Search This Blog

PPG Prajabatan Prinsip dan Pengajaran dan Asesmen 2 Topik 2 02.02.b.3-T2-3-a Ruang Kolaborasi

 Anda telah mempelajari mengenai pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dan menyusun rancangan pembelajaran dan asesmen. Pada tahap ini Anda akan mendiskusikan dengan rekan mahasiswa dan dosen mengenai perangkat ajar yang telah Anda susun sebelum rancangan pembelajaran dan asesmen tersebut Anda implementasikan dalam kegiatan mengajar di sekolah PPL II.

Kegiatan diskusi ini bertujuan untuk memastikan rancangan pembelajaran dan asesmen yang Anda susun telah sesuai dengan prinsip Teaching at the Right Level (TaRL). Kolaborasi antar mahasiswa dibutuhkan untuk menelaah rancangan pembelajaran dan asesmen agar suatu saat nanti rancangan pembelajaran dan asesmen tersebut dapat dipahami dan digunakan oleh semua Guru. Anda dapat menggunakan panduan berikut ini:

Instrumen Telaah Rancangan Pembelajaran dan Asesmen

 

 

Nama Sekolah

: ………………………………………………………………

Nama Guru

: ………………………………………………………………

Mata Pelajaran

: ………………………………………………………………

Fase/Kelas

: ………………………………………………………………

Semester

: ………………………………………………………………

Alokasi waktu (JP)

: ………………………………………………………………

 

Panduan penilaian:

Skor 1 : Jika komponen rancangan pembelajaran dan asesmen tidak ada

Skor 2 : Jika komponen rancangan pembelajaran dan asesmen ada namun kurang  sesuai dengan pendekatan TaRL

Skor 3 : Jika komponen rancangan pembelajaran dan asesmen dan cukup sesuai dengan pendekatan TaRL

Skor 4 : Jika komponen rancangan pembelajaran dan asesmen ada dan sangat sesuai dengan pendekatan TaRL

No

Komponen Rancangan

 Pembelajaran dan Asesmen

Kondisi

Skor

Ada

Tidak

4

3

2

1

Capaian Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran

1

Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik

 

 

 

 

 

 

2

Alur tujuan pembelajaran dalam satu fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang linear dari awal hingga akhir fase

 

 

 

 

 

 

3

Alur tujuan pembelajaran pada keseluruhan fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang menggambarkan tahapan perkembangan kompetensi antarfase dan jenjang

 

 

 

 

 

 

Asesmen Diagnostik

4

Asesmen diagnostik pengetahuan peserta didik

 

 

 

 

 

 

5

Asesmen diagnostik karakteristik (latar belakang) peserta didik

 

 

 

 

 

 

Modul Ajar

6

Identitas penulis

 

 

 

 

 

 

7

Kompetensi awal

 

 

 

 

 

 

8

Profil pelajar pancasila

 

 

 

 

 

 

9

Sarana dan prasarana

 

 

 

 

 

 

10

Target peserta didik

 

 

 

 

 

 

11

Model pembelajaran yang digunakan

 

 

 

 

 

 

12

Tujuan pembelajaran

 

 

 

 

 

 

13

Asesmen

 

 

 

 

 

 

14

Pemahaman bermakna

 

 

 

 

 

 

15

Pertanyaan pemantik

 

 

 

 

 

 

16

Kegiatan pembelajaran

 

 

 

 

 

 

17

Refleksi peserta didik dan pendidik

 

 

 

 

 

 

18

Lembar kerja peserta didik

 

 

 

 

 

 

19

Pengayaan dan remedial

 

 

 

 

 

 

20

Bahan bacaan peserta didik dan pendidik

 

 

 

 

 

 

21

Glosarium

 

 

 

 

 

 

22

Daftar pustaka

 

 

 

 

 

 

Asesmen

23

Assessment of learning

 

 

 

 

 

 

24

Assessment as learning

 

 

 

 

 

 

25

Assessment for learning

 

 

 

 

 

 

Skor 1 : Jika komponen rancangan pembelajaran dan asesmen tidak ada

Skor 2 : Jika komponen rancangan pembelajaran dan asesmen ada namun kurang sesuai TaRL

Skor 3 : Jika komponen rancangan pembelajaran dan asesmen ada dan sesuai TaRL

No

Komponen Rancangan Pembelajaran dan Asesmen

Hasil Penelaahan dan Skor

Catatan

1

2

3

 

A.

