PENYUSUNAN RPP KURIKULUM 2013 (Berdasarkan SE No 14 Tahun 2019) PDF
PENYUSUNAN RPP KURIKULUM 2013
(Berdasarkan SE No 14 Tahun 2019)
DOWNLOAD PDF DISINI
PENYUSUNAN RPP KURIKULUM 2013
(Berdasarkan SE No 14 Tahun 2019)
DIREKTORAT SMA
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2020
1. Mengapa RPP disederhanakan?
2. Apa prinsip utama pengembangan RPP?
3. Bagaimana bentuk format RPP baru?
4. Apakah RPP harus satu lembar?
5. Bagaimana strategi penyusunan RPP model simple?
6. Kapan RPP model baru digunakan?
7. Bagaimana RPP lama, apakh boleh digunakan?
8. Apakah ada contoh RPP model SE 14/2019?
ISU-ISU RPP
KONSEP & REGULASI
Click to edit Master title style
Permendikbud No 54 Tahun 2013
Permendikbud No 65 Tahun 2013
Permendikbud No 64 Tahun 2013
Permendikbud No 66 Tahun 2013
Permendikbud No 59 Tahun 2014
Permendikbud No 103 Tahun 2014
Permendikbud No 104 Tahun 2014
Permendikbud No 53 Tahun 2015
Permendikbud No 20 Tahun 2016
Permendikbud No 21 Tahun 2016
Permendikbud No 22 Tahun 2016
Permendikbud No 23 Tahun 2016
Surat Edaran 14 Tahun 2019
Perubahan Paradigma Pembelajaran
Dari
Pembelajaran
• Mencari tahu
• Berbasis aneka sumber belajar
• Pendekatan ilmiah
• Berbasis kompetensi
• Holistik/terpadu
• Kebenaran jawaban multi dimensi
• Keterampilan aplikatif
• Diberitahu
• Guru sebagai sumber
utama
• Tekstual
• Berbasis Konten
• Parsial
• Jawaban Tunggal
• Verbalisme
Menjadi Pembelajaran
Pengembangan Pembelajaran
Pembelajaran
Dikembangkan
Karateristik
Pembelajaran
Karakteristik
Kompetensi
Dasar
• Pembelajaran langsung (Direct
Teaching)
• Pembelajaran tidak langsung (Indirect
Teaching)
• Mengembangkan berpikir tingkat tinggi
(High Order Thinking)
• Mengembangkan kemampuan bekerja
secara ilmiah dan keselamatan diri
serta lingkungan
• Kompetensi Abad ke-21
(Collaborative, Creative, Critical
Thinking, Communicative)
• Sikap
• Pengetahuan
• Keterampilan
Model Pembelajaran
Model Pembelajaran
Pendekatan Saintifik
(5M)
PENYUSUNAN RPP KURIKULUM 2013
(Berdasarkan SE No 14 Tahun 2019)
Guru diberi ruang
menggunakan
pendekatan/model
pembelajaran lain
• Bukan satu-satunya pendekatan
pembelajaran.
• Bukan urutan langkah-langkah baku
• Bukan berbasis ceramah
• Bukan berbasis hafalan
• Memberikan pengalaman
• Mengembangkan sikap ilmiah
• Mendorong ekosistem sekolah berbasis
aktivitas ilmiah
• Menantang
• Memotivasi
• Berbasis aktivitas dan kreativitas
• Menginspirasi
• Meyenangkan
• Berprakarsa
Tugas Guru
(Permendikbud No 23 Tahun 2017)
1. Hari Sekolah digunakan oleh Guru untuk melaksanakan
beban kerja Guru.
2. Beban kerja Guru sebagaimana dimaksud meliputi:
1) merencanakan pembelajaran atau pembimbingan;
2) melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan;
3) menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan;
4) membimbing dan melatih Peserta Didik; dan
5) melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada
6) pelaksanaan kegiatan pokok sesuai dengan beban
kerja Guru.
