Search This Blog

tes pedagogi ukg dan jawabannya 2020





tes pedagogi ukg dan jawabannya 2020 Menurut W. James Popham dan Eva L. Baker (2005), cara pandang dan keyakinan guru mengenai apa yang penting dan seharusnya diajarkan kepada peserta didik serta bagaimana cara membelajarkannya merupakan kriteria dalam pemilihan tujuan pembelajaran yang disebut sebagai….
a. Preferensi nilai guru
b. Teacher-centeredness
c. Psikomotorik
d. Analisis taksonomi
e. Student-centered

Seorang anak memiliki pengalaman dengan burung kenari yang berukuran kecil, berwarna kuning, dan mencicit. Suatu ketika ia bertemu dengan seekor burung unta. Anak tersebut melakukan modifikasi skema yang ia miliki sebelumnya tentang burung untuk memasukkan jenis burung yang baru. Proses ini dinamakan ….

a. disequlibrasi
b. asimilasi
c. equilibrasi
d. miskonsepsi
e. akomodasi

Pada suatu kondisi, seorang peserta didik telah mampu merinci dan menguraikan suatu bahan atau keadaan menurut bagian-bagian yang lebih kecil dan mampu memahami hubungan diantara bagian-bagian atau faktor-faktor yang satu dengan faktor yang lain. Selain itu, peserta didik juga mampu menilai konsep atau fenomena, yaitu baik dan buruk. Aspek yang dinilai oleh guru sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah….

a. pengetahuan (mengorganisasi) dan sikap (menanggapi)
b. pengetahuan (analisis) dan sikap (menilai/menghargai)
c. pengetahuan (evaluasi) dan sikap (menanggapi)
d. pengetahuan (analisis) dan sikap (karakterisasi)
e. pengetahuan (evaluasi) dan sikap (karakterisasi)

Peserta didik di era digital dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak sebagai media peralatan interaktif. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut....
a. Alternative tolls
b. Situational tolls
c. Independent tools
d. Interative tolls
e. Interating with others

Dalam asesmen hasil belajar peserta didik, hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut, kecuali ....
a. Pencapaian kompetensi ditujukan untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik.
b. Remidi dilakukan jika hasil peserta didik belum mencapai KKM
c. Program remidi dan pengayaan menjadi bentuk tindak lanjut terhadap capaian hasil belajar peserta didik
d. Kegiatan pembelajaran disesuaikan kemampuan peserta didik
e. Penetapan KKM menjadi acuan kriteria peserta didik

Bu Rizki menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang sudah dikenal peserta didik kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Riski mengikuti pola....
a. Kontesktual
b. Kronologis
c. Inquiri
d. Kausal
e. Spiral

tes pedagogi ukg dan jawabannya   Memiliki kompetensi berkomunikasi dengan mengenali beragam jenis teks yang berbeda seperti teks laporan, teks deskripsi, teks persuasif, teks narasi serta penggunaanya sesuai dengan konteks adalah kompetensi pengetahuan dari K13 yang harus dimiliki setiap peserta didik baik secara lisan maupun tertulis. Menurut Anda, pendekatan apa yang sesuai untuk mengajarkan materi tersebut ....
a. Communicative Approach
b. Contextual Teaching and Learning Approach
c. Deductive Approach
d. Saintific approach
e. Genre-Based Approach

Jika seorang guru ingin mengembangkan butir soal tentang jenis teks report atau teks laporan ilmiah mengenai kelebihan dan kelemahan pembelajaran selama Work From Home (WFH) karena covid-19, dengan dimensi kognitif tingkat 4 yaitu evaluasi, maka rumusan indikator yang sesuai adalah....
a. Mengidentifikasi tujuan, struktur general, dan fitur kebahasaan teks report mengenai dampak WFH dalam konteks pembelajaran.
b. Menyebutkan tujuan, struktur general, dan fitur kebahasaan teks report mengenai dampak WFH dalam konteks pembelajaran.
c. Mengkritisi dampak WFH dalam proses pembelajaran dan menyusun berdasarkan fitur linguistik teks report.
d. Mengkonstruksi kelebihan dan kelemahan WFH dalam proses pembelajaran dalam bentuk laporan berdasarkan fitur linguitik teks report.
e. Mengklasifikasikan kelebihan dan kelemahan WFH dalam proses pembelajaran untuk menentukan penyusunan isi laporan berdasarkan fitur linguitik teks report.

Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk melakukan kegiatan mengukur luas rumah masing masing. Tugas yang diberikan guru tersebut dalam Teori Bruner merupakan ....
a. Tahap konkret
b. Tahap enaktif
c. Tahap ikonik
d. Tahap simbolik
e. Tahap abstrak

Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah....
a. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
b. Visi dan misi sekolah yang mempertimbangkan kebutuhan peserta didik
c. Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
d. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
e. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan

Modus pembelajaran sebagai upaya membangun kepribadian peserta didik secara utuh dapat menggunakan modus pembelajaran ....
a. Mata pelajaran eksak dan sosial
b. Integrasi dan integral
c. Intrakurikuler, kokurikeler, dan ekstrakurikuler
d. Pembelajaran langsung dan tidak langsung
e. Keterampilan abad 21

Merujuk Teori Bloom, jika peserta didik belum memiliki pengetahuan atau keterampilan prasyarat, tetapi kualitas pembelajaran sangat baik, maka …
a. Peserta didik mendapatkan motivasi lebih kuat
b. Peserta didik berhasil dibantu oleh guru
c. Peserta didik mendapatkan hasil belajar tinggi
d. Peserta didik berhasil mengatasi kesulitan belajarnya
e. Peserta didik memperoleh hasil belajar rendah

Pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang mendorong guru untuk ....
a. Melakukan kolaborasi berbagai disiplin ilmu
b. Mengajar dengan metode ceramah
c. Mengajar dengan berbagai media secara bersamaan
d. Mengembangkan materi dari suatu permasalahan
e. Menghubungkan materi dari suatu permasalahan dunia nyata

Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah ….
a. Materi sesuai dengan indikator pembelajaran
b. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan Pendidikan
c. RPP bersumber dari silabus
d. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
e. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik

tes pedagogi ukg dan jawabannya    Seorang kepala sekolah meminta wakilnya untuk segera mengadakan rapat persiapan ujian akhir semester. Hasil rapat harus segera disampaikan kepada kepala sekolah. Kalimat memo yang efektif dan santun ialah....
a. Mohon segera melakukan rapat persiapan ujian akhir semester. Hasil rapat harap segera dilaporkan. Terima kasih.
b. Saya mohon segera adakan rapat persiapan ujian akhir semester dan setelah selesai segera laporkan kepada saya.
c. Harap segera melakukan persiapan ujian dan hasilnya segera laporkan. Terima kasih.
d. Segera adakan rapat persiapan ujian akhir semester yang laporannya saya tunggu. Terima kasih.
e. Tolong segera dilakukan rapat persiapan ujian akhir semester dan hasilnya mohon segera dilaporkan kepada saya.

Alasan mengapa dalam kurun waktu tertentu kurikulum sekolah harus dilakukan peninjauan adalah dikarenakan ….

a. Kurikulum itu sifatnya dinamis serta harus selalu dilakukan perubahan dan pengembangan, agar dapat mengikuti perkembangan dan tantangan zaman
b. Pengembangan kurikulum merupakan tugas pokok seorang Guru professional untuk selalu terus berinovasi dan berkembang
c. Kurikulum harus berkembang mengikuti kebutuhan peserta didik yang beragam dan sukar untuk diprediksi
d. Dalam tempo waktu tertentu, lembaga pendidikan harus melakukan pengembangan yang signifikan untuk menjawab kebutuhan masyarakat umum
e. Aturan dari kementerian yang mengharuskan lembaga pendidikan untuk mengikuti perubahan zaman

Upaya pencegahan terjadinya bermacam-macam kecelakaan yang terjadi di laboratorium adalah dengan cara ....
a. mengatur jadwal penggunaan laboratorium
b. mendesain tempat kerja serapi mungkin
c. membuat tata tertib umun
d. membuat rencana kerja
e. menyusun alat dan bahan sesuai dengan klasifikasi

tes pedagogi ukg dan jawabannya  Berikut ini yang merupakan contoh tujuan pembelajaran yang baik adalah ....
a. Peserta didik dapat menulis huruf hijaiyah secara tepat setelah pembelajaran selesai
b. Setelah pembelajaran selesai, peserta didik dapat menulis huruf hijaiyah sendiri
c. Peserta didik dapat memahami huruf hijaiyah dengan baik dan benar
d. Peserta didik dapat memahami cara menulis huruf hijaiyah secara baik dan benar
e. Peserta didik dapat memahami dengan benar dan dapat menulis huruf hijaiyah

Pak Agus menemukan kasus kesulitan belajar yang dialami oleh siswanya. Setelah diselidiki ternyata disebabkan karena cara belajar yang salah. Langkah yang paling tepat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah....

a. Ciptakan iklim sosial yang sehat antar guru dengan peserta didik di dalam kelas.
b. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan.
c. Berikan kesempatan memperoleh sukses dalam belajar.
d. Berikan kesempatan kepada peserta didik bersangkutan untuk mendikusikan aspirasinya secara rasional.
e. Tunjukkan akibat atau dampak cara belajar yang salah terhadap prestasi belajar

Yang tidak termasuk prinspi pemilihan media pendidikan adalah ....
a. Media pengajaran tersebut merupakan media yang dapat dilihat atau didengar.
b. Media harus jelas dan menarik.
c. Media pengajaran juga harus sesuai dengan kondisi individu peserta didik
d. Media memiliki harga yang mahal dan digunakan untuk kalangan terbatas
e. Media pengajaran yang digunakan harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan

Anda adalah seorang guru kelas, karena adanya wabah covid-19 sekolah meminta Anda melakukan pembelajaran daring. Bagaimana sikap Anda?
a. Melaksanakan apapun perintah sekolah tanpa terkecuali untuk bekerja di rumah selama wabah virus dianggap masih membahayakan.
b. Melaksanakan tugas dari sekolah dengan meminta insentif tambahan sebagai sarana penunjang selama bekerja di rumah.
c. Melaksanakan tugas dari sekolah dengan sesekali tetap pergi ke sekolah apabila ada urusan yang sangat penting.
d. Mempertimbangkan perintah dari sekolah karena meyakini bahwa pembelajaran terbaik bukanlah melalui daring, akan tetapi tatap muka langsung.
e. Melaksanakan tugas sekolah dengan mempersiapkan sistem LMS yang baik, dan berpikir semua proses berorientasi pada tercapainya tujuan pembelajaranThis answer is correct.

tes pedagogi ukg dan jawabannya  Jika guru memberikan penugasan kepada peserta didik yang bertujuan mengukur status kemampuan belajar peserta didik berdasarkan hasil kerja dari suatu tugas dengan maksud agar peserta didik mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya. Maka jenis penilaian otentik yang tepat adalah….
a. Penilaian sejawat
b. Penilaian kinerja
c. Penilaian proyek
d. Penilaian portofolio
e. Penilaian diri

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "tes pedagogi ukg dan jawabannya 2020"

Post a Comment