Seperti yang telah kita pelajari sebelumnya, aplikasi pembelajaran dan asesmen menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching menjadi sangat penting mengingat negara Indonesia yang mempunyai keragaman budaya. Rancangan dan pelaksanaan proses pembelajaran dan asesmen mempertimbangkan latar belakang budaya agar Guru mempunyai rasa empati terhadap karakteristik peserta didik. Di sisi lain aplikasi pendekatan ini membantu peserta didik untuk lebih memahami pembelajaran secara kontekstual pada kehidupan sehari-harinya. Dampak positif lainnya adalah peserta didik mampu turut serta dalam upaya melestarikan kekayaan budaya di Indonesia.
Bagaimana rencana Anda mengimplementasikan pendekatan ini dalam proses pembelajaran dan asesmen? Sebagai bahan pengayaan, Anda dapat membaca jurnal pada tautan berikut ini:
https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/download/35/32/
Sebagai panduan untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran dan asesmen, Anda dapat melengkapi tabel integrasi aspek CRT pada pembelajaran berikut ini:
Content Integration | |||
Penyertaan konten dari budaya lain | Memelihara hubungan positif antara Guru dengan peserta didik | Memberikan harapan yang tinggi terhadap peserta didik | |
|
|
| |
Facilitating Knowledge Construction | |||
Membangun pengetahuan peserta didik | Penggunaan contoh pada kehidupan nyata | Membantu peserta didik berpikir kritis dan terbuka | |
|
|
| |
Prejudice Reduction | |||
Mendukung penggunaan bahasa daerah | Interaksi positif antar peserta didik | Lingkungan belajar yang nyaman | |
|
|
| |
Social Justice | |||
Guru sebagai agen perubahan | Memberi kesempatan peserta didik untuk berpikir kritis | ||
|
| ||
Academic Development | |||
Menciptakan kesempatan yang sama untuk membantu peserta didik mencapai kesuksesan akademik | Menggunakan pembelajaran berbasis projek yang dapat merefleksikan kebutuhan belajar peserta didik | ||
|
|
Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Prinsip dan Pengajaran dan Asesmen 2 Topik 3 02.02.b.3-T3-4 Demonstrasi Kontekstual"
Post a Comment