Perencanaan Pembelajaran
Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada
Standar Isi.
Silabus merupakan
acuan penyusunan
kerangka pembelajaran
untuk setiap bahan
kajian mata pelajaran.
RPP dikembangkan dari
silabus untuk mengarahkan
kegiatan pembelajaran
peserta didik dalam upaya
mencapai Kompetensi
Dasar (KD).
R P P
Pengertian RPP
You can simply impress your
audience and add a unique zing and
appeal to your Presentations.
Your Text Here
06
1
RPP adalah rencana
kegiatan pembelajaran
tatap muka untuk satu
pertemuan atau lebih
Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban
menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar
pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi
peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberi
kan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan
kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkem
bangan fisik serta psikologis peserta didik.
2
Perbedaan individu
Partisipasi aktif PD
Berpusat pada PD
Budaya membaca
Umpan balik
Keterkaitan & keterpaduan
Mengakomodir tematik-terpadu
PRINSIP
-PRINSIP
PENGEMBANGAN RPP
suhermansma1jkt@yahoo.com
RPP sebuah
pendekatan
sistem
Bagaimana Pembelajaran Kurikulum 2013
dengan Regulasi Baru
(Surat Edaran No 14 Tahun 2019)
SE no 14
tahun 2019
Mengapa ?
PENYUSUNAN RPP KURIKULUM 2013
(Berdasarkan SE No 14 Tahun 2019)
1. RPP dianggap dibuat hanya untuk administrasi sekolah, administrasi ke
pengawas/dinas atau administrasi Akreditasi.
2. RPP yang dimiliki guru diindikasikan membeli dari penyedia jasa RPP
3. RPP yang dimiliki guru copy-paste dari milik guru lainnya
4. RPP yang dimiliki hanya merubah tahunnya saja
5. RPP yang ada sangat banyak dan menghabiskan kertas (ATK)
6. RPP yang ada dianggap membatasi guru dalam berkreasi dan berinovasi di
kelas
7. RPP menggunakan model yang kadang mengikat dengan sintak-sintaknya
8. RPP tidak dilaksanakan di kelas
Disimpulkan
Dalam kebijakan baru tersebut, guru secara bebas
dapat memilih, membuat, menggunakan, dan
mengembangkan format RPP. Tiga komponen inti RPP
terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, dan asesmen. “Penulisan RPP dilakukan
dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih
banyak waktu untuk mempersiapkan dan
mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Satu
halaman saja cukup,”
Efisien berarti penulisan RPP
dilakukan dengan tepat dan tidak
banyak menghabiskan banyak
waktu dan tenaga.
Efektif berarti penulisan RPP
dilakukan untuk mencapai
tujuan pembelajaran
Berorientasi pada Peserta Didik berarti
penulisan RPP dilakukan dengan
mempertimbangkan kesiapan,
ketertarikan, dan kebutuhan belajar
peserta didik di kelas.
EFISIEN
EFEKTIF
ORIENTASI PD
PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Prinsip Pengembangan RPP
Komponen Inti RPP
KOMPONEN INTI
PEMBELAJARAN
TUJUAN
PEMEBELAJARAN
KEGIATAN
PEMEBELAJARAN
PENILAIAN
PEMEBELAJARAN
• Persiapan psikis dan phisik PD
• Motivasi belajar
• Apersepsi
• Tujuan atau orientasi
• Ruang lingkup materi
• Pendekatan saintifik
• Pengalaman 5M & Model2 pembel
• Kompetensi pengetahuan
• Kompetensi Keterampilan
• Sikap
• Rangkuman
• Umpan balik
• Refleksi
• Tindak lanjut
• Schedule pertemuan yad
1. identitas sekolah;
2. identitas mata pelajaran;
3. kelas/semester;
4. materi pokok;
5. alokasi waktu;
6. tujuan pembelajaran;
7. kompetensi dasar dan IPK;
8. materi pembelajaran;
9. metode pembelajaran;
10. media pembelajaran;
11. sumber belajar;
12. langkah-langkah pembelajaran;
13. penilaian hasil pembelajaran.
