les privat SMP SMA mtk ipa fisika kimia biologi tes/kuliah PPG prajabatan tes PPPK 082257518802

catatan penting sjt

1. disleksia - visual,audio
2. adhd - gerakan fisik untuk membuang energi berlebih
3. kalau bingung jawab aja - proyek - meskipun masih sd
4. dukungan akademik dan emosional sma - konseling reguler
5. berpikir kritis – proyek
6. motivasi berbasis pemahaman – peer to peer
7. tujuan pembelajaran – yang spesifik
8. pemahaman eksperimen sains – demonstrasi langkah demi langkah
9. pemahaman instruksi bagi siswa autis – instruksi langkah demi langkah
10. siswa gangguan pendengaran – alat bantu dengar
11. meningkatkan komunikasi dalam pengajaran – audio dan visual
12. mengajarkan dasar dasar komunikasi efektif – workshop
13. mendengarkan aktif – mendengarkan kemudian merangkum (mendengarkan reflektif)
14. aturan kelas – siswa yang membuat aturan kelas
15. kebiasaan baik  dan disiplin– jadwal harian dan checklist tugas harian
16. refleksi pembelajaran – refleksi harian (semakin sering semakin bagus)
17. evaluasi guru – feedback anonim dari siswa
18. menghubungkan pengetahuan deklaratif dan prosedural – pbl
19. menghubungkan teori dan praktik dalam sains – eksperimen di lab
20. meningkatkan retensi memori jangka panjang – pengulangan terus menerus (repetition)
21. penyajian materi untuk retensi – membagi menjadi segmen kecil
22. teknik asesmen menyeluruh – portofolio
23. sistem penilaian yang adil – diferensiasi penilaian atau rubrik yang jelas
24. asaesmen as learning – reflektif atau review
25. penilaian sebagai proses pembelajaran – formatif
26. mengkomunikasikan hasil asesmen – visualisasi data
27. umpan balik konstruktif – tertulis spesifik
28. umpan balik motivasi – saran konkret
29. umpan balik pemahaman – integrasi dalam pembelajaran
30. remedial yang efektif – kelompok kecil
31. pengayaan – proyek penelitian
32. remedial menarik – master class
33. pembelajaran menarik dan interaktif – proyek
34. kelas beragam – diferensiasi
35. pembelajaran kontekstual materi abstrak – eksperimen / praktik
36. flip classrom – pertanyaan ditengah video
37. proyek – pandian yang jelas
38. pembelajaran berbasis pengalaman – eksperimen
39. analisis – pbl
40. kritis – proyek
41. analisis kasus dan pemikiran kritis – diskusi terstruktur
42. motivasi intrinsik – challenge based learning atau kalau gak ada proyek gpp
43. motivasi belajar – konsep sullit dikaitkan dengan minat siswa
44. kepercayaan diri siswa – tantangan bertahap dari kecil dulu
45. pembelajaran bermakna – berbasis pengalaman / experiential learning
46. kebiasaan belajar terstruktur – memecah menjadi bagian kecil harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu
47. meningkatkan fokus siswa – teknik cueing (mengingatkan siswa agar kembali fokus dengan istilah verbal)
48. reward tanpa mengurangi motivasi intrinsik – reward menjadi pengalaman bermakna (mengajar teman sebaya/memimpin proyek)
49. reinforcement – siswa membuat peraturan kelas
50. ausubel – pertanyaan eksploratif atau opsi ke dua yaitu mengaitkan dengan contoh nyata atau dalam kasus lain jawabannya studi kasus
51. gagne – langakh demi langkah
52. operasional konkret – benda nyata
53. operasional formal – debat kalau opsi lain studi kasus
54. metakognitif – refleksi diri menggunakan jurnal belajar opsi lain menggunakan checklist (siswa bisa manajemen dirinya sendiri)
55. pbl/pbm – simulasi
56. konstruktivis – debat
57. menegakkan standar profesionalitaas guru – menetapkan kode etik atau opsi lain workshop
58. nilai keadilan ketika guru berunteraksid dengan siswa – pelatihan mengajar keberagaman
59. guru mengembangkan diri – ptk atau opsi lain join komunitas profesional
60. guru membagi waktu – menyusun jadwal mingguan
61. menjadi kepsek – memimpin proyek sekolah atau opsi lain ikut workshop
62. transisi karir – mencoba peran baru secara bertahap atau opsi lain mengembangkan keterampilan baru
63. kesadaran hak cipta – workshop
64. mendorong guru membuat soal autentik – worksop
65. membangun lingkungan yang ramah bagi siswa untuk bertanya – memberikan respon positif pada setiap pertanyaan
66. menciptakan interaksi yang adil – kelompok kecil atau opsi lain rotasi
67. meningkatkan keterlibatan siswa – proyek atau studi kasus
68. bully – membentuk tim kusus
69. keamaan sekolah – inspeksi rutin
70. keterampilan guru salam mediasi konflik – workshop
71. inklusif – kooperatif learning atau opsi l ain mengintegrasikan budaya
72. siswa memiliki kesempatan yang sama  - diferensial
73. siswa berkebutuhakn khusus – iep
74. sistem reward – poin
75. siswa rumahnya jauh – antar jemput
76. pengajaran lebih variatif – active learning
77. manfaat teknologi meningkatkan keterlibatan siswa – aplikasi edukasi interaktif
78. partisipasi siswa – pembagian peran
79. lingkungan diskusi yang aman dan nyaman – menetapkan aturan
80. nilai kerja sama dalam persaingan akademik – proyek
81. menyeimbangkan persaingan dan dukungan kelas – asesmen formatif
82. membantu siswa mengelola stress dan kecemasan saat ujian – simulasi ujian
83. sesi tanya jawab interaktif – peer teaching
84. menghargai guru di kelas – kesepakatan kelas tentnag etika
85. budaya komunikasi yang menghormati di kelas – guru menjadi contoh
86. meningkatkan kemandirian siswa - inquiry

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "catatan penting sjt"

Post a Comment