kesulitan mengerjakan tugas? saya siap membantu, silahkan wa 082257518802

Tes Pedagogi Guru




Tes Pedagogi Guru
Question 1
Di akhir pembelajaran seorang guru selalu dituntut untuk mengadakan evaluasi hasil pembelajaran melalui penilaian. Jenis evaluasi yang perlu dipertimbangkan seorang guru yang mengajar di beragam kelas regular dan kelas excellent dengan beragam kasus jenis kelas, karakteristik peserta didik, gaya belajar peserta didik, multiple intellegences, serta tingkat kognitif peserta didik adalah melalui penyusunan jenis instrument dengan kisi-kisi yg berisi butir indikator yang terbagi kedalam kriteria penilaian beragam. Contoh kasus tersebut bisa disimpulkan sebagai penilaian ....

a. Penilaian Autentik
b. Penilaian Formatif
c. Penilaian Acuan Norma
Selected: d. Penilaian Acuan Kriteria This answer is correct.
e. Penilaian Sumatif


Question 2
Mengenal karakteristik peserta didik sebelum merancang pembelajaran adalah tugas awal guru. Berikut termasuk karakteristik peserta didik yang dapat dikenali guru, kecuali ….

a. kecerdasan
Selected: b. pekerjaan orang tua This answer is correct.
c. motivasi
d. minat
e. bakat


Question 3
Berikut ini merupakan pernyataan yang benar mengenai aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek keterampilan…

a. Aspek pengetahuan ialah mempertemukan perbedaan nilai sehingga terbentuk nilai baru yang lebih universal; Aspek sikap berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk membuat pertimbangan terhadap suatu situasi; Aspek keterampilan berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk merinci dan menguraikan suatu bahan atau keadaan.
Selected: b. Aspek pengetahuan merupakan kemampuan intelektual peserta didik dalam berpikir, mengetahui, dan memecahkan masalah; Aspek sikap merupakan aspek yang berkaitan dengan sikap, emosi, nilai hidup, dan operasiasi peserta didik; Aspek keterampilan merupakan kemampuan yang menyangkut kegiatan otot dan fisik. This answer is correct.
c. Aspek pengetahuan telihat ketika peserta didik mampu bersikap disiplin di sekolah; Aspek sikap merupakan kelanjutan dari aspek pengetahuan dan keterampilan; Aspek keterampilan merupakan kelanjutan dari aspek pengetahuan dan sikap.
d. Aspek pengetahuan berkaitan dengan kemampuan bertindak individu; Aspek sikap merupakan aspek yang berkaitan dengan ingatan atau pengetahuan dan kemampuan intelektual serta keterampilan-keterampilan; Aspek keterampilan berkaitan dengan kesanggupan seseorang untuk menerapkan atau menggunakan ide-ide umum.
e. Aspek pengetahuan berkaitan dengan kemampuan bertindak individu; Aspek sikap berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk membuat pertimbangan terhadap suatu situasi; Aspek keterampilan berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk merinci dan menguraikan suatu bahan atau keadaan.


Question 4
Guru membuat daftar pertanyaan saat penilaian peserta didik sesuai karakteristik mata pelajaran. Berdasarkan hal tersebut daftar pertanyaan dalam teknik penilaian yang dibuat oleh guru merupakan bentuk instrumen ...

a. Portofolio
b. Jurnal
c. Tes tertulis
Selected: d. Tes lisan This answer is correct.
e. Tes kinerja

Tes Pedagogi Guru
Question 5
Sebutkan 4 langkah dalam pengembangan Kurikulum!

a. Pengembangan, Implementasi, Merumuskan Evaluasi, dan Refleksi
b. Perencanaan, Memilih Kegiatan, Penerapan, Pengembangan
c. Perencanaan, Menentukan Isi, Pengembangan, dan Evaluasi
Selected: d. Perencanaan, Menentukan Isi, Memilih Kegiatan, dan Evaluasi This answer is correct.
e. Pengembangan, Implementasi, Menentukan Isi, dan Evaluasi

Question 6
Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut ….

a. RPP disusun setiap pertemuan, silabus disusun setiap tahun
Selected: b. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar This answer is correct.
c. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
d. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satuan pendidikan.
e. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

Question 7
Menurut Piaget, anak usia 9 tahun berada pada tahap ….

a. praoperasional
b. sensori motor
c. operasional formal
d. operasional semiformal
Selected: e. operasional konkret This answer is correct.

Question 8
Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali ...

a. Guru kreatif
b. Sharing dengan teman
Selected: c. Menggunakan satu sumber This answer is correct.
d. Pengalaman nyata
e. Berpusat pada guru

Question 9
Dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran, seorang Guru harus mempertimbangkan 4 hal, yaitu ….

a. Audience, Blending, Complex, Degree
b. Audience, Blending, Correlation, Degree
Selected: c. Audience, Behaviour, Condition, Degreec This answer is correct.
d. Audience, Behaviour, Communication, Degree
e. Audience, Behavior, Completion, Degree

Question 10
Seorang guru harus mampu mengidentifikasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik sejak dini hal itu perlu dilakukan ....

a. agar guru mampu mengajarkan materi dengan sesuai.
b. agar guru dapat menyusun perangkat dengan tepat.
c. agar guru dapat menyiapkan alat penilaian yang sesuai.
d. agar proses belajar-mengajar dapat berjalan dengan baik.
Selected: e. agar bantuan yang diberikan segera mengatasi kesulitan belajar peserta didik. This answer is correct.

