*Soal 1 Manajerial*
Bagaimana Anda merespons ketika seseorang menentang gagasan Anda dalam rapat?
A. Mendengarkan dengan cermat dan berusaha memahami perspektif mereka.
B. Menyajikan data atau fakta yang mendukung gagasan saya.
C. Menerima kritik dengan sikap terbuka dan mempertimbangkan feedback yang diberikan.
D. Mengajukan pertanyaan untuk memperjelas dan mendiskusikan alternatif solusi.
*SOAL 2 MANAJERIAL*
Bagaimana Anda menyikapi rekan kerja yang sering menunda-nunda pekerjaan?
A. Mengajaknya untuk berdiskusi dan mencari solusi bersama.
B. Menawarkan bantuan atau sumber daya tambahan
C. Membuat deadline yang jelas dan melakukan pengecekan berkala.
D. Memberikan feedback atau masukan mengenai dampak dari penundaan tersebut.
*SOAL 3 SOSIOKULTURAL*
Ketika diberi tugas baru yang belum saya ketahui, saya akan meminta bimbingan dan mencari sumber belajar tambahan.
A. Sangat sesuai
B. Sesuai
C. Tidak sesuai
D. Sangat tidak sesuai
*SOAL 4 SOSIOKULTURAL*
Jika saya melakukan kesalahan dalam pekerjaan, saya lebih memilih untuk menyalahkan kondisi atau orang lain daripada mengakui kesalahan saya.
A. Sangat sesuai
B. Sesuai
C. Tidak sesuai
D. Sangat tidak sesuai
*SOAL 5 WAWANCARA*
Ketika Anda mengetahui ada kesalahan dalam pekerjaan rekan kerja Anda sebagai pegawai PPPK, apa yang akan Anda lakukan?
A. Menginformasikan rekan kerja tersebut tentang kesalahan yang saya temukan.
B. Melaporkan kesalahan tersebut kepada atasan untuk mendapat saran lebih lanjut.
C. Menawarkan bantuan untuk memperbaiki kesalahan tersebut.
D. Mendiskusikannya dalam rapat tim agar bisa mendapatkan solusi bersama.
*SOAL 6 SJT*
_Skenario Gangguan di Kelas_
Selama Anda sedang mengajar di kelas, Anda perhatikan sekelompok siswa di pojok ruangan yang sibuk berbicara satu sama lain dan salah satu dari mereka tampak sibuk bermain ponsel. Tindakan mana yang Anda anggap paling efektif untuk mengatasi situasi tersebut?
A. Anda langsung menegur siswa tersebut dengan nada keras di depan kelas.
B. Anda menghentikan pelajaran sejenak dan memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan kembali.
C. Anda mendekati siswa tersebut dan bertanya dengan ramah apakah ada yang bisa Anda bantu atau apakah mereka memiliki kesulitan
dalam mengikuti materi.
D. Anda mengabaikan mereka dan melanjutkan pelajaran.
E. Anda menghukum siswa tersebut dengan memberikan tugas tambahan atau memanggil orang tua mereka.
PEMBAHASAN SOAL 1
A. Mendengarkan dengan cermat dan berusaha memahami perspektif mereka.
*(Poin 2)*:
Keterampilan mendengarkan aktif adalah penting dalam komunikasi namun Jawaban C lebih tepat karena seorang manajer yang baik tidak hanya mendengarkan (seperti dalam jawaban A), tetapi juga secara aktif menerima dan mempertimbangkan kritik untuk meningkatkan ide atau keputusan yang lebih baik.
B. Menyajikan data atau fakta yang mendukung gagasan saya. *(Poin 3)*:
Menyajikan data memvalidasi argumen Anda dan menunjukkan bahwa Anda telah melakukan riset sebelumnya.
C. Menerima kritik dengan sikap terbuka dan mempertimbangkan feedback yang diberikan. *(Poin 4)*:
_Pilihan Tepat karena Lebih mencerminkan sikap manajerial yang dewasa, di mana seseorang tidak hanya mendengarkan, tetapi juga bersedia menerima kritik secara objektif dan mempertimbangkannya dalam proses pengambilan keputusan.Ini menunjukkan kemampuan untuk berkembang dan tidak terpaku pada ego atau pendapat pribadi._
Dengan mempertimbangkan feedback, keputusan yang diambil bisa lebih matang dan komprehensif.
D. Mengajukan pertanyaan untuk memperjelas dan mendiskusikan alternatif solusi.
*(Poin 1):*
Mengajukan pertanyaan adalah langkah yang baik, tetapi tanpa tindak lanjut atau tindakan konkret, ini mungkin tidak seefektif mendengarkan atau menyajikan data.
*Jawaban Paling Tepat C*
*PEMBAHASAN SOAL 2*
A. Mengajaknya untuk berdiskusi dan mencari solusi bersama. *(Poin 4)*:
_Berdiskusi membantu memahami alasan di balik perilaku dan mencari solusi yang sesuai._
B. Menawarkan bantuan atau sumber daya tambahan. *(Poin 3):*
Memberikan dukungan bisa membantu mengatasi hambatan yang dihadapi rekan kerja.
