Perspective taking (Visible Thinking Routine/Rutinitas Berpikir Terlihat): menuliskan visi dari sosok guru profesional.
Dari bacaan di atas secara individu, temukan visi sosok guru profesional. Refleksikan bagaimana Anda menemukan diri Anda sebagai figur seorang guru dengan menggunakan salah satu dari instrumen Visible Thinking Strategies (Strategi Pemikiran Terlihat) yaitu Perspective Taking (Pemerolehan Sudut Pandang). Refleksikan bagaimana Anda menemukan diri Anda sebagai figur seorang guru dengan menggunakan salah satu dari instrumen berikut.
- Visible Thinking Strategies (Strategi Pemikiran Terlihat)
- Perspective Taking (Pemerolehan Sudut Pandang).
Anda dapat melakukannya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. Pikirkan tentang siapa Anda dan kemudian tentang orang lain. Pertimbangkan bagaimana Anda menjadi diri Anda saat ini, di mana Anda berada dan apa artinya itu di dunia kita yang terus berubah.
“Siapa saya” sebagai …
“Hubungan”, hubungan saya dengan … Siapa lagi dan dengan apa lagi saya terhubung?...
“Identifikasi”, jika saya ingin dikenal orang, apa yang membuat saya dikenal orang? Apakah saya memiliki lebih dari satu identitas?
“Keberadaan”, Lingkungan seperti apa yang cocok dengan saya? Mungkinkah saya bisa diterima di lebih dari satu lingkungan kelompok atau komunitas?
Who am I as a teacher? (Siapakah saya sebagai seorang guru?)
Explore/Eksplorasi | Who am I? How has my identity developed?/“ “Siapa saya” sebagai … |
Connect/Hubungan | I am connected to … & Who else and what else am I connected to “Hubungan”, hubungan saya dengan … Siapa lagi dan dengan apa lagi saya terhubung?... |
Identify/Identifikasi | If I wanted others to know who I am, what would identify me? Do we have more than one identity? Jika saya ingin dikenal orang, apa ciri khas dari saya yang membuat saya dikenal orang? Apakah saya memiliki lebih dari satu identitas/peran? |
Belong/Keberadaan | Where do I think I belong? Do I have a sense of belonging to more than one group, more than one place? Lingkungan seperti apa yang cocok dengan saya? Mungkinkah saya bisa diterima di lebih dari satu lingkungan kelompok atau komunitas? |
Reflection/Refleksi: Consider how you have become who you are, where you belong and what that can mean in our changing world. Tuliskan bagaimana Anda menjadi diri Anda saat ini, di mana Anda berada dan apa artinya itu di dunia kita yang terus berubah. |
Contoh:
Who am I as a child? (Siapakah saya sebagai seorang anak?)
Pikirkan tentang siapa Anda dan kemudian tentang orang lain. Pertimbangkan bagaimana Anda menjadi diri Anda saat ini, di mana Anda berada dan apa artinya itu di dunia kita yang terus berubah.
Explore/Eksplorasi | Who am I? How has my identity developed?/“Siapa saya” sebagai … Identitas yang saya pilih adalah identitas sebagai seorang anak perempuan yang memiliki kemampuan beradaptasi cepat dengan lingkungan baru. Bagaimana saya bisa memiliki kemampuan tersebut, karena saya dibesarkan dalam lingkungan yang dinamis. Ibu saya memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan saya. Saya ingat beberapa kondisi yang membuat saya menjadi diri saya yang sekarang. Saya ingin menuliskan salah satunya … |
Connect/Hubungan | I am connected to … & Who else and what else am I connected to?/ Siapa lagi dan dengan apa lagi saya terhubung? Sebagai seorang anak saya terhubung dengan kuat pada Ibu saya karena menurut saya Ibu saya adalah seorang yang tangguh dan memberikan banyak inspirasi. Saya juga terhubung dengan kuat pada lingkungan teman-teman baik saya yang sudah seperti keluarga. Saya juga terhubung dengan tempat saya bekerja. |
Identify/Identifikasi | If I wanted others to know who I am, what would identify me? Do we have more than one identity?/ Jika saya ingin dikenal orang, apa yang membuat saya dikenal orang? Apakah saya memiliki lebih dari satu identitas? Jika saya ingin dikenal orang, saya ingin dikenal sebagai seorang anak perempuan yang dekat dengan Ibunya, berbakti pada Ibunya, dan ingin membahagiakan Ibunya. Orang lain akan melihat saya sebagai seorang anak yang selalu berusaha meluangkan waktu untuk ibunya. Selain sebagai seorang anak, saya juga memiliki peran sebagai seorang pekerja di suatu perusahaan. |
Belong/Keberadaan | Where do I think I belong? Do I have a sense of belonging to more than one group, more than one place?/Lingkungan seperti apa yang cocok dengan saya? Mungkinkah saya bisa diterima di lebih dari satu lingkungan kelompok atau komunitas? Saya merasa lingkungan tempat saya tinggal banyak menginspirasi saya bagaimana menjadi seorang anak yang berbakti kepada orang tua. Di lingkungan ini, saya dan Ibu saya sudah tinggal lebih dari 20 tahun. Tetangga-tetangga yang tinggal bersama kami memberikan banyak contoh pengasuhan anak dan contoh pengabdian kepada orang tua, Selain itu, saat ini saya bekerja di salah satu perusahaan. Saya dapat diterima dan dapat beradaptasi dengan baik. Tetapi lingkungan kerja selama 1 tahun berjalan masih belum sesuai dengan apa yang saya perlukan. Di lingkungan ini, masih dijumpai sebagian orang yang sering mengeluhkan mengenai pekerjaan mereka. Alih-alih memberi solusi, mereka hanya bisa berbicara negatif mengenai banyak hal, tanpa melakukan klarifikasi sudah langsung memberikan opini. Saya sedang memikirkan untuk mencari lingkungan kerja yang jauh lebih cocok untuk saya, dimana saya dapat memiliki rekan tim kerja yang positif, solid dan kreatif. |
Reflection/Refleksi: Consider how you have become who you are, where you belong and what that can mean in our changing world. Tuliskan bagaimana Anda menjadi diri Anda saat ini, di mana Anda berada dan apa artinya itu di dunia kita yang terus berubah. Saya adalah sosok seorang anak perempuan yang mandiri dan memiliki kemampuan yang baik dalam beradaptasi dengan cepat. Saya cepat belajar dan mau belajar dari banyak kesalahan yang saya lakukan. Saya merasa semakin baik setiap harinya untuk menjadi sosok anak yang bisa berbakti kepada Ibu yang saya cintai. Menurut saya, saat ini dengan berkiprahnya saya di tempat saya bekerja, saya merasa saya juga merupakan aset bangsa yang perlu dipertimbangkan dan sangat berharga. Tentunya dengan kebaikan dan semua skill yang saya miliki. |
Secara berkelompok kecil (3 orang dalam 1 kelompok), silakan melakukan sesi berbagi/sharing selama masing-masing 3 menit.
Belum ada tanggapan untuk "ppg prajabatan projek kepemimpinan Tugas 1.1 menuliskan visi dari sosok guru profesional."
Post a Comment