kesulitan mengerjakan tugas? saya siap membantu, silahkan wa 082257518802

PPG Prajabatan Prinsip dan Pengajaran dan Asesmen 2 topik 1 02.02.b.3-T1-4 Demonstrasi Kontekstual - Tugas 1.2. Pemetaan Karakteristik Peserta Didik

Anda telah memiliki pemahaman mengenai pentingnya memahami karakteristik peserta didik sebagai acuan menyusun rancangan pembelajaran. Anda juga telah mengenal teknik dan instrumen asesmen yang dapat diterapkan dalam melakukan asesmen awal. Pada ruang kolaborasi Anda telah mendiskusikan teknik dan instrumen asesmen awal yang akan digunakan untuk mengambil data karakteristik peserta didik di tempat Anda melaksanakan PPL II.

Pada tahap ini, Anda akan melaksanakan asesmen awal di sekolah. Lakukan asesmen awal sesuai dengan teknik asesmen yang Anda pilih. Anda dapat berkolaborasi dengan Guru pamong dalam pelaksanaannya.

Jika kegiatan asesmen awal telah Anda laksanakan, selanjutnya Anda dapat mengolah hasil asesmen. Anda juga dapat membuat pemetaan karakteristik peserta didik berdasarkan analisis data hasil asesmen awal yang telah Anda dapatkan.

Perhatikan contoh pemetaan karakteristik peserta didik berikut ini!

1. Etnik/Suku bangsa

Etnik/suku

Suku A

Suku B

Suku C

Nama siswa

Ardi

Wahyu

Mika

Ririn

Saka

Dani

Mila

Adit

2. Agama

Agama

Agama A

Agama B

Agama C

Nama siswa

Ardi

Ririn

Mika

Wahyu

Dani

Saka

Mila

Adit

3. Status sosial/ekonomi

Status sosial/ekonomi

Level 1

Level 2

Level 3

Nama siswa

Ardi

Mila

Mika

Wahyu

Adit

Ririn

Mila

Dani

4. Minat

Minat

Sains

Olahraga

Seni budaya

Nama siswa

Dani

Adit

Mika

Wahyu

Ardi

Saka

Mila

Ririn

Pemetaan karakteristik peserta didik disusun selengkap mungkin menyesuaikan kebutuhan Anda dalam merancang pembelajaran dan asesmen. Pada beberapa hal, pemetaan karakteristik peserta didik menyesuaikan tingkat capaian atau mata pelajaran yang Anda laksanakan. Misalnya untuk poin pengetahuan awal, Guru Matematika membutuhkan data kemampuan peserta didik dalam melakukan perhitungan dasar sedangkan Guru bahasa Indonesia membutuhkan data kemampuan membaca dan mengeja. Jadi sesuaikan hal ini sesuai dengan kebutuhan dan bidang Anda!

Tugas 1.2 Pemetaan Karakteristik Peserta Didik

Anda telah melaksanakan asesmen awal. Lakukan analisis data hasil asesmen awal tersebut lalu susunlah pemetaan karakteristik peserta didik di sekolah tempat Anda melaksanakan PPL II. Anda dapat menyusun pemetaan dalam bentuk tabel, grafik, atau bentuk lain yang memudahkan Anda dalam menggunakan data pemetaan tersebut untuk menyusun rancangan pembelajaran dan asesmen pada topik-topik berikutnya! 


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Prinsip dan Pengajaran dan Asesmen 2 topik 1 02.02.b.3-T1-4 Demonstrasi Kontekstual - Tugas 1.2. Pemetaan Karakteristik Peserta Didik"

Post a Comment