Moda: individu/kelompok
Tujuan Pembelajaran Khusus (CPMK 2,3,4,8)
- Menguasai dan menerapkan konsep kompetensi sosial emosional menurut CASEL pada diri sendiri dan pada murid.
- Mampu memetakan kompetensi sosial emosional peserta didik dengan mempertimbangkan latar belakang, kebutuhan dan tahap perkembangan peserta didik.
- Mampu merencanakan tujuan pengembangan kompetensi sosial emosional diri sendiri dan siswa dengan memahami perbedaan individu.
- Mampu bekerja sebagai guru yang menunjukkan kompetensi sosial emosional
Silakan Anda simak bahan bacaan ringkasan topik 2 pada link di bawah ini. Bahan Bacaan ini dapat Anda Unduh dan dibaca secara mandiri.
Setelah Anda mengetahui dan memahami konsep SEL maka:
- Pemahaman baru apa yang Anda dapatkan setelah mempelajari konsep SEL?
- Apa saja tantangan/hambatan dalam menerapkan pembelajaran sosial-emosional?
- Buatlahlah program untuk Anda sendiri sebagai guru, apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk mengajar? Apa kelebihan dan kekurangan Anda terkait masalah emosi? Bagaimana Anda akan mengembangkan kemampuan sosial-emosional Anda?
Setelah melakukan refleksi, tuliskan rancangan/rencana aksi nyata terkait konsep SEL, yaitu kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika mengajar dengan konsep SEL di kelas Anda.
Rancangan ditulis menggunakan format yang tersedia pada link di bawah ini.
Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Pembelajaran Sosial Emosional topik 2 02.01.3-T2-8a Aksi Nyata"
Post a Comment