Search This Blog

PPG Prajabatan Pembelajaran Berdiferensiasi topik 4 SEL.07.2-T4-1. Mulai Dari Diri

 Hallo para mahasiswa hebat!

Ini adalah awal perjumpaan kita setelah UTS. Bagaimana perasaan Anda memasuki pembelajaran ini? Semoga Anda bahagia selalu sehingga dapat belajar dengan tenang dan mudah untuk mencerna pelajaran.  Jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai belajar agar diberikan pemahaman yang utuh. Saatnya Anda memulai beraksi dengan materi yang tak kalah menarik dari materi yang sebelumnya. 

Sebelum kita memulai pelajaran, silahkan Anda baca dan jawab beberapa pertanyaan yang disajikan untuk refleksi diri sebelum memulai belajar.

Ketiklah jawaban/respon Anda pada kolom jawaban yang telah disediakan. 

Jangan lupa selalu tepat waktu dalam mengumpulkan jawaban, sehingga Anda bisa lebih memahami materi yang akan disampaikan. Selamat berefleksi…!!!


Silahkan klik "Take the Survey" / "Resume Survey" dibawah ini untuk melanjutkan ke halaman berikutnya!

Soal 1

Jika Anda menjadi guru kelak, apa yang ingin Anda capai?


Setelah memberikan jawaban, silahkan klik "Next >" untuk melanjutkan ke halaman berikutnya yang dibawah ini!

Jika saya menjadi seorang guru kelak, salah satu hal yang ingin saya capai adalah memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan dan kesuksesan setiap peserta didik yang saya ajar. Saya ingin menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, memotivasi, dan menyenangkan di mana setiap peserta didik merasa didengar, dihargai, dan didorong untuk mencapai potensi maksimal mereka. Selain itu, saya juga ingin menjadi fasilitator yang efektif dalam membantu peserta didik menemukan minat mereka, mengembangkan keterampilan mereka, dan mencapai tujuan akademik serta non-akademik mereka. Lebih dari itu, saya ingin menjadi teladan yang menginspirasi peserta didik untuk terus belajar, berinovasi, dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

Soal 2

Jika Anda menjadi guru kelak, apakah Anda tahu apa yang diinginkan peserta didik dari pembelajaran yang akan disampaikan?

Sebagai seorang guru yang peduli terhadap keberhasilan peserta didik, saya akan berusaha untuk memahami dan memperhatikan apa yang diinginkan peserta didik dari pembelajaran yang disampaikan. Ini bisa meliputi beragam hal, seperti kebutuhan akan pemahaman yang jelas tentang materi pelajaran, keinginan untuk terlibat dalam pembelajaran yang menarik dan relevan dengan kehidupan mereka, harapan untuk mendapatkan dukungan dan bimbingan dalam mengatasi kesulitan belajar, serta aspirasi untuk dikembangkan secara holistik sebagai individu yang mandiri dan berdaya. Dengan mendengarkan dan merespons kebutuhan serta harapan peserta didik, saya berharap dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang bermakna dan memuaskan bagi mereka.

Soal 3

Jika Anda menjadi guru, darimana Anda memulai dan langkah apa yang harus dicapai untuk mendapatkan apa yang Anda harapkan tersebut?

Sebagai seorang guru, langkah pertama saya adalah memahami peserta didik secara individual, termasuk latar belakang mereka, minat, kebutuhan, dan gaya belajar. Ini memungkinkan saya untuk merancang pembelajaran yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Selanjutnya, saya akan merencanakan dan menyusun kurikulum yang berfokus pada pengembangan keterampilan dan pemahaman yang penting bagi peserta didik, sambil memperhatikan keragaman dalam kelas. Selama proses pembelajaran, saya akan menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung, memfasilitasi interaksi yang positif antara peserta didik, dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu mereka mencapai potensi terbaik mereka. Selain itu, saya akan terus memperbarui dan mengevaluasi metode pengajaran saya agar sesuai dengan perkembangan peserta didik dan perubahan dalam kurikulum. Dengan pendekatan yang holistik dan berkelanjutan seperti ini, saya berharap dapat mencapai tujuan saya untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang memuaskan dan bermakna bagi peserta didik.

Soal 4

Apakah Anda pernah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelumnya?

Pernah, RPP biasanya mencakup tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian, dan langkah-langkah yang akan diambil guru dalam menjalankan pembelajaran.

Soal 5

Apa yang Anda ingat tentang materi pada mata kuliah ini sebelumnya?

Materi sebelumnya mengenai strategi pembelajaran berdiferensiasi.

PENGERTIAN STRATEGI PEMBELAJARAN 

Strategi pengajaran merupakan perencanaan untuk mencapai target pembelajaran yang disiapkan oleh pengajar sebelum mengajar.

MACAM-MACAM STRATEGI PENGAJARAN DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI 

1. strategi pengajaran langsung (direct instruction),

2. strategi pengajaran tak langsung (indirect instruction),

3. strategi pengajaran interaktif (interactive learning),
4. strategi pengajaran mandiri (self-learning),
5. strategi pengajaran melalui pengalaman (experimental)

CONTOH PENERAPAN STRATEGI PENGAJARAN

1. Project-Based Learning.
2. Small Group Discussion
3. Jigsaw Reading
4. Problem-Based Instruction


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Pembelajaran Berdiferensiasi topik 4 SEL.07.2-T4-1. Mulai Dari Diri"

Post a Comment