Anda telah mempelajari pendekatan Culturally Responsive Teaching pada perencanaan pembelajaran dan asesmen, pada tahap ini Anda akan mendiskusikan rancangan pembelajaran dan asesmen tersebut dengan rekan mahasiswa. Kolaborasi dengan rekan mahasiswa dibutuhkan agar Anda bisa saling memberikan umpan balik dan pada akhirnya rancangan pembelajaran dan asesmen Anda dapat dipahami dan digunakan oleh Guru lain suatu saat nanti. Pembelajaran di tahap ini dapat mahasiswa lakukan dengan gallery walk secara berkelompok sehingga semua mahasiswa dapat menelaah semua rancangan pembelajaran milik rekannya.
Berikut tabel yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah kegiatan telaah rancangan pembelajaran:
Komponen Rancangan Pembelajaran | Kesesuaian | |
Sesuai | Tidak Sesuai | |
Tujuan pembelajaran mengandung unsur budaya setempat |
|
|
Model pembelajaran mempertimbangkan latar belakang budaya peserta didik |
|
|
Menggunakan model pembelajaran berbasis projek/inkuiri |
|
|
Unsur budaya setempat dibahas sebagai bagian materi pada skenario pembelajaran |
|
|
Kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya, berpikir kritis, atau diskusi |
|
|
Terdapat kolaborasi antara Guru dan peserta didik |
|
|
Tabel berikut ini digunakan untuk menelaah kelebihan dan kekurangan rancangan pembelajaran dan asesmen serta menghimpun umpan balik dari rekan mahasiswa lainnya.
Kelebihan | Kekurangan | Saran Perbaikan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Setelah menghimpun umpan balik dari rekan mahasiswa, Anda dapat memperbaiki rancangan pembelajaran dan asesmen tersebut untuk kemudian diterapkan dalam kegiatan mengajar pada PPL II.
Belum ada tanggapan untuk "PPG Prajabatan Prinsip dan Pengajaran dan Asesmen 2 Topik 3 02.02.b.3-T3-3-a Ruang Kolaborasi"
Post a Comment