Permen 22/2016
1. TUJUAN PEMBELAJARAN
2. KEGIATAN PEMBELAJARAN
3. ASESSMENT
SE 14 Tahun 2019
1. Apa yang dihilangkan?
2. Apa yang diganti?
3. Apa yang disederhanakan?
1. Bagaimana formatnya?
2. Bagimana penyusunannya?
3. Bagaimana modelnya?
x
1. identitas sekolah;
2. identitas mata pelajaran;
3. kelas/semester;
4. materi pokok;
5. alokasi waktu;
6. tujuan pembelajaran;
7. kompetensi dasar dan IPK;
8. materi pembelajaran;
9. metode pembelajaran;
10. media pembelajaran;
11. sumber belajar;
12. langkah-langkah pembelajaran;
13. penilaian hasil pembelajaran.
Permen 22/2016
1. TUJUAN PEMBELAJARAN
2. KEGIATAN PEMBELAJARAN
3. ASESSMENT
SE 14 Tahun 2019
1. Bagaimana formatnya?
2. Bagimana penyusunannya?
3. Bagaimana modelnya?
x
Kegiatan Pembelajaran
o Sebelum kegiatan pembelajaran, guru mengajak
peserta didik untuk berdoa agar kegiatan
pembelajaran mendapatkan keberkahan.
o Setelah mengamati paparan slide tentang…
ssiwa duduk berkelompok sesuai dengan
kelompoknya masing2 untuk mendiskusikan
paparan tersebut
o Guru mengajak peserta didik untuk membuat
rangkuman dan/atau kesimpulan, melakukan
refleksi dan evaluasi selama proses pembelajaran
Apa makna
kegiatan tsb?
Apa makna
kegiatan tsb?
Apa makna
kegiatan tsb?
Format RPP (Penyederhanaan)
Berikut beberapa alternative format RPP:
1. Bentuk Deskripsi
2. Bentuk Tabel
3. Kombinasi deskripsi dan Tabel.
Tidak ada standar baku dalam penulisan RPP. Guru
bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan
menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efektif,
efisien, dan berorientasi pada peserta didik.
Strategi Pengembangan RPP
1. RPP model LAMA diadaptasi dengan RPP
berdasarkan SE No 14/2019
PENYUSUNAN RPP KURIKULUM 2013
(Berdasarkan SE No 14 Tahun 2019)
2. Membuat baru berdasarkan SE No 14/2019
o Adalah sasaran yang ingin dicapai peserta didik pada
proses pembelajaran
o Tujuan pengajaran biasanya diterjemahkan dari
kurikulum yang digunakan oleh sekolah. Dalam
praktiknya, guru perlu melakukan upaya melibatkan
murid untuk mengubah tujuan pengajaran menjadi
tujuan belajar. Apa yang ingin dicapai siswa selama
satu atau sejumlah pertemuan?
Tujuan Pembelajaran
o dirumuskan berdasarkan KD,
o menggunakan kata kerja operasional yang dapat
diamati dan diukur,
o mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap
o Memberikan gambaran proses dan hasil
Tujuan Pembelajaran
Lihat KD Turunkan
dalam IPK
Aspek
kompetensi
Hasil belajar
Aktifitas
Pendekatan
Metode
Model2
• Pembelajaran adalah proses interaksi antar peserta didik, antara
peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu
lingkungan belajar.
• Strategi pengajaran adalah serangkaian tahapan dan aktivitas belajar
baik yang dilakukan mandiri oleh siswa maupun yang dipandu oleh
guru.
• Proses Pembelajaran diselenggarakan secara interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, memotivasi pesertadidik untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan
perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
• sasaran pembelajaran mencakup pengembangan ranah sikap,
pengetahuan, dan keterampilan yang dielaborasi untuk setiap satuan
pendidikan.
