Search This Blog

PPG Prajabatan Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran Topik 2 Elaborasi Pemahaman

 Setelah memahami tentang makna, ciri-ciri, serta peran rencana pembelajaran untuk menciptakan kegiatan belajar yang berpihak pada peserta didik, kali ini Anda akan diajak untuk menyimak dan menanggapi sebuah kasus yang mungkin terjadi pada proses pembelajaran di ruang kelas.

Simaklah kasus berikut ini lalu gunakan pertanyaan panduan yang tersedia untuk memandu Anda berdiskusi dengan dosen, rekan mahasiswa, atau instruktur tamu.

Siti adalah seorang guru mata pelajaran biologi yang mengajar di jenjang SMA. Pada awal tahun ajaran, ia sudah menyusun RPP untuk mengajar murid-murid di kelas yang diampunya, yaitu kelas 10 SMA. Setelah merancang seluruh kegiatan dan menyiapkan semua bahan ajar yang diperlukan, ia pun terlihat siap menyambut murid-murid di kelasnya dengan kegiatan belajar yang telah ia rencanakan.

Saat memasuki minggu pertamanya mengajar, Siti menemukan bahwa rencana pembelajaran yang telah ia susun tidak bisa dijalankan sebagaimana mestinya. Setelah sekilas belajar bersama dan mengamati kemampuan para murid di kelas, ia mendapati bahwa rencana pembelajaran yang telah disusun tidak sesuai dengan kesiapan belajar muridnya. Siti pun terlihat sedang mempertimbangkan untuk tetap menggunakan rencana pembelajaran atau mengubahnya.

Pertanyaan Panduan

Dosen dan mahasiswa dapat menggunakan pertanyaan panduan ini untuk mengajak mahasiswa berpikir memaknai  secara mendalam tentang peran dan fungsi rencana pembelajaran di ruang kelas yang berpihak pada peserta didik.

  1. Menurut Anda, apakah yang perlu Siti lakukan bedasarkan situasi yang ia hadapi?
  2. Menurut Anda, apakah situasi yang Siti hadapi adalah sesuatu yang lumrah terjadi?
  3. Sebagai calon guru, apa yang akan anda lakukan jika mengalami  situasi yang terjadi di kelas Siti?
  4. Setelah berdiskusi mengenai kasus yang Siti hadapi, bagaimana anda memaknai peranan rencana pembelajaran di kelas? Apakah sesuatu yang kaku atau fleksibel? Mengapa demikian?
  5. Apa hubungan kasus yang dihadapi Siti dengan konsep-konsep yang telah kamu pelajari? 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran Topik 2 Elaborasi Pemahaman"

Post a Comment