les privat SMP SMA mtk ipa fisika kimia biologi tes/kuliah PPG prajabatan tes PPPK 082257518802

Soal tes pppk di grup wa hari ke 15 dari rumpen

 Soal 1 Wawancara 


Bagaimana Anda mengedepankan pengembangan profesional Anda untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru di bidang Anda?


A. Rutin menghadiri seminar atau workshop terkait bidang saya.


B. Berlangganan jurnal atau publikasi industri untuk tetap update.


C. Membuat jaringan dengan profesional lain dalam bidang saya untuk berbagi pengetahuan dan wawasan.


D. Mengambil kursus atau sertifikasi yang relevan dengan perkembangan terbaru.

Soal 2 SJT 


Selama mengajar, Anda menyadari bahwa beberapa siswa tampaknya kesulitan memahami materi yang Anda sampaikan, sedangkan sebagian lainnya tampak mudah memahaminya dan cepat merasa bosan. Anda ingin menyesuaikan cara pengajaran Anda agar sesuai dengan kebutuhan semua siswa di kelas. Langkah apa yang akan Anda lakukan untuk memastikan semua siswa mendapatkan manfaat maksimal dari sesi pembelajaran?


A. Anda membagi kelas menjadi dua kelompok berdasarkan kemampuan mereka dan memberikan materi yang lebih mendalam kepada siswa yang lebih maju.


B. Anda memperlambat laju pengajaran dan memastikan bahwa setiap siswa memahami setiap bagian materi sebelum melanjutkan.


C. Anda menciptakan aktivitas berbasis proyek di mana setiap siswa dapat bekerja sesuai dengan kecepatan dan tingkat pemahaman mereka sendiri.


D..Anda terus mengajar dengan metode yang sama, berharap bahwa dengan berjalannya waktu, semua siswa akan mengejar ketertinggalan mereka.


E. Anda menyediakan materi tambahan dan sumber belajar bagi siswa yang membutuhkannya, sementara memberikan tantangan tambahan untuk siswa yang lebih maju.

Soal 3 Sosiokultural 

Di acara kantor, Anda melihat seorang kolega dari latar belakang etnis berbeda tampak dikeluarkan dari percakapan grup. Bagaimana Anda akan menghadapi situasi tersebut?

A. Mengajak kolega tersebut masuk ke dalam percakapan dan meminta pendapatnya tentang topik yang sedang dibahas.

B. Mengajaknya berbicara secara pribadi dan menanyakan apakah ia merasa nyaman atau ingin bergabung dengan grup lain.

C. Mengajukan  atau topik yang melibatkan keahliannya sehingga ia merasa dihargai.

D. Berbicara dengan anggota grup tentang pentingnya inklusivitas dan menghargai setiap anggota tim.
Soal 4 Sosiokultural 

Anda mengetahui bahwa seorang teman sekantor tidak mendapatkan promosi yang pantas hanya karena stereotip gender. Bagaimana Anda akan menangani situasi ini untuk mendorong keadilan di tempat kerja?

A. Mengajak teman sekantor tersebut berbicara dengan HR atau atasan tentang situasi tersebut..

B..Menggalang dukungan dari rekan-rekan lain untuk menunjukkan bahwa promosi harus didasarkan pada kualifikasi, bukan stereotip gender.

C. Memberikan dukungan moral kepada teman sekantor tersebut dan menyarankannya untuk terus menunjukkan kemampuannya.

D. Mengajak diskusi tim tentang pentingnya kesetaraan gender dan mempromosikan budaya kerja yang adil.
Soal 5 Manajerial 

Di tengah proyek besar, salah satu anggota tim utama Anda mengajukan pengunduran diri karena alasan pribadi. Maka yang akan Anda lakukan adalah ...

A. Membuat strategi redistribusi tugas dan tanggung jawab anggota tersebut kepada tim lainnya.

B. Mengadakan pertemuan dengan anggota tersebut untuk memahami situasinya dan mengeksplor kemungkinan solusi sebelum pengunduran diri.

C. Menyelenggarakan sesi pelatihan atau transfer pengetahuan dari anggota yang mengundurkan diri kepada tim lain.

D. Berkoordinasi dengan HR atau atasan untuk mencari pengganti atau sumber daya tambahan sesuai kebutuhan.
Soal 6 Manajerial 

Anda mengetahui bahwa ada anggota tim yang sering mengambil kredit atas pekerjaan orang lain, termasuk pekerjaan Anda sendiri. Maka yang akan Anda lakukan adalah ...

A. Memastikan semua pekerjaan dan kontribusi individu didokumentasikan dengan jelas untuk memastikan kredit diberikan dengan tepat.

