Search This Blog

PPG Prajabatan Prinsip Pengajaran dan Asesmen Pembelajaran Topik 4 Ruang Kolaborasi

 Anda telah mempelajari mengenai pendekatan CRTSekarang cobalah untuk melakukan studi kasus bersama dengan kelompok Anda.

Contoh kasus 1

Pak Budi merupakan guru Ekonomi. Hari ini pak Budi akan menyampaikan materi mengenai kewirausahaan. Sekolah Pak Budi terletak di daerah dataran tinggi dan peserta didik Pak Budi sebagian besar memiliki orang tua yang bermata pencaharian petani. Bagaimana kegiatan dan tugas yang sebaiknya diberikan Pak Budi?

Diskusikanlah kasus tersebut dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching!

Contoh Kasus 2

Bonar adalah seorang siswa bersuku Batak yang berasal dari Sumatera. Saat memasuki SMP, Bonar dan keluarganya pindah rumah ke daerah Cianjur. Sebagian besar siswa di sekolah ini berasal dari suku Sunda. Bonar merasa kesulitan untuk beradaptasi karena perbedaan budaya.

Diskusikanlah cara guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan berpihak pada peserta didik.

Selain kedua contoh kasus di atas, Anda juga dapat menceritakan kasus serupa yang pernah Anda temukan atau mungkin pernah Anda alami. Bagikanlah bersama rekan dan dosen untuk menjadi bahan diskusi pada kegiatan ini. Kemudian kerjakanlah tugas berikut!

Apakah Anda pernah menemukan kasus-kasus serupa? atau mungkin Anda pernah mengalami kesulitan karena perbedaan budaya? Anda dapat membagikan pengalaman Anda kepada rekan-rekan sebagai bahan diskusi.


Untuk menjawab atau berdiskusi, klik tombol Reply !

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Prinsip Pengajaran dan Asesmen Pembelajaran Topik 4 Ruang Kolaborasi"

Post a Comment