Anda telah merancang pembelajaran dan asesmen pada mata kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen yang Efektif I, siapkan dokumen rancangan pembelajaran dan asesmen tersebut lalu lakukan observasi. Untuk mempermudah, jawab beberapa pertanyaan berikut ini!
- Apakah Anda telah memetakan karakteristik peserta didik sebelum menyusun rancangan pembelajaran? Tuliskan contoh pemetaan karakteristik peserta didik Anda!
- Apakah Anda merumuskan kompetensi/tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik? Tuliskan kompetensi atau tujuan pembelajaran yang ingin dicapai!
- Apakah Anda menentukan teknik dan instrumen asesmen yang sesuai dengan karakteristik peserta didik? Tuliskan teknik dan instrumen yang Anda pilih pada rancangan pembelajaran tersebut!
- Apakah Anda menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik? Tuliskan metode pembelajaran yang Anda pilih pada rancangan pembelajaran tersebut!
- Apakah Anda sudah memetakan rencana pendampingan, pengayaan, dan percepatan terhadap peserta didik sesuai dengan kompetensi mereka?
Jawaban Soal Nomor 1
Tentu, berikut adalah contoh pemetaan karakteristik peserta didik:
1. TIngkat kemampuan: Peserta didik dalam kelas memiliki tingkat pemahaman yang beragam terhadap materi, dari yang memiliki pemahaman yang mendalam hingga yang membutuhkan bantuan tambahan. Biasanya saya menggolongkan menjadi 3 tingkat yaitu rendah, sedang, tinggi.
2. Gaya Belajar: Sebagian besar peserta didik lebih suka pembelajaran yang berbasis visual, tetapi juga ada yang lebih responsif terhadap pendekatan auditori atau kinestetik.
3. Kebutuhan Khusus: Dalam kelas terkadang ada siswa dengan kebutuhan belajar khusus, seperti siswa slow learner.
4. Minat dan Motivasi: Sebagian besar peserta didik menunjukkan minat yang tinggi terhadap topik tertentu, seperti sains alam atau sejarah, sementara yang lain mungkin memerlukan motivasi tambahan untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Dalam hal ini saya harus manyadari dan tidak terlalu memaksakan bahwa siswa harus menyukai pelajaran matematika yang sedang saya ajarkan.
Jawaban Soal Nomor 2
Tentu, berikut adalah contoh kompetensi/ tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam matematika tingkat lanjut kelas 11 SMA semester 2 bab trigonometri sub bab grafik fungsi trigonometri:
1. Melalui pendekatan Student Centered Learning dengan model Student Team Achievment Division dan metode diskusi, peserta didik mampu menentukan grafik fungsi trigonometri, amplitudo dan periode dengan tepat dan memperhatikan akhlak mulia, berpikir kritis, gotong royong, serta karakterisitk peserta didik.
2. Melalui pendekatan Student Centered Learning dengan model Student Team Achievment Division dan metode diskusi, peserta didik mampu menyelesaikan permasalahan kontekstual mengenai grafik fungsi trigonometri, amplitudo dan periode dengan tepat dan memperhatikan akhlak mulia, berpikir kritis, gotong royong, serta karakteristik peserta didik.
Jawaban Soal Nomor 3
Tentu, berikut adalah contoh teknik dan instrumen yang saya pilih pada rancangan pembelajaran tersebut:
1. Asesmen diagnostik kognitif menggunakan quizizz berjumlah 5 soal dikerjakan secara individu
2. Asesmen formatif menggunakan LKPD berjumlah 3 soal dikerjakan secara kelompok
3. Asesmen sumatif menggunakan tes tulis berjumlah 20 soal dikerjakan secara individu
Jawaban Soal Nomor 4
Tentu, berikut adalah metode pembelajaran yang saya pilih pada rancangan pembelajaran tersebut:
Diskusi Kelompok: Untuk memfasilitasi pertukaran ide dan meningkatkan pemahaman konsep melalui interaksi sosial. Dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik dalam penyusunan rancangan pembelajaran dan asesmen, kita dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan efektif untuk semua siswa.
Jawaban Soal Nomor 5
Belum, saya belum memetakan rencana pendampingan, pengayaan, dan percepatan terhadap peserta didik sesuai dengan kompetensi mereka
Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Prinsip dan Pengajaran dan Asesmen 2 Topik 1 02.02.b.3-T1-1 Mulai Dari Diri (3)"
Post a Comment