Soal 1: Manajerial
Bagaimana Anda merespons jika rekan kerja Anda cenderung menunda-nunda pekerjaan dengan alasan kompleksitas tugas?
A. Membantu dia memahami tugas dan menawarkan dukungan jika diperlukan.
B. Mengkomunikasikan pentingnya penyelesaian tugas tepat waktu kepadanya.
C. Membuat rencana kerja bersama untuk memecah tugas menjadi bagian yang lebih kecil dan mudah dikelola.
D. Melaporkannya ke atasan agar mendapat bimbingan lebih lanjut.
Soal 2: Sosialkultural
Anda diberi tugas untuk berkolaborasi dengan seorang kolega yang berasal dari departemen yang berbeda dan memiliki jargon tersendiri. Bagaimana Anda akan memastikan kedua pihak saling memahami dan berkomunikasi dengan efektif?
A. Membuat daftar glosarium yang berisi jargon-jargon dari kedua departemen dan membagikannya kepada kedua pihak.
B. Selalu mengajukan klarifikasi jika ada istilah atau konsep yang tidak dimengerti.
C. Mengusulkan penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti selama komunikasi.
D. Mengadakan sesi orientasi di mana masing-masing pihak dapat menjelaskan latar belakang kerja dan terminologi yang mereka gunakan.
Soal 3: Wawancara
Anda mendapati adanya kesenjangan antara prosedur yang ditetapkan dan praktik yang dilakukan. Apa tindakan Anda untuk mengatasi hal ini?
A. Menganjurkan pelatihan atau sesi informasi untuk menyelaraskan praktik dengan prosedur.
B. Memberikan saran perbaikan atau penyesuaian pada prosedur jika diperlukan.
C. Mengidentifikasi penyebab kesenjangan dan berdiskusi dengan tim atau atasan.
D. Memantau dan mengevaluasi praktik untuk memastikan kesesuaian dengan prosedur yang adA.
Soal 4:SJT
Dalam proses pengajaran Anda, Anda menyadari bahwa Andi, salah satu siswa di kelas Anda, tampak kesulitan mengikuti materi pembelajaran. Dari observasi Anda, Andi sering kali tampak bingung dan tertinggal dibandingkan siswa lainnya. Anda ingin membantu Andi tanpa mengabaikan kebutuhan siswa lain di kelas. Tindakan mana yang Anda anggap paling efektif untuk situasi ini?
A. Anda memfokuskan seluruh waktu dan perhatian Anda hanya pada Andi selama pelajaran.
B. Anda meningkatkan kecepatan pengajaran dengan harapan Andi akan berusaha lebih keras untuk mengikuti.
C. Anda menyisihkan waktu sejenak setelah pelajaran atau saat istirahat untuk memberikan tambahan penjelasan kepada Andi.
D.Anda mengatur kelompok belajar dimana siswa yang memahami materi dengan baik membantu mereka yang kesulitan.
E. Anda memberikan tugas tambahan hanya kepada Andi dengan harapan dia akan mengerti dengan lebih banyak latihan.
PEMBAHASAN SOAL 1
A. Membantu dia memahami tugas dan menawarkan dukungan jika diperlukan.
(Poin 3): Ini menunjukkan empati dan kerjasama.
B. Mengkomunikasikan pentingnya penyelesaian tugas tepat waktu kepadanya.
(Poin 2): Ini penting, tetapi tanpa dukungan tambahan, mungkin tidak cukup membantu.
C. Membuat rencana kerja bersama untuk memecah tugas menjadi bagian yang lebih kecil dan mudah dikelola.
(Poin 4): Solusi praktis yang membantu rekan kerja mengatasi rintangan.
D. Melaporkannya ke atasan agar mendapat bimbingan lebih lanjut.
(Poin 1): Mungkin diperlukan dalam beberapa situasi, tetapi bisa dilihat sebagai tindakan yang kurang mendukung.
