Selanjutnya, bila di bagian sebelumnya Anda telah belajar pentingnya faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan sehingga mempengaruhi bagaimana pendidikan diselenggarakan, misalnya pendidikan hanya diberikan pada kalangan tertentu, maka faktor tersebut juga mempengaruhi bagaimana pembelajaran hanya difokuskan untuk tujuan praktis kepentingan bisnis penjajah sehingga yang diajarkan membaca dan menulis dasar saja.
Kemudian dari diskusi di kelas, Anda belajar bagaimana perubahan penyelenggaraan pendidikan saat ini, dimana akses sudah terbuka untuk siapa saja belajar hingga setinggi mungkin. Bila melihat secara makro, faktor sosial budaya ekonomi dan politik dimana bangsa ini sudah merdeka, sejahtera, dan damai dibanding masa penjajahan, mempengaruhi bagaimana akses pendidikan sudah terbuka dan partisipasi untuk sekolah sudah tinggi.
Di kelas-kelas telah terlihat proses belajar yang memerdekakan siswa/i, karena sudah mulai diterapkan kurikulum merdeka dengan baik, sehingga proses pembelajaran benar-benar berpusat pada siswa. Belum semua siswa/i mengalami kemerdekaan tersebut, namun semua elemen pendidikan di Indonesia sedang berupaya dan berproses mewujudkan kemerdekaan pendidikan. Sebagai guru, saya akan mempersiapkan diri dan memanfaatkan pemahaman tentang faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik untuk menciptakan lingkungan belajar yang memerdekakan siswa/i. Berikut adalah cara-cara yang akan saya lakukan:
- Saya akan berusaha memahami latar belakang siswa/i secara mendalam, termasuk faktor sosial, budaya, ekonomi, politik
- Saya akan menjadi guru yang memiliki fleksibilitas dalam metode pembelajaran. Saya akan menyesuaikan kurikulum dan metode pembelajaran berdasarkan kebutuhan dan latar belakang siswa.
- Saya akan meminta siswa untuk berbagi pengalaman atau pengetahuan dari latar belakang masing-masing, sehingga dapat memperkaya pengalaman belajar bersama.
- Saya akan memberikan kesempatan bagi siswa untuk bekerja dalam kelompok yang berbeda latar belakang untuk memecahkan masalah dan berdiskusi.
- Saya akan menyelipkan tentang isu -isu sosial, ekonomi, dan politik yang relevan dalam pembelajaran sehingga membantu siswa dalam memahami pengaruh yang ditimbulkannya.
Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia Topik 1 Eksplorasi Konsep Pentingnya Faktor Sosial"
Post a Comment