Search This Blog

PPG Prajabatan Filosofi Pendidikan Indonesia Topik 5 Mulai Dari Diri-Telaah Praktik Baik Pendidikan yang Memerdekakan

 Pembelajaran pada Topik V membawa Mahasiswa pada tahap tataran konkrit Praktik Baik pendidikan yang berpihak dan memerdekakan murid. Mahasiswa menelaah Praktik baik di beberapa sekolah yang mengimplementasikan pendidikan yang berpihak pada murid dan memerdekakan peserta didik. Pada tahap ini, Mahasiswa juga melihat bagaimana proses pembelajaran pada ekosistem sekolah mitra mahasiswa. Analisa kritis mahasiswa dituangkan dalam sebuah proyek perubahan (change project) yang dilakukan secara individu. Projek perubahan dilaksanakan secara case based atau project based untuk mewujudkan pendidikan yang berpihak pada murid dan memerdekakan murid di sekolah mitra mahasiswa.

Mengawali topik Telaah Praktik Baik Pendidikan yang Memerdekakan, Mahasiswa memulai sebuah refleksi dengan menjawab tiga pertanyaan.

Tugas 5.1 Pendidikan yang Memerdekakan

  1. Apa yang Anda ketahui tentang pendidikan yang berpihak pada peserta didik dan memerdekakan peserta didik?
  2. Mengapa pendidikan yang berpihak pada peserta didik dan memerdekakan peserta didik perlu Anda maknai dan hayati dalam konteks pendidikan Indonesia saat ini?
  3. Bagaimana pendidikan yang berpihak pada peserta didik dan memerdekakan peserta didik menjadi bagian dari diri Anda sebagai seorang pendidik?

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Filosofi Pendidikan Indonesia Topik 5 Mulai Dari Diri-Telaah Praktik Baik Pendidikan yang Memerdekakan"

Post a Comment