C. Membuat deadline yang jelas dan melakukan pengecekanberkala. *(Poin 2):*
Deadline dan pengecekan memberikan struktur dan
akuntabilitas, tetapi bisa dirasakan sebagai tekanan.
D. Memberikan feedback atau masukan mengenai dampak dari penundaan tersebut. *(Poin 1):*
Feedback penting, namun tanpa tindakan konkret lainnya, mungkin tidak efektif sendirian
*Jawaban Paling Tepat A*
*PEMBAHASAN SOAL 3*
_Jawaban Terbaik: A. Sangat sesuai_
Urutan (Poin 4): – 3 – 2 – 1
Pembahasan: Jawaban ini menggambarkan seseorang yang proaktif dalam belajar dan terbuka untuk mencari bantuan saat menghadapi sesuatu yang baru atau tidak dikenal. Hal ini dianggap perilaku yang positif, terutama dalam konteks kerja atau belajar, karena menunjukkan kemauan untuk berkembang dan adaptasi.
*PEMBAHASAN SOAL 4*
_Jawaban Terbaik: D. Sangat tidak sesuai_
Urutan (Poin ): 1– 2 – 3 - 4
Pembahasan: Mengakui kesalahan adalah tanda dari integritas dan profesionalisme. Menyalahkan orang lain atau kondisi eksternal tanpa refleksi diri mungkin dapat menyebabkan seseorang tidak belajar dari kesalahan mereka. Oleh karena itu, jawaban yang menggambarkan sikap tidak menyalahkan orang lain adalah yang terbaik.
*PEMBAHASAN SOAL 5*
A. Menginformasikan rekan kerja tersebut tentang kesalahan yang saya temukan. *(Poin 4)*:
Menghadapi masalah dengan cara yang langsung dan
konstruktif adalah langkah yang paling tepat. Dengan
memberitahukan rekan kerja, Anda memberi kesempatan kepada mereka untuk memperbaiki kesalahan tersebut sebelum masalah
tersebut membesar.
B. Melaporkan kesalahan tersebut kepada atasan untuk mendapat saran lebih lanjut. *(Poin 2)* : Meskipun melaporkan kepada atasan bisa menjadi langkah yang diperlukan dalam situasi tertentu, sering kali lebih baik untuk mencoba menyelesaikan masalah dengan cara yang lebih langsung sebelum melibatkan pihak ketiga.
C. Menawarkan bantuan untuk memperbaiki kesalahan tersebut. *(Poin 3) :* Menunjukkan inisiatif dengan menawarkan bantuan menunjukkan keprihatinan dan kerja sama, tetapi lebih baik jika didahului dengan komunikasi langsung mengenai kesalahan yang Anda temukan.
D. Mendiskusikannya dalam rapat tim agar bisa mendapatkan solusi bersama.*(Poin 1)* : Mengangkat masalah pribadi di rapat tim bisa menjadi
counterproductive dan menimbulkan ketidaknyamanan jika tidak ditangani dengan sensitif.
*Jawaban Paling Tepat A*
*PEMBAHASAN SOAL 6*
Skor untuk setiap opsi:
- A. 3
- B. 4
- C. 5
- D. 1
- E. 2
Pembahasan:
- Opsi A: Meskipun tindakan langsung kadang-kadang dapat menghentikan gangguan, namun menegur siswa dengan nada keras di depan kelas bisa menyebabkan malu dan perasaan tersinggung yang mungkin tidak efektif dalam jangka panjang dan bisa merusak hubungan antara guru dan siswa.
- Opsi B: Memberikan kesempatan istirahat bisa menjadi strategi yang baik, karena bisa jadi siswa merasa bosan atau lelah. Dengan istirahat sebentar, energi mereka bisa kembali dan lebih fokus pada pelajaran. Namun, hal ini bisa jadi tidak menyelesaikan masalah gangguan secara langsung.
- Opsi C: Mendekat dan berkomunikasi dengan siswa dengan cara yang positif dan konstruktif adalah pendekatan yang paling efektif. Hal ini memungkinkan Anda untuk memahami apa yang mendasari perilaku mereka dan memberikan bantuan atau dukungan yang mungkin mereka butuhkan.
- Opsi D: Mengabaikan gangguan mungkin tidak menyelesaikan masalah dan bisa mendorong perilaku semacam itu terus berlanjut di masa depan.
- Opsi E: Meskipun hukuman mungkin tampak sebagai solusi jangka pendek untuk gangguan, namun hukuman tanpa memahami konteks dan alasan di balik perilaku tersebut sering kali tidak efektif dalam jangka panjang dan bisa merusak hubungan antara guru dan siswa.
Dengan demikian, opsi yang paling direkomendasikan dalam menghadapi skenario ini adalah *Opsi C*.
Belum ada tanggapan untuk "Soal tes pppk di grup wa hari ke 4 dari rumpen"
Post a Comment