Search This Blog

PPG Prajabatan Pembelajaran Sosial Emosional Topik 3 02.01.3-T3-4a Ruang Kolaborasi (Diskusi Kelompok) - LK 3.3

 Moda     : Diskusi Kelompok


Tujuan Pembelajaran Khusus (CPMK 8, 9, 10, 11, dan 12)

  1. Mampu bekerja sebagai guru yang menunjukkan Kompetensi Sosial Emosional. (KU1)
  2. Mampu membuat keputusan sebagai guru yang independen dengan mendasarkan pada keterampilan berpikir kritis, sistematis, kreatif dan reflektif. (KU2)
  3. Mampu membangun jejaring dan berkolaborasi dengan teman sejawat lain dan orangtua. (KU6)
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan hasil kerja profesinya sebagai guru. (KU9)
  5. Memahami kompetensi sosial-emosional diri sendiri dan peserta didik. (KK4)

 

Halo para Mahasiswa,

Pada bagian ini Anda akan diminta untuk berkolaborasi dan berdiskusi dengan rekan Anda (bisa dilakukan daring atau luring sesuai dengan kondisi dan kebutuhan).  

Sebelum Anda melakukan diskusi pada waktu yang telah ditentukan, mohon untuk membaca aturan untuk forum diskusi berikut ini:


Lembar Kerja 3.3

  1. Diskusikan kondisi atau kasus di bawah ini dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri atas minimal 2 orang atau sesuai pembagian kelompok dalam kelas.
  2. Kondisi / Kasus :
    • Apakah experiential learning bisa diterapkan di semua mata pelajaran? Berikan alasannya!
    • Apakah manfaat experiential learning?
    • Bagaimana sekolah bisa mendukung experiential learning? Apa saja tantangan bagi sekolah?
    • Apakah karakteristik peserta didik bisa mempengaruhi penerapan pembelajaran experiential learning? Jelaskan! Bagaimana menghadapi kendala tersebut?
    • Pada kondisi daring (online) bagaimana penerapan experiential learning?

Setelah mendiskusikan kondisi-kondisi pada lembar kerja 3.3, Anda kemudian diminta untuk mendiskusikan dan membuat rencana proses pembelajaran yang sesuai dengan siklus dari experiential learning yaitu mengalami (experiencing), refleksi diri (reflecting), berpikir (thinking), melakukan (acting). dan melibatkan orangtua sebagai rekan fasilitator pembelajaran saat siswa sedang berada di rumah

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Pembelajaran Sosial Emosional Topik 3 02.01.3-T3-4a Ruang Kolaborasi (Diskusi Kelompok) - LK 3.3"

Post a Comment