C. Berbicara dengan atasan atau HR tentang situasi ini jika perilaku tersebut berlanjut.

C..Mendorong budaya tim yang transparan dan saling menghargai kontribusi setiap anggota.

D. Mengajak anggota tersebut berdiskusi secara pribadi untuk menyampaikan perasaan Anda dan meminta klarifikasi.
Pembahasan soal 1

A. Rutin menghadiri seminar atau workshop terkait bidang saya.
(Poin 3): Menghadiri seminar atau workshop adalah cara yang efektif untuk mendapatkan pengetahuan terbaru. Namun, ini mungkin hanya menawarkan informasi sporadis dan bukan pembaruan rutin.

B. Berlangganan jurnal atau publikasi industri untuk tetap update.
(Poin 2): Meskipun penting, hanya berlangganan jurnal mungkin tidak cukup karena hal ini tidak melibatkan interaksi langsung dengan pakar.

C. Membuat jaringan dengan profesional lain dalam bidang saya untuk berbagi pengetahuan dan wawasan.
(Poin 4): Jaringan memungkinkan pertukaran ide dan informasi secara langsung dengan rekan seprofesi, yang sangat berharga dalam pengembangan profesional.

D. Mengambil kursus atau sertifikasi yang relevan dengan perkembangan terbaru.
(Poin 1): Meskipun kursus dan sertifikasi penting, namun tanpa kombinasi strategi lainnya, mereka mungkin tidak cukup untuk pembaruan yang komprehensif.
Pembahasan soal 2

Skor untuk setiap opsi:
- A. 4
- B. 3
- C. 5
- D. 1
- E. 2
Pembahasan:
- Opsi A: Memisahkan siswa berdasarkan kemampuan dapat memastikan setiap kelompok mendapatkan materi sesuai kebutuhannya. Namun, ini mungkin tidak selalu praktis tergantung pada sumber daya dan ukuran kelas.
- Opsi B: Memperlambat laju pengajaran bisa bermanfaat bagi siswa yang kesulitan, tetapi ini bisa membuat siswa yang lebih cepat memahami materi merasa bosan dan tidak tertantang.
- Opsi C: Aktivitas berbasis proyek memungkinkan siswa untuk bekerja dengan kecepatan mereka sendiri dan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang materi. Ini memberi kesempatan bagi setiap siswa untuk berkembang sesuai dengan tingkat pemahaman dan kebutuhannya (diferensiasi pembelajaran).
- Opsi D: Mengharapkan semua siswa untuk menyesuaikan diri dengan metode pengajaran yang sama tanpa adaptasi tidak efektif dan bisa mengakibatkan kesenjangan pemahaman yang lebih besar.
- Opsi E: Meskipun menyediakan sumber tambahan adalah pendekatan yang baik, ini mungkin tidak mencukupi untuk menangani perbedaan kebutuhan belajar di kelas.
Dengan demikian, opsi yang paling direkomendasikan dalam menghadapi skenario ini adalah Opsi C.
Pembahasan soal 3 

A. Mengajak kolega tersebut masuk ke dalam percakapan dan meminta pendapatnya tentang topik yang sedang dibahas.
(Poin 4): Pendekatan ini sangat inklusif dan langsung. Dengan secara aktif melibatkan kolega dalam percakapan, Anda tidak hanya mendemonstrasikan rasa hormat kepada mereka tetapi juga mengirimkan pesan yang jelas kepada grup bahwa setiap orang harus diperlakukan dengan rasa hormat dan inklusivitas. Tindakan ini juga mendorong dialog dan keragaman pemikiran, yang sangat berharga dalam setiap diskusi.

B. Mengajaknya berbicara secara pribadi dan menanyakan apakah ia merasa nyaman atau ingin bergabung dengan grup lain.
(Poin 3): Meskipun pendekatan ini menunjukkan kepedulian, ia tidak langsung mengatasi eksklusivitas yang mungkin terjadi dalam grup. Namun, dengan berbicara secara pribadi, Anda memberikan kesempatan bagi kolega tersebut untuk berbicara tentang perasaannya dan mungkin memberikan wawasan tentang bagaimana situasi tersebut bisa diperbaiki.

C. Mengajukan atau topik yang melibatkan keahliannya sehingga ia merasa dihargai.
(Poin 2): Ini adalah cara yang baik untuk memastikan bahwa setiap anggota tim merasa dihargai dan inklusif. Namun, pendekatan ini memerlukan Anda untuk memiliki pengetahuan tentang latar belakang dan keahlian kolega Anda, dan mungkin tidak selalu praktis atau relevan tergantung pada topik diskusi.

