Search This Blog

PPG Prajabatan Prinsip dan Pengajaran dan Asesmen 2 Topik 2 02.02.b.3-T2-7-a Aksi Nyata: Tugas 2.3 Refleksi dan Rencana Tindak Lanjut

 Susunlah refleksi dan rencana tindak lanjut yang telah Anda lakukan pada tahap Aksi Nyata. Anda dapat menyajikannya dalam bentuk makalah, infografis, atau slide presentasi.

Anda telah selesai mempelajari topik 2 yaitu Pendekatan Teaching at the Right Level pada Perencanaan Pengajaran dan Asesmen. Pengalaman belajar ini telah menjadikan Anda memahami praktik baik sehingga Anda dapat meningkatkan rancangan pembelajaran dan asesmen. Pada akhir tahap ini Anda diharapkan mampu melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah Anda lakukan.

  1. Apakah Anda telah mencapai ekspektasi keterampilan dan pengetahuan yang Anda harapkan di awal pembelajaran?
  2. Apakah hal-hal menarik yang Anda pelajari melalui pembelajaran topik ini?
  3. Hal apa yang telah berubah dari diri Anda dalam kaitannya melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan Teaching at the Right Level
  4. Setelah melaksanakan pembelajaran topik ini, apa hal penting yang menurut Anda harus dipelajari lebih lanjut?
Soal 1
  1. Apakah Anda telah mencapai ekspektasi keterampilan dan pengetahuan yang Anda harapkan di awal pembelajaran?
Your answer:

Saya berhasil memahami konsep-konsep baru dan menerapkannya dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sehingga merupakan langkah yang signifikan dalam pengembangan profesional saya sebagai seorang pendidik. Dengan demikian, saya telah meningkatkan kemampuan merancang pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna bagi peserta didik.

 
Soal 2
2. Apakah hal-hal menarik yang Anda pelajari melalui pembelajaran topik ini?
Your answer:

Melalui pembelajaran TarL (Teaching at the Right Level), saya menemukan berbagai hal menarik. Pertama-tama, pendekatan ini memungkinkan saya untuk fokus secara lebih intensif pada tingkat kemampuan aktual peserta didik, sehingga saya dapat menyampaikan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan adanya penyesuaian materi pembelajaran, saya dapat merancang pembelajaran yang lebih relevan dan mudah dipahami oleh peserta didik. Selain itu, saya juga menyaksikan peningkatan yang signifikan dalam pencapaian akademik peserta didik karena pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan mereka. Peserta didik juga terlibat secara aktif dalam pembelajaran karena mereka merasa materi yang diajarkan relevan dengan kemampuan mereka. Melalui proses ini, saya memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang kebutuhan dan kemampuan individu peserta didik, yang akan membantu saya merancang pembelajaran yang lebih efektif di masa mendatang.

 
Soal 3
3. Hal apa yang telah berubah dari diri Anda dalam kaitannya melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan Teaching at the Right Level
Your answer:

Perubahan yang signifikan dari diri saya dalam menerapkan pendekatan Teaching at the Right Level adalah dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Saya kini lebih memperhatikan secara cermat tingkat kemampuan dan kebutuhan peserta didik dalam merancang pengalaman pembelajaran yang efektif dan menarik bagi mereka. Dengan pendekatan ini, saya dapat lebih fleksibel dalam menyusun materi pembelajaran sesuai dengan tingkat pemahaman, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih terfokus dan efektif. Saya juga menjadi lebih sadar akan pentingnya penggunaan variasi metode dan strategi pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan beragam peserta didik di dalam kelas. Selain itu, saya juga lebih memperhatikan respons peserta didik terhadap pembelajaran, sehingga saya dapat melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal.

 
Soal 4
4. Setelah melaksanakan pembelajaran topik ini, apa hal penting yang menurut Anda harus dipelajari lebih lanjut?
Your answer:

Meskipun saya telah mempelajari konsep dasar tentang pendekatan Teaching at the Right Level, masih ada banyak hal yang dapat dipelajari lebih lanjut. Saya dapat memperdalam pemahaman tentang implementasi praktis dari pendekatan ini, mengeksplorasi studi kasus, dan menggali strategi yang lebih canggih untuk meningkatkan pembelajaran peserta didik.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Prinsip dan Pengajaran dan Asesmen 2 Topik 2 02.02.b.3-T2-7-a Aksi Nyata: Tugas 2.3 Refleksi dan Rencana Tindak Lanjut"

Post a Comment