Anda telah memiliki pemahaman mengenai pentingnya memahami karakteristik peserta didik sebagai acuan menyusun rancangan pembelajaran. Anda juga telah mengenal teknik dan instrumen asesmen yang dapat diterapkan dalam melakukan asesmen awal. Pada ruang kolaborasi Anda telah mendiskusikan teknik dan instrumen asesmen awal yang akan digunakan untuk mengambil data karakteristik peserta didik di tempat Anda melaksanakan PPL II.
Pada tahap ini, Anda akan melaksanakan asesmen awal di sekolah. Lakukan asesmen awal sesuai dengan teknik asesmen yang Anda pilih. Anda dapat berkolaborasi dengan Guru pamong dalam pelaksanaannya.
Jika kegiatan asesmen awal telah Anda laksanakan, selanjutnya Anda dapat mengolah hasil asesmen. Anda juga dapat membuat pemetaan karakteristik peserta didik berdasarkan analisis data hasil asesmen awal yang telah Anda dapatkan.
Perhatikan contoh pemetaan karakteristik peserta didik berikut ini!
1. Etnik/Suku bangsa
Etnik/suku | Suku A | Suku B | Suku C |
Nama siswa | Ardi Wahyu Mika | Ririn Saka | Dani Mila Adit |
2. Agama
Agama | Agama A | Agama B | Agama C |
Nama siswa | Ardi Ririn Mika | Wahyu Dani | Saka Mila Adit |
3. Status sosial/ekonomi
Status sosial/ekonomi | Level 1 | Level 2 | Level 3 |
Nama siswa | Ardi Mila Mika | Wahyu Adit | Ririn Mila Dani |
4. Minat
Minat | Sains | Olahraga | Seni budaya |
Nama siswa | Dani Adit Mika | Wahyu Ardi | Saka Mila Ririn |
Pemetaan karakteristik peserta didik disusun selengkap mungkin menyesuaikan kebutuhan Anda dalam merancang pembelajaran dan asesmen. Pada beberapa hal, pemetaan karakteristik peserta didik menyesuaikan tingkat capaian atau mata pelajaran yang Anda laksanakan. Misalnya untuk poin pengetahuan awal, Guru Matematika membutuhkan data kemampuan peserta didik dalam melakukan perhitungan dasar sedangkan Guru bahasa Indonesia membutuhkan data kemampuan membaca dan mengeja. Jadi sesuaikan hal ini sesuai dengan kebutuhan dan bidang Anda!
Tugas 1.2 Pemetaan Karakteristik Peserta Didik
Anda telah melaksanakan asesmen awal. Lakukan analisis data hasil asesmen awal tersebut lalu susunlah pemetaan karakteristik peserta didik di sekolah tempat Anda melaksanakan PPL II. Anda dapat menyusun pemetaan dalam bentuk tabel, grafik, atau bentuk lain yang memudahkan Anda dalam menggunakan data pemetaan tersebut untuk menyusun rancangan pembelajaran dan asesmen pada topik-topik berikutnya!
Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Prinsip dan Pengajaran dan Asesmen 2 topik 1 02.02.b.3-T1-4 Demonstrasi Kontekstual - Tugas 1.2. Pemetaan Karakteristik Peserta Didik"
Post a Comment