Ujian Tengah Semester memuat CPMK 1 dan 2 yaitu:
- Mahasiswa mampu menggunakan prinsip Understanding by Design (backward design) dalam perencanaan pembelajaran dan asesmen.
- Mahasiswa mampu merancang asesmen untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan, dan pencapaian hasil belajar peserta didik.
Pada ujian tengah semester mahasiswa diminta untuk mengerjakan soal, berikut referensi soal yang dapat digunakan:
- Rancangan pembelajaran dapat disusun menggunakan prinsip Understanding by Design (UbD) atau biasa disebut dengan backward design. Jelaskan bagaimana cara merancang pembelajaran dengan prinsip ini!
- Dalam merancang pembelajaran menggunakan prinsip UbD guru harus merencanakan tujuan pembelajaran, asesmen, dan kegiatan pembelajaran. Jelaskan hubungan ketiga komponen tersebut, lalu kemukakan pendapatmu jika salah satu komponen tidak termuat dalam perencanaan pembelajaran.
- Mengapa merancang pembelajaran dianjurkan menggunakan prinsip UbD? Jelaskan kelebihan prinsip ini dibandingkan dengan cara merancang pembelajaran seperti biasanya!
- Jelaskan perbedaan asesmen awal, asesmen formatif, dan asesmen sumatif serta berikan masing-masing 1 contoh!
- Asesmen bertujuan untuk memonitor perkembangan peserta didik. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut!
Kirimkan jawaban dalam bentuk file Pdf !
Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Prinsip Pengajaran dan Asesmen Pembelajaran Ujian Tengah Semester (UTS)"
Post a Comment