PEMBAHASAN SOAL 2
A. Membuat daftar glosarium yang berisi jargon-jargon dari kedua departemen dan membagikannya kepada kedua pihak.
(Poin 3): Glosarium dapat membantu mengklarifikasi istilah, tetapi mungkin tidak mencakup semua terminologi atau nuansa.
B. Selalu mengajukan klarifikasi jika ada istilah atau konsep yang tidak dimengerti.
(Poin 2): Ini membantu dalam komunikasi sehari-hari, namun bergantung pada inisiatif individu untuk bertanya.
C. Mengusulkan penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti selama komunikasi.
(Poin 1): Meskipun ide ini baik, terkadang penggunaan jargon spesifik adalah penting dan tak terhindarkan dalam komunikasi teknis atau spesifik.
D. Mengadakan sesi orientasi di mana masing-masing pihak dapat menjelaskan latar belakang kerja dan terminologi yang mereka gunakan.
(Poin 4): Langkah ini memungkinkan kedua pihak untuk memahami konteks dan jargon masing-masing, memfasilitasi komunikasi yang lebih efektif.
PEMBAHASAN SOAL 3
A. Menganjurkan pelatihan atau sesi informasi untuk menyelaraskan praktik dengan prosedur.
(Poin 3): Pelatihan dapat membantu dalam penyelarasan praktik dengan prosedur yang ada.
B. Memberikan saran perbaikan atau penyesuaian pada prosedur jika diperlukan.
(Poin 2): Meskipun penyesuaian mungkin diperlukan, perlu diingat bahwa prosedur mungkin sudah didasari alasan tertentu.
C. Mengidentifikasi penyebab kesenjangan dan berdiskusi dengan tim atau atasan.
(Poin 4): Mengidentifikasi penyebab adalah langkah awal untuk mengatasi perbedaan antara prosedur dan praktik.
D. Memantau dan mengevaluasi praktik untuk memastikan kesesuaian dengan prosedur yang adA.
(Poin 1): Meskipun pemantauan penting, tanpa langkah-langkah awal, proses ini mungkin kurang efektif.
PEMBAHASAN SOAL 4
Skor untuk setiap opsi:
- A. 2
- B. 1
- C. 4
- D. 5
- E. 3
Pembahasan:
- Opsi A: Meskipun membantu Andi penting, namun memfokuskan seluruh perhatian hanya kepadanya selama pelajaran dapat mengabaikan kebutuhan siswa lain dan tidak menciptakan lingkungan belajar yang seimbang.
- Opsi B: Meningkatkan kecepatan pengajaran justru bisa membuat Andi semakin kesulitan mengikuti dan tertinggal. Pendekatan ini kurang mempertimbangkan kebutuhan individual siswa.
- Opsi C: Menyisihkan waktu khusus untuk Andi menunjukkan bahwa Anda peduli terhadap kesulitannya tanpa mengorbankan waktu belajar siswa lain. Ini adalah pendekatan yang seimbang dan efektif.
- Opsi D: Kelompok belajar dapat membantu Andi karena dia mendapatkan bantuan tambahan dari teman sekelasnya. Ini juga mengembangkan kerja sama di antara siswa dan memanfaatkan kekuatan peer learning.
Meskipun pilihan C juga baik karena memberikan perhatian khusus kepada Andi, pendekatan individual seperti ini bisa menghabiskan waktu tambahan guru dan tidak melibatkan siswa lain dalam proses pembelajaran. D lebih efektif karena menciptakan lingkungan belajar yang saling mendukung tanpa mengorbankan keseimbangan pengajaran untuk seluruh kelas.
- Opsi E: Meskipun latihan dapat membantu, namun memberikan tugas tambahan hanya kepada Andi mungkin membuatnya merasa tertargetkan atau terbebani.
Dengan demikian, opsi yang paling direkomendasikan dalam menghadapi skenario ini adalah Opsi D
Belum ada tanggapan untuk "Soal tes pppk di grup wa hari ke 19 dari rumpen"
Post a Comment