D. Berbicara dengan anggota grup tentang pentingnya inklusivitas dan menghargai setiap anggota tim.
(Poin 1): Meski memiliki niat baik, pendekatan ini mungkin terlalu umum dan tidak langsung mengatasi masalah yang sedang terjadi. Namun, ini masih penting sebagai langkah pencegahan untuk situasi serupa di masa depan.
Pembahasan soal 4

A. Mengajak teman sekantor tersebut berbicara dengan HR atau atasan tentang situasi tersebut.
(Poin 3): Menghadap ke HR atau atasan adalah langkah yang tepat dalam menangani masalah diskriminasi. Namun, hal ini memerlukan keberanian dan mungkin memiliki risiko tertentu bagi teman Anda atau Anda sendiri, tergantung pada budaya organisasi.

B..Menggalang dukungan dari rekan-rekan lain untuk menunjukkan bahwa promosi harus didasarkan pada kualifikasi, bukan stereotip gender.
(Poin 4): Pendekatan kolektif ini dapat memiliki dampak yang signifikan. Dengan dukungan dari banyak orang, organisasi lebih mungkin untuk memperhatikan dan mengambil tindakan. Hal ini juga mengirim pesan kuat bahwa diskriminasi tidak dapat diterima.

C. Memberikan dukungan moral kepada teman sekantor tersebut dan menyarankannya untuk terus menunjukkan kemampuannya.
(Poin 2): Meski memberikan dukungan moral penting, pendekatan ini tidak secara aktif mengatasi masalah diskriminasi yang ada. Namun, dukungan moral dapat memberikan semangat bagi teman sekantor Anda untuk terus maju.

D. Mengajak diskusi tim tentang pentingnya kesetaraan gender dan mempromosikan budaya kerja yang adil.
(Poin 1): Mengedukasi tim adalah langkah awal yang baik, tetapi ini mungkin tidak memiliki dampak langsung pada situasi promosi yang tidak adil. Ini lebih pada pencegahan daripada solusi langsung.
Pembahasan soal 5

A. Membuat strategi redistribusi tugas dan tanggung jawab anggota tersebut kepada tim lainnya.
(Poin 3): Redistribusi tugas adalah tindakan praktis yang memastikan pekerjaan tetap berjalan meski tanpa anggota tersebut. Namun, itu hanya menangani dampak jangka pendek dari pengunduran diri.

B..Mengadakan pertemuan dengan anggota tersebut untuk memahami situasinya dan mengeksplor kemungkinan solusi sebelum pengunduran diri.
(Poin 4): Komunikasi langsung dengan anggota tersebut menunjukkan empati dan upaya untuk mempertahankan talenta yang berharga. Memahami alasan pengunduran diri dapat membantu dalam membuat keputusan lebih lanjut.

C. Menyelenggarakan sesi pelatihan atau transfer pengetahuan dari anggota yang mengundurkan diri kepada tim lain.
(Poin 2): Transfer pengetahuan adalah langkah penting, namun hal ini membutuhkan waktu dan mungkin tidak sepenuhnya mengkompensasi kehilangan keterampilan anggota tim tersebut.

D. Berkoordinasi dengan HR atau atasan untuk mencari pengganti atau sumber daya tambahan sesuai kebutuhan.
(Poin 1): Meskipun mencari pengganti adalah solusi jangka panjang, prosesnya bisa memakan waktu dan mungkin tidak langsung menangani tantangan jangka pendek yang dihadapi tim.
Pembahasan soal 6

A. Memastikan semua pekerjaan dan kontribusi individu didokumentasikan dengan jelas untuk memastikan kredit diberikan dengan tepat.
(Poin 3): Dokumentasi adalah alat yang berharga untuk mencegah kesalahpahaman dan memastikan kredit diberikan dengan tepat. Ini membantu dalam menjaga transparansi.

B. Berbicara dengan atasan atau HR tentang situasi ini jika perilaku tersebut berlanjut.
(Poin 2): Melibatkan pihak ketiga seperti HR atau atasan adalah langkah yang mungkin diperlukan jika komunikasi langsung tidak efektif, namun ini mungkin bisa menimbulkan ketegangan lebih lanjut dalam tim.

C. Mendorong budaya tim yang transparan dan saling menghargai kontribusi setiap anggota.
(Poin 1): Meskipun penting untuk mempromosikan budaya yang positif, ini adalah pendekatan jangka panjang dan mungkin tidak menyelesaikan masalah spesifik yang sedang dihadapi.

D. Mengajak anggota tersebut berdiskusi secara pribadi untuk menyampaikan perasaan Anda dan meminta klarifikasi.
(Poin 4): Mengatasi masalah secara langsung dengan komunikasi pribadi adalah pendekatan terbaik dalam banyak situasi. Ini memberikan kesempatan untuk klarifikasi dan pemahaman bersama.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Soal tes pppk di grup wa hari ke 15 dari rumpen"

Post a Comment