Question 11
Apa yang sebaiknya dilakukan seorang guru sebelum memulai pembelajaran?

a. Menata hati dan jiwa untuk mengabdi sebagai seorang da'i
b. Meluruskan niat
c. Menata jiwa dan raga untuk siap memberikan yang terbaik bagi peserta didik.
Selected: d. Bersiap diri baik jiwa maupun raga, karena meyakini pendidikan bukan hanya soal transfer materi namun juga transfer nilai This answer is correct.
e. Berwudhu

Question 12
Pada saat proses penyusunan RPP dan materi pembelajaran, idealnya para pendidik bertangungjawa dalam mengembangkannya berdasarkan karakteristik peserta didik dengan mengidentifikasi kebutuhan, keinginan, dan kelemahan peserta didiknya. Selain mempertimbangkan jenis kurikulum, kondisi dan kebutuhan sekolah, dan ketersediaan pengajar. Proses seperti ini disebut ....

a. Asesmen terukur
Selected: b. Analisis kebutuhan This answer is correct.
c. Analisis keperluan
d. Penilaian kriteria
e. Analisis karakter

Question 13
Seorang guru dapat … pada saat peserta didik kesulitan untuk memahami pelajaran yang sedang diajarkan.

a. memberikan pertanyaan
b. memberikan tugas agar peserta didik mempelajari materi yang belum dipahami
c. memberikan buku materi kepada peserta didik untuk dipelajari
d. mengulang pelajaran yang telah disampaikan
Selected: e. membantu peserta didik yang mengalami kesulitan This answer is correct.

Question 14
Berikut ini adalah cara guru mengetahui kemampuan awal peserta didik, kecuali ….

a. Pretest
b. Kuesioner
c. Wawancara
Selected: d. Posttest This answer is correct.
e. Observasi

Question 15
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan ….

a. Silabus
b. Silabus dan RPP
c. Kurikulum
Selected: d. RPP This answer is correct.
e. SKL

Question 16
Dalam penyusunan RPP, tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan acuan dari ....

a. Kompetensi Dasar
b. Sturktur Kurikulum
c. Kompetensi Inti
Selected: d. Indikator This answer is correct.
e. Silabus

Question 17
Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.

Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah ….

a. Menampilkan objek yang terlalu besar
b. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
Selected: c. Membuat konkrit konsep yang abstrak This answer is correct.
d. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar
e. Mereduksi menjadi objek dan dapat dilihat/dipahami

Question 18
Iqbal sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran Teks Eksposisi berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Tes Pedagogi Guru
Pengertian google dalam istilah internet tersebut adalah….

a. program mencari informasi
b. program mencari data
Selected: c. program untuk menjelajahi laman This answer is correct.
d. program desktop publishing
e. program penciptaan laman

Question 19
Di awal pembelajarannya, bu Maryam merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Langkah yang dilakukan Bu Maryam itu merupakan bagian dari pendekatan pembelajaran….

a. autentik
Selected: b. saintifik This answer is correct.
c. open-ended
d. konstruktivis
e. penemuan

Question 20
Apa yang dimaksud sumber belajar?

a. Sesuatu yang dapa mengantarkan pesan dari pengirim ke penerima
b. Semua pengalaman belajar yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik
c. Yang digunakan pendidik dalam menyampaikan bahan pendidik atau pengajaran
d. Hal yang dapat menjadikan pembelajaran menjadi bermakna dan tuntas
Selected: e. Segala sesuatu yang dapat menghasilkan pesan sebagai bahan/objek kajian dalam pembelajaran This answer is correct.

Question 21
Apa tujuan seorang guru memahami berbagai teori belajar?

Selected: a. Untuk mengetahui apa yang terjadi dan diharapkan pada intelektual peserta didik This answer is correct.
b. Agar dapat mengajar dengan maksimal
c. Agar tercipta hubungan baik guru dengan peserta didik
d. Agar murid memiliki cara belajar yang baik
e. Agar memudahkan guru dalam belajar

Question 22
Penilaian hasil belajar merupakan bagian ... dalam proses pembelajaran

a. Integrasi
b. Intervensi
c. Interval
d. Interpersonal
Selected: e. Integral This answer is correct.

Question 23
Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik meliputi aspek …

a. psikomotor, kognitif, minat
b. kepribadian, kognitif, afektif
c. afektif, kognitif, mental
d. kognitif, kepribadian, psikomotor
Selected: e. kognitif, psikomotor, afektif This answer is correct.

Question 24
Penutup undangan dari surat resmi yang tepat dengan memerhatikan keefektifan kalimat ialah ....

a. Demikian undangan kami, atas kehadirannya kami ucapkan terima kasih.
Selected: b. Atas perhatian dan kehadiran Saudara, kami mengucapkan terima kasih. This answer is correct.
c. Demikian undangan kami, tak lupa kami sampaikan terima kasih.
d. Demikian undangan kami, terima kasih kami ucapkan atas kehadirannya.
e. Atas perhatian dan kehadiran Saudara, diucapkan terima kasih.

Question 25
Menurut standar nasional pendidikan, luas ruangan praktikum per peserta didik adalah ....

a. 1,25 m²
Selected: b. 2,5 m² This answer is correct.
c. 2 m²
d. 1,5 m²
e. 2,25 m²
Tes Pedagogi Guru

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tes Pedagogi Guru"

Post a Comment