Search This Blog

PPG Prajabatan Prinsip Pengajaran dan Asesmen Pembelajaran Topik 2 Aksi Nyata

 Refleksikan pengetahuan dan keterampilan apa yang Anda dapatkan selama perkuliahan pada pertemuan ini dan pertemuan sebelumnya. Refleksikan pembelajaran ini dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

soal 1

Pemahaman baru apa yang Anda dapatkan setelah mempelajari topik ini?
Your answer:

Asesmen sebagai understanding evidence yaitu menempatkan asesmen sebagai salah satu bukti atau informasi untuk memahami proses pembelajaran yang akan, sedang, dan telah dilaksanakan. Assessment tidak lagi sekadar menjadi tahap pelaporan dan penilaian kemampuan murid tetapi dipandang sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan dan pencapaian hasil belajar. Melalui pembelajaran dengan paradigma baru, assessment bertujuan untuk memahami posisi murid dalam rentang pembelajaran tertentu. Dengan demikian, perkembangan belajar murid dapat teramati dari waktu-kewaktu, artinya yang menjadi perhatian guru bukan perihal murid mendapatkan nilai berapa, tetapi apakah kemampuan mereka berkembang dibandingkan dengan kemampuan awalnya. Melalui assesmen, guru bisa mengetahui apa yang saat ini dipahami murid dari apa yang dipelajari, apa yang bisa dilakukan guru dengan kemampuan prasyarat atau pengetahuan murid sebelumnya yang bisa membantu pemahaman murid terhadap materi yang sedang disampaikan, apa yang harus dilakukan guru ketika murid keliru memahami materi yang disampaikan, kapan dan bagaimana guru bisa mulai penyampaian materi yang baru, dan dukungan apa yang diperlukan murid di kemudian hari agar pembelajaran lebih optimal.

soal 2

Bagian manakah dari konsep asesmen yang paling menantang?
Your answer:

Bagian dari konsep asesmen yang paling menantang adalah asesmen awal atau diagnostik. Karena pendidik harus menyiapkan instrumennya, kemudian menyesuaikan rencana pembelajaran berdasarkan hasil asesmen tersebut. Bagian lain dari konsep asesmen yang tidak kalah menantang yaitu asesmen formatif yang digunakan untuk memahami posisi peserta didik dalam rentang suatu pembelajaran. Segingga yang menjadi perhatian pendidik bukan perihal peserta didik mendapatkan nilai berapa, tetapi apakah kemampuan mereka berkembang dibandingkan dengan kemampuan awalnya.

soal 3

Hal-hal lain apakah yang ingin Anda pelajari lagi terkait dengan merancang asesmen awal, formatif, dan sumatif?
Your answer:

Hal-hal lain yang ingin saya pelajari lagi terkait dengan merancang asesmen awal, formatif, dan sumatif yaitu contoh konkret penerpan ketiga asesmen tersebut dalam pembelajaran matematika. Saya juga ingin mempelajari cara membuat asesmen diagnostik yang efektif dan efisien sehingga dapat mengetahui sejauh mana posisi peserta didik dalam memahami materi prasyarat.

  1. Refleksikan pemahaman baru yang anda dapatkan dari aktivitas perkuliahan ini.
  2. Lakukan perbaikan pada asesmen yang telah anda buat pada aktivitas di ruang kolaborasi berdasarkan saran dari rekan, dosen, dan guru pamong

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Prinsip Pengajaran dan Asesmen Pembelajaran Topik 2 Aksi Nyata"

Post a Comment