kesulitan mengerjakan tugas? saya siap membantu, silahkan wa 082257518802

PPG Prajabatan Prinsip dan Pengajaran dan Asesmen 2 Topik 2 02.02.b.3-T2-7-a Aksi Nyata

 Mari mengingat kembali bahwa tujuan utama kegiatan pembelajaran dan asesmen adalah untuk mencapai kompetensi yang dirumuskan dalam tujuan pembelajaran. Anda telah merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran dan asesmen yang sesuai dengan tahap capaian melalui pendekatan Teaching at the Right Level, artinya ada hubungan antara karakteristik peserta didik pada aspek kemampuan/pemahaman awal dan kesiapan belajar.

Keberhasilan peserta didik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan asesmen tidak terlepas dari persiapan guru yang tertuang dalam rancangan pembelajaran dan asesmen. Bagaimana guru merumuskan tujuan pembelajaran yang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan kurikulum tetapi kontekstual mempertimbangkan tingkat capaian peserta didik. guru juga perlu menekankan pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar serta tingkat capaian peserta didik yang dituangkan pada adanya rencana diferensiasi pembelajaran serta implementasinya dalam kegiatan pembelajaran. Pada akhirnya perkembangan peserta didik serta ketercapaian tujuan pembelajaran diukur melalui asesmen yang dirancang dan dilaksanakan dengan cermat dengan mempertimbangkan pilihan teknik dan instrumen asesmen yang sesuai.

Pada tahap ini Anda akan menyusun rencana tindak lanjut dan merefleksikannya pada rancangan pembelajaran dan asesmen selanjutnya. Sebelumnya Anda tentu mengingat fungsi asesmen bukan hanya alat untuk mengambil nilai, tetapi juga sebagai sarana memonitor perkembangan belajar siswa.

Memaknai hasil pembelajaran dan asesmen berarti menggunakan hasil asesmen untuk dua pihak pelaksana kegiatan pembelajaran dan asesmen, yaitu:

  1. Peserta didik; asesmen merupakan alat untuk memberikan umpan balik untuk peserta didik di mana guru dapat memberikan motivasi kepada peserta didik untuk meningkatkan kesiapan dan keterlibatan dalam proses pembelajaran dan asesmen.
  2. guru; asesmen dapat menjadi alat refleksi terhadap guru dalam tahap merancang pembelajaran dan asesmen hingga implementasinya (perbaikan cara mengajar, komunikasi, serta metode dan media pembelajaran). 

Mari kita identifikasi ketuntasan pencapaian kompetensi, lengkapilah tabel berikut ini!

No

Indikator Pencapaian Kompetensi

% Ketuntasan

 

Setelah mengetahui ketuntasan pencapaian kompetensi, berikanlah umpan balik bagi peserta didik dengan melihat materi yang belum tuntas dalam kaitannya dengan karakteristik materi dan peserta didik itu sendiri!

 

Materi Belum Tuntas

Karakteristik Peserta Didik

Karakteristik Materi

Masukan Bagi Peserta Didik

 Menyusun rencana tindak lanjut untuk perbaikan pembelajaran dan asesmen dapat kita mulai dari mengidentifikasi ketidaksesuaian rancangan pembelajaran dan asesmen. Kualitas rancangan pembelajaran dan asesmen menentukan keberhasilan melaksanakan pembelajaran.

Komponen Rancangan Pembelajaran dan Asesmen

Kelebihan

Kekurangan

Rencana Perbaikan

 

Selanjutnya kita bisa mulai menyusun rencana perbaikan pada tiap tahapan pelaksanaan pembelajaran dan asesmen. Lengkapi tabel berikut ini!

Aktivitas
Alternatif Perbaikan 1
Alternatif Perbaikan 2
Alternatif Perbaikan 3
Pilihan perbaikan
Perencanaan perangkat pembelajaran
Implementasi Pembelajaran
Implementasi penilaian

 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Prinsip dan Pengajaran dan Asesmen 2 Topik 2 02.02.b.3-T2-7-a Aksi Nyata"

Post a Comment