Search This Blog

PPG Prajabatan Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran Topik 3 Mulai dari Diri

 

Pertanyaan Pemantik

Ketika Anda berada di bangku sekolah, coba ingat-ingat kembali bagaimana proses pemberian asesmen/penilaian oleh guru. Ceritakanlah satu situasi yang paling Anda ingat saat guru sedang melakukan penilaian!

  1. Bagaimanakah guru tersebut memberikan penilaian?
  2. Pernahkan Anda mendapat nilai yang kurang memuaskan pada mata pelajaran tertentu? Mengapa?
  3. Apakah nilai yang kurang memuaskan tersebut terjadi berulang kali atau hanya sekali? Apa penyebab hal itu dapat terjadi?
  4. Lalu apakah yang Anda lakukan ketika mendapat nilai yang kurang memuaskan?
  5. Apakah yang guru lakukan ketika Anda mendapat nilai yang kurang memuaskan? 

1. Bagaimanakah guru tersebut memberikan penilaian?

Guru memberikan penilaian dengan dengan cara memanggil satu persatu siswa, kemudian diberikan satu soal, kemudian siswa tersebut harus mengerjakannya dalam 5 menit dan menjelaskan hasilnya kepada guru tersebut.

2. Pernahkah anda mendapat nilai yang kurang memuaskan pada mata pelajaran tertentu? mengapa?

Iya, saya pernah mendapatkan nilai yang kurang memuaskan pada mata pelajaran matematika. Saya mendapat nilai yang kurang memuaskan karena saya belum paham materi dan kurang serius dalam belajar.

3. Apakah nilai yang kurang memuaskan tersebut terjadi berulang kali atau hanya sekali? Apa penyebab hal itu dapat terjadi?

Nilai tersebut tidak terjadi berulang kali. Karena saya meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memperbaiki nilai tersebut. 

4. Lalu apakah yang Anda lakukan ketika mendapat nilai yang kurang memuaskan?

Saya merasa kecewa karena hasil yang saya peroleh tidak sesuai dengan harapan. Saya pantang menyerah dan bertekad untuk bangkit dan akan lebih serius lagi dalam belajar.

5. Apakah yang guru lakukan ketika anda mendapat nilai yang kurang memuaskan?

Guru mengadakan remidi

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran Topik 3 Mulai dari Diri"

Post a Comment