bahasan ini?
- Apa pandangan Anda sebagai calon guru tentang perspektif/teori sosiokultural ini? Bagaimana Anda menerapkan ilmu yang Anda dapatkan terkait topik bahasan dalam profesi Anda sebagai guru?
- Tantangan apa yang Anda bayangkan akan dihadapi dalam hal menggunakan perspektif ini dalam mengajar? Bagaimana Anda akan mengatasinya?
- Pertanyaan apa yang ingin Anda ajukan lebih lanjut tentang topik bahasan ini?
Berilah tanggapan/komentar terhadap curah gagasan teman sejawat Anda.
- Apa pembelajaran terpenting yang Anda dapatkan mengenai topik bahasan ini?
Pembelajaran terpenting yang saya dapatkan mengenai topik ini adalah memahami peran sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, pendidik harus siap menghadapi berbagai macam latar belakang dan karakteristik peserta didik. Menurut saya, topik ini sangatlah esensial untuk dipelajari agar saya sebagai seorang guru mendapatkan gambaran dan dapat memahami serta mempersiapkan diri dalam menghadapi perbedaan karakteristik peserta didik di kelas sehingga saya dapat melaksanakan proses pembelajaran yang melibatkan seluruh peserta didik di kelas tanpa membedakan secara sosial, budaya, ekonomi dan politik.
- Apa pandangan Anda sebagai calon guru tentang perspektif/teori sosiokultural ini? Bagaimana Anda menerapkan ilmu yang Anda dapatkan terkait topik bahasan dalam profesi Anda sebagai guru?
Berdasarkan pandangan saya dengan adanya teori sosiokultural akan memberikan kemudahan bagi pendidik dalam mengenal peserta didik secara mendalam, dan menentukan strategi yang cocok dipergunakan dalam proses pembelajaran. Saya akan berinteraksi dengan peserta didik dan melakukan observasi diawal pembelajaran yang bertujuan untuk melihat karakteristik peserta didik. Lalu melakukan analisis diagnostik untuk melihat sejauh mana kompetensi peserta didik atau modal awalnya dalam belajar. Setelah itu saya akan mencoba memahami latar belakang dan karakteristik peserta didik saya. Hal-hal tersebut akan saya jadikan acuan dalam merancang pembelajaran dikelas. Materi-materi yang akan saya ajarkan akan saya kembangkan dan sesuaikan dengan budaya setempat dan budaya ditempat lain sehingga akan muncul rasa saling menghormati satu sama lain.
- Tantangan apa yang Anda bayangkan akan dihadapi dalam hal menggunakan perspektif ini dalam mengajar? Bagaimana Anda akan mengatasinya?
Tantangan yang saya bayangkan dalam menggunakan perspektif dalam mengajar adalah kewalahan memahami seluruh karakteristik pesera didik, karena dalam 1 kelas terdiri dari 30-40 peserta didik. Cara mengatasinya adalah berkolaborasi dengan wali kelas dan guru BK sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah. Kemudian saya dapat segera menyusun rencana pembelajaran yang sesuai.
- Pertanyaan apa yang ingin Anda ajukan lebih lanjut tentang topik bahasan ini?
Dalam kurikulum merdeka, bagaimana guru merancang pembelajaran yang memperhatikan aspek sosial,budaya, ekonomi, dan politik?
Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia Topik 2 Elaborasi Pemahaman"
Post a Comment