Search This Blog

PPG Prajabatan Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran Topik 7 Demonstrasi Kontekstual - Meningkatkan Pembelajaran Dengan Multimedia

 Mahasiswa yang berbahagia, setelah Anda membaca, memahami dan diskusi dalam kelompok materi pada unit 7 ini, Bapak dan Ibu diharapkan berkolaborasi untuk mempelajari serangkaian materi pembelajaran literasi visual berikut ini. 

YouTube menjadi salah satu sumber pembelajaran otentik bagi para pelajar Abad 21. Dikatakan otentik karena tersedia banyak sumber-sumber atau materi sangat relevan untuk pembelajaran, namun dibuat tidak sekedar untuk kegiatan pembelajaran saja. Tantangan yang dihadapi oleh para guru:

  1. Ketersediaan waktu bagi para guru untuk mengeksplorasi materi-materi yang relevan.
  2. Keterampilan untuk mengelola dan mengolah materi-materi yang ada sebagai sumber pembelajaran digital yang tepat sasaran bagi para siswa mereka. 
  3. Kemampuan dan keterampilan dalam menggunakan teknologi informasi yang relevan untuk memfasilitasi proses pembelajaran bagi para siswanya. 

 

Dalam kesempatan ini, Bapak dan Ibu diajak untuk berlatih menggunakan serangkaian video YouTube sebagai materi peningkatan literasi visual (visual literacy). Dalam konteks pembelajaran Abad 21, kemampuan literasi dan numerasi menjadi jauh lebih penting dibandingkan dengan penguasaan isi/materi pembelajaran sebagaimana yang sebelumnya dituntut di dalam Ujian Nasional. Keterampilan literasi mengasumsikan kemampuan untuk membaca, memahami, membangun keterkaitan antar berbagai hal, dan merumuskan gagasan baru. Keterampilan literasi bisa berkembang secara lebih baik ketika pembelajaran dijalankan secara tematik, dan didasarkan pada teori pembelajaran konstruktivisme, serta diorientasikan untuk memafsilitasi para siswa untuk memecahkan persoalan tertentu. 

Instruksi: 

  1. Tonton, pelajari, dan buat catatan berdasarkan rangkaian video berikut ini. 
  2. Jika dirasa kurang jelas, ulangi menonton dan mencatatnya. 
  3. Kerjakan kuis yang telah disiapkan di LMS. 

 

  • Video 1: Kompor tenaga surya di Afganistan:  https://youtu.be/fUtqKYlGRZo  
  • Video 2: Mitos Telaga Buret https://www.youtube.com/watch?v=ppeczmflLX0 
  • Video 3: Gado-gado buatan bule https://youtu.be/CDQLvd5XVE4   
  • Video 4: Penyanyi Dangdut Asli Amerika  https://youtu.be/DSFu8pyNmR4 

 

cobalah bapak ibu cari contoh penerapan multimedia pembelajaran (audio, video, teks dan visual) untuk selanjutnya dipresentasikan dalam kelas besar.

Presentasi dapat direkam untuk selanjutnya dikirim pada link yang telah disediakan.

Setelah menonton dan mengerjakan soal soal quis, kolaborasikan beberapa hal berikut ini:

  1. Diskusikan bagaimana perasaan (suka - tidak suka, bergairah - tidak bergairah) Anda ketika mengerjakan tugas-tugas seperti ini? 
  2. Sebutkan tiga hal baik/menarik yang bisa Anda bagikan kepada rekan-rekan yang lain? 
  3. Sebutkan tiga hal yang bisa diperbaiki (dari materi, soal-soal, dan dari diri Anda sendiri)! 
  4. Buat tiga kesimpulan berdasarkan diskusi dengan rekan-rekan, terkait dengan hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk memfasilitasi pembelajaran di sekolah Anda! 

*) Anda disarankan untuk mengirimkan file tugas dengan format PDF.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran Topik 7 Demonstrasi Kontekstual - Meningkatkan Pembelajaran Dengan Multimedia"

Post a Comment