Moda: Individu/Kelompok
Tujuan Pembelajaran Khusus (CPMK 2, 3, 4, 8)
- Mampu bekerja sebagai guru yang menunjukkan Kompetensi Sosial Emosional. (KU1)
- Mampu membuat keputusan sebagai guru yang independen dengan mendasarkan pada keterampilan berpikir kritis, sistematis, kreatif dan reflektif. (KU2)
- Mampu membangun jejaring dan berkolaborasi dengan teman sejawat lain dan orangtua. (KU6)
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan hasil kerja profesinya sebagai guru. (KU9)
- Memahami kompetensi sosial-emosional diri sendiri dan peserta didik. (KK4)
Rangkuman
School Well-being
Konsep well-being ini kemudian dikonstruksi oleh Konu dan Rimpela (2002) dalam konteks sekolah, terdiri atas empat dimensi yaitu (1) having (kondisi/situasi sekolah), (2) loving (mengarah pada hubungan sosial), (3) being (pemenuhan diri), dan (4) health (kesehatan peserta didik/guru secara umum).
Dimensi School well-being
Ada beberapa dimensi dapat menggambarkan kondisi sekolah yang sehat atau sejahtera. Hascher (dalam Jarvela, 2011) menjelaskan enam dimensi school well-being atau kondisi sekolah yang membahagiakan, yaitu:
- sikap dan emosi positif terhadap situasi sekolah secara keseluruhan baik dari peserta didik maupun guru.
- peserta didik memiliki konsep diri yang positif dalam hal akademik.
- guru dan peserta didik menikmati aktivitas sekolah
- guru dan peserta didik bebas dari kecemasan untuk pergi bersekolah
- guru dan peserta didik bebas dari berbagai keluhan mengenai kondisi sekolah
- tidak ada masalah/konflik yang berat di sekolah
Konu dan Rimpela (2002) menjelaskan empat dimensi school well-being yaitu: having, loving, being dan health.
Faktor yang mempengaruhi School well-being
- Stres guru (Anda dapat merujuk pada topik 2)
- Potensi/kemampuan dan motivasi peserta didik
- Kondisi sosial-emosional peserta didik dan guru (emotional literacy)
Refleksi:
Setelah Anda memahami bagaimana lingkungan, kondisi emosi, kepribadian, dan banyak hal lain mempengaruhi school well-being:
- Bagaimana Anda sebagai guru mengelola emosi Anda supaya bisa berpengaruh positif pada lingkungan pembelajaran Anda?
- Bagaimana menciptakan lingkungan positif dengan kemampuan peserta didik yang beragam?
Pengembangan Rancangan Konsep School Well-BeingPanduan Tugas Akhir Semester
Setelah melakukan refleksi, tuliskan rancangan/rencana aksi nyata terkait konsep School well-being, program apa yang akan Anda lakukan di sekolah untuk membuat sekolah Anda lebih sejahtera? Gunakan panduan dari pembelajaran observasi dan pencatatan pada topik sebelumnya untuk pengamatan awal di sekolah Anda!
Buatlah Projek berkaitan dengan school well-being pada mata pelajaran tertentu atau secara umum di sekolah. Contoh dengan program 3S (Senyum, Salam dan Sapa) bagi semua peserta didik dan guru, program anti perundungan di sekolah:Rencana intervensi
Berdasarkan hasil pengamatan dan laporan awal mengenai school well-being di tempat Anda buatlah rencana intervensi:
Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Pembelajaran Sosial Emosional Topik 5 02.01.3-T5-8 UAS: Aksi Nyata (LK 5.6)"
Post a Comment