Pada topik sebelumnya Anda telah diajak untuk mempelajari beragam konsep untuk memahami tentang peserta didik dan pembelajarannya. Berbekal kemampuan tersebut, kini Anda akan melakukan eksplorasi lanjutan dengan mengkaji peranan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam membuat perencanaan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik. Sebelum berdiskusi lebih lanjut mengenai topik ini, berefleksilah sejenak dengan mengamati gambar dan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
Soal 1
Apa hal yang dapat Anda simpulkan dari gambar tersebut? Ceritakanlah pendapat Anda secara singkat dengan menyertakan pemahaman tentang topik sebelumnya.
Hal yang dapat saya simpulkan dari gambar tersebut adalah seorang guru yang mengukur kemampuan peserta didik dengan tes yang sama. Sedangkan berdasarkan pemahaman tentang topik sebelumnya, setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Hal tersebut tidak sesuai dengan pembelajaran berdiferensiasi, yaitu pembelajaran yang menyesuaiakan kebutuhan setiap peserta didik. Maka dari itu, sebaiknya guru mempertimbangkan tahapan perkembangan peserta didik, lingkungan belajar dan kesiapan belajar sebagai bentuk pemahaman peserta didik. Setelah itu, seorang guru dapat menentukan pembelajaran yang sesuai.
Soal 2
Cobalah untuk mengingat salah satu momen belajar yang paling berkesan sepanjang anda menjadi peserta didik. Kemudian jawablah pertanyaan berikut.
- Menurut Anda, apa saja yang sudah dilakukan guru sehingga proses belajar pada waktu itu sesuai dengan kemampuan, menyenangkan, dan berkesan Anda?
- Menurut Anda, apa hal yang paling menantang selama Anda terlibat dalam proses belajar saat masih di bangku sekolah? Mengapa hal tersebut menantang?
Hal yang paling menantang selama saya terlibat dalam proses belajar saat masih di bangku sekolah adalah manajemen waktu. Karena pada saat SMA, saya aktif berorganisasi sehingga cukup menguras waktu belajar saya. Saya sering dipanggil Waka Kesiswaan untuk mengikuti rapat dan ditunjuk sebagai perwakilan sekolah untuk berpartisipasi dalam suatu event. Oleh karena itu saya sering meninggalkan pembelajaran di kelas dan bahkan sering izin beberapa hari demi berpartisipasi dalam suatu event. Sehingga saya harus mengejar ketertinggalan materi Hal yang paling menantang selama saya terlibat dalam proses belajar saat masih di bangku sekolah adalah manajemen waktu. Karena pada saat SMA, saya aktif berorganisasi sehingga cukup menguras waktu belajar saya. Saya sering dipanggil oleh Waka Kesiswaan untuk mengikuti rapat dan sering ditunjuk sebagai perwakilan sekolah untuk berpartisipasi dalam suatu event. Oleh karena itu saya sering meninggalkan pembelajaran di kelas dan bahkan sering izin beberapa hari demi berpartisipasi dalam suatu event. Sehingga saya harus mengejar ketertinggalan materi. Namun, saya tidak menganggapnya sebagai masalah, melainkan tantangan demi meningkatkan kapasitas diri.
Soal 4
- Apa jenis bantuan yang Anda harapkan dari guru untuk menyelesaikan tantangan tersebut? Mengapa hal tersebut dapat membantu?
Bantuan yang saya harapkan dari guru untuk menyelesaikan tantangan tersebut adalah pemberian catatan mengenai materi pembelajaran yang terlewat dan pemberian kelonggaran dalam tenggat waktu pengumpulan tugas serta pemberian konsultasi di luar jam pembelajaran seperti melalui WA. Hal tersebut akan sangat membantu saya dalam memahami materi yang terlewat, saya akan memperoleh pemahaman yang lebih tepat, lebih mendalam, dan lebih luas jika dibantu oleh guru. Namun hal tersebut tidak saya dapatkan, sehingga saya harus meminta bantuan kepada teman untuk memberikan catatan mengenai materi yang terlewat dan bekerjasama dengan teman untuk menyelesaikan tugas tepat waktu.
Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajaran Topik 2 Mulai dari Diri"
Post a Comment