Identitas Mata Pelajaran

Tidak ada

Kurang sesuai

Sudah

sesuai

 

1.

Terdapat:  satuan pendidikan,kelas, semester, program/program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran/subtema, dan jumlah pertemuan

 

 

 

 

B.

Perumusan Capaian Pembelajaran dan ATP

Tidak ada

Kurang sesuai

Sudah

sesuai

 

1.

Kesesuaian dengan Kompetensi Dasar

 

 

 

 

 

2.

Kesesuaian penggunaan kata kerja operasional dengan kompetensi yang diukur

 

 

 

 

3.

Kesesuaian rumusan dengan aspek pengetahuan.

 

 

 

 

4

Kesesuaian rumusan dengan aspek keterampilan

 

 

 

 

C.

Perumusan Tujuan Pembelajaran

Tidak ada

Kurang sesuai

Sudah

sesuai

 

1

Kesesuaian dengan Indikator

 

 

 

 

2

Kesesuaian perumusan dengan aspek Audience, Behaviour, Condition, dan Degree

 

 

 

 

D.

Pemilihan Materi Ajar

Tidak ada

Kurang sesuai

Sudah

sesuai

 

1.

Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran

 

 

 

 

2.

Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik

 

 

 

 

3

Keruntutan uraian materi ajar

 

 

 

 

E.

Pemilihan Sumber Belajar

Tidak ada

Kurang sesuai

Sudah

sesuai

 

1.

Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran

 

 

 

 

2.

Kesesuaian dengan materi pembelajaran

 

 

 

 

3

Kesesuaian dengan pendekatan TaRL

 

 

 

 

4.

Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik

 

 

 

 

F.

Pemilihan Media Belajar

Tidak ada

Kurang sesuai

Sudah

sesuai

 

1.

Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran

 

 

 

 

2.

Kesesuaian dengan materi pembelajaran

 

 

 

 

3.

Kesesuaian dengan pendekatan TaRL

 

 

 

 

4.

Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik

 

 

 

 

G.

Metode Pembelajaran

Tidak ada

Kurang sesuai

Sudah

sesuai

 

1.

Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran

 

 

 

 

2.

Kesesuaian dengan pendekatan TaRL

 

 

 

 

3.

Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik

 

 

 

 

H.

Skenario Pembelajaran

Tidak ada

Kurang sesuai

Sudah

sesuai

 

1.

Menampilkan kegiatan   pendahuluan, inti, dan penutup dengan jelas

 

 

 

 

2.

Kesesuaian kegiatan dengan pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan informasi, dan mengomunikasikan)

 

 

 

 

3

Kesesuaian dengan metode pembelajaran

 

 

 

 

4.

Kesesuaian kegiatan dengan   sistematika/keruntutan materi

 

 

 

 

5.

Kesesuaian alokasi waktu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup dengan cakupan materi

 

 

 

 

I.

Rancangan Penilaian Autentik

Tidak ada

Kurang sesuai

Sudah

sesuai

 

1

Kesesuaian bentuk, teknik dan instrumen dengan indikator pencapaian kompetensi

 

 

 

 

2.

Kesesuaian antara bentuk, teknik dan instrumen  penilaian sikap

 

 

 

 

3.

Kesesuaian antara bentuk, teknik dan instrumen  penilaian pengetahuan

 

 

 

 

4.

Kesesuaian antara bentuk, teknik dan instrumen  penilaian keterampilan

 

 

 

 

Jumlah skor

 

 

 

 

 

Selain melakukan telaah kuantitatif rancangan pembelajaran dan asesmen, mahasiswa juga dituntut untuk dapat melakukan telaah secara kuantitatif terhadap rancangan pembelajaran dan asesmen. Tabel berikut dapat dijadikan acuan minimal dalam melakukan telaah kualitatif dokumen rancangan pembelajaran dan asesmen dengan pendekatan TaRL.

 

No

Komponen/Aspek

Kelebihan

Kekurangan

Saran perbaikan

1

Capaian pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran

 

 

 

2

Asesmen diagnostik

 

 

 

3

Modul ajar

 

 

 

4

Asesmen

 

 

 

5

Aspek bahasa

 

 

 

6

Aspek tata letak

 

 

 

7

Aspek konstruksi (alur)

 

 

 

 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Prinsip dan Pengajaran dan Asesmen 2 Topik 2 02.02.b.3-T2-3-a Ruang Kolaborasi"

Post a Comment