Anda telah mempelajari konsep kesesuaian pembelajaran dan asesmen dengan karakteristik peserta didik. Pada tahap ini, Anda akan melakukan diskusi bersama rekan mahasiswa. Kolaborasi dengan rekan mahasiswa sangat penting untuk mengonfirmasi pemahaman serta saling memberikan umpan balik.
Secara berkelompok, konfirmasikan pemahaman Anda mengenai kaitan antara karakteristik peserta didik, asesmen awal, dan rancangan pembelajaran. Anda dapat mempergunakan peta konsep yang Anda susun sebagai bahan diskusi. Mintalah saran yang membangun dari rekan Anda, Anda juga dapat memberikan umpan balik terhadap pemahaman dan peta konsep milik rekan Anda.
Selanjutnya, Anda akan mendiskusikan pemilihan teknik dan instrumen asesmen awal yang akan Anda susun dan nantinya dapat dipergunakan untuk menganalisis karakteristik peserta didik di sekolah tempat Anda melaksanakan PPL.
Anda dapat menuliskan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing teknik dan instrumen asesmen untuk membantu memutuskan teknik dan instrumen yang akan Anda pergunakan. Gunakan tabel berikut sebagai acuan!
Teknik Asesmen | Kelebihan | Kekurangan |
Wawancara |
|
|
Kuis |
|
|
Penilaian diri |
|
|
dst |
|
|
Instrumen Asesmen | Kelebihan | Kekurangan |
Rubrik |
|
|
Ceklis |
|
|
Catatan anekdotal |
|
|
dst |
|
|
Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Prinsip dan Pengajaran dan Asesmen 2 Topik 1 02.02.b.3-T1-3-a Ruang Kolaborasi"
Post a Comment