kesulitan mengerjakan tugas? saya siap membantu, silahkan wa 082257518802

PPG Prajabatan Prinsip dan Pengajaran dan Asesmen 2 Topik 3 02.02.b.3-T3-4 Demonstrasi Kontekstual

 Seperti yang telah kita pelajari sebelumnya, aplikasi pembelajaran dan asesmen menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching menjadi sangat penting mengingat negara Indonesia yang mempunyai keragaman budaya. Rancangan dan pelaksanaan proses pembelajaran dan asesmen mempertimbangkan latar belakang budaya agar Guru mempunyai rasa empati terhadap karakteristik peserta didik. Di sisi lain aplikasi pendekatan ini membantu peserta didik untuk lebih memahami pembelajaran secara kontekstual pada kehidupan sehari-harinya. Dampak positif lainnya adalah peserta didik mampu turut serta dalam upaya melestarikan kekayaan budaya di Indonesia.

Bagaimana rencana Anda mengimplementasikan pendekatan ini dalam proses pembelajaran dan asesmen? Sebagai bahan pengayaan, Anda dapat membaca jurnal pada tautan berikut ini:

https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/download/35/32/Links to an external site.

Sebagai panduan untuk mengevaluasi kegiatan pembelajaran dan asesmen, Anda dapat melengkapi tabel integrasi aspek CRT pada pembelajaran berikut ini:

Content Integration

Penyertaan konten dari budaya lain

Memelihara hubungan positif antara Guru dengan peserta didik

Memberikan harapan yang tinggi terhadap peserta didik

 

 

 

 

 

Facilitating Knowledge Construction

Membangun pengetahuan peserta didik

Penggunaan contoh pada kehidupan nyata

Membantu peserta didik berpikir kritis dan terbuka

 

 

 

 

 

Prejudice Reduction

Mendukung penggunaan bahasa daerah

Interaksi positif antar peserta didik

Lingkungan belajar yang nyaman

 

 

 

 

 

 

Social Justice

Guru sebagai agen perubahan

Memberi kesempatan peserta didik untuk berpikir kritis

 

 

 

 

 

Academic Development

Menciptakan kesempatan yang sama untuk membantu peserta didik mencapai kesuksesan akademik

Menggunakan pembelajaran berbasis projek yang dapat merefleksikan kebutuhan belajar peserta didik

 

 

 

 

 

 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Prinsip dan Pengajaran dan Asesmen 2 Topik 3 02.02.b.3-T3-4 Demonstrasi Kontekstual"

Post a Comment