Kegiatan Pembelajaran
Pelaksanaan Pembelajaran
KEGIATAN
PENDAHULUAN
KEGIATAN INTI
KEGIATAN
PENUTUP
PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sumber: Permendikbud 22/ 2016
Apakah harus
ditulis?
Apakah harus
ditulis?
Apakah harus
ditulis?
• Penilaian adalah proses pengumpulan dan
pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian
hasil belajar peserta didik.
• Penilaian adalah produk atau hasil usaha peserta didik
yang membuktikan penguasaan suatu kompetensi.
• Asesmen adalah serangkaian penilaian untuk
memahami upaya dan hasil belajar peserta didik
dalam menguasai suatu kompetensi.
• Terjadinya AaL, AfL, dan AoL
Penilaian (Asesmen)
Penilaian proses pembelajaran menggunakan pendekatan
penilaian otentik (authentic assesment) yang menilai kesiapan
peserta didik, proses, dan hasil belajar secara utuh.
Hasil penilaian otentik digunakan guru untuk merencanakan
program perbaikan (remedial) pembelajaran, pengayaan
(enrichment), atau pelayanan konseling
Memuat rancangan penilaian
Memuat jenis/tehnik penilaian, bentuk penilaian, instrumen
dan pedoman penskoran
Mencakup penilaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap
khusus pada mata pelajaran PPKN dan PABP
Sesuai dengan kompetensi (IPK dan atau KD)
Memuat penilaian yang mengukur berpikir kritis (HOTS) dan
soal-soal keterampilan khusus mata pelajaran (misalnya
Agama, Seni Budaya, Bahasa, dan lain-lain)
ALTERNATIF MODEL FORMAT RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : …………………
Mata Pelajaran : …………………
Kelas/Semester : …………………
Materi Pokok : …………………
Alokasi Waktu : …………………
A. Tujuan Pembelajaran
B. Kegiatan Pembelajaran
• Kegiatan Pendahuluan
• Kegiatan Inti
• Kegiatan Penutup
C. Penilaian Pembelajaran
Guru Mapel….
……………………….
ALTERNATIF MODEL FORMAT RPP
Sekolah : …………………
Mata Pelajaran : …………………
Kelas/Semester : …………………
Materi Pokok : …………………
Alokasi Waktu : …………………
TUJUAN
PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN
HASIL BELAJAR
…. Pendahuluan: … ….
Kegiatan Inti: …
Penutup: …
Guru Mapel….
……………………….
ALTERNATIF MODEL FORMAT RPP
Sekolah : …………………
Mata Pelajaran : …………………
Kelas/Semester : …………………
Materi Pokok : …………………
Alokasi Waktu : …………………
Tujuan Pembel. : …………………
KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN WAKTU
Pendahuluan …. ….
Kegiatan Inti ….
Penutup ….
Guru Mapel….
……………………….
Contoh
Model RPP Simple
Action Plan (RPP) adalah tindakan yang
direncanakan untuk mengatasi masalah
tertentu yang akan ditangani atau sebagai
tindakan perbaikan atau tindakan korektif
atas Lesson Plan guru.
PENYUSUNAN RPP KURIKULUM 2013
(Berdasarkan SE No 14 Tahun 2019)
KERJA MANDIRI /KELOMPOK
PENUGASAN INDIVIDU
TELAAH
RPP yang telah
dibuat
REVISI
RPP sesuai
hasil telaah
PRAKTIK
Pengembangan
RPP
Pengembangan pembelajaran yang memuat PPK, Literasi
dan Kecakapan Abad 21 atau 4 C + 2 C yang duangkan dalam bentuk RPP
Implementasikan
dalam
pembelajaran
Terima Kasih
UJANG SUHERMAN
HP: 08161891038
Email: suherman8568@gmail.com
Belum ada tanggapan untuk "PENYUSUNAN RPP KURIKULUM 2013 (Berdasarkan SE No 14 Tahun 2019) PDF"
Post a Comment