Setelah mempelajari tentang ‘Konsep dasar perspektif sosiokultural dalam pendidikan’ yang mempengaruhi proses pendidikan dan merefleksikan dalam pembelajaran, silakan bekerja dalam kelompok untuk menganalisis studi kasus berikut.
Pada tugas kali ini, silakan Anda bergabung dalam kelompok. Anda akan mempelajari studi kasus tentang perspektif sosiokultural dalam penerapan pendidikan di Indonesia dalam kelompok:
- Berikut cerita tentang penerapan pembelajaran sebagai bahan untuk studi kasus:
- Belajar Berdemokrasi, dari buku Mengajar untuk Perubahan, hal 58-75
- Ray Sang Pecandu Online Game, dari buku Mengajar untuk Perubahan, hal 76-92
- Literasi Dasar, dari Buku Melawan Setan Bermata Runcing: Pengalaman Gerakan Pendidikan Sokola, hal 125-156
- Dengan menggunakan konsep yang sudah dipelajari, tiap kelompok menganalisis:
- faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik yang penting dalam cerita tersebut
- bagaimana guru/pengajar tersebut mempertimbangkan perspektif sosiokultural dalam caranya mengajar
- cara lain yang akan Anda lakukan selain yang sudah diterapkan guru/pengajar tersebut
- Pembelajaran yang diperoleh dari menganalisis studi kasus dan pembelajaran pada Mata Kuliah lain yang terkait
- Hasil analisis kelompok akan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya. Silakan membuat presentasi sebaik dan sekreatif mungkin.
Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia Topik 2 Ruang Kolaboorasi"
Post a Comment