les privat SMP SMA mtk ipa fisika kimia biologi tes/kuliah PPG prajabatan tes PPPK 082257518802

Soal tes pppk di grup wa hari ke 12 dari rumpen

 Soal 1 Wawancara 


Anda melihat salah satu rekan kerja tampak terdistraksi dan kurang 

produktif karena masalah pribadi. Bagaimana Anda mendekati dan 

mendukungnya?


A. Menawarkan waktu untuk berbicara dan mendengarkan masalahnya 

tanpa memberikan tekanan.


B. Memberikan fleksibilitas atau penyesuaian pekerjaan jika 

memungkinkan.


C. Menyediakan informasi atau rujukan tentang layanan dukungan 

karyawan jika ada.


D. Mengingatkan kolega tersebut bahwa tim selalu ada untuk mendukung 

dan membantu.

Soal 2 Manajerial 


Anda menemukan bahwa rekan kerja Anda mengambil barang kantor untuk 

kepentingan pribadi dan Anda menyadarinya. Maka yang akan Anda lakukan 

adalah …


A. Menghadapinya secara pribadi dan mendiskusikan masalah tersebut.


B. Melaporkannya kepada atasan atau bagian yang berwenang.

.

C. Meminta pendapat dari rekan kerja lain untuk mengetahui cara terbaik 

mengatasi situasi ini.


D. Mengabaikannya jika itu merupakan hal kecil, tetapi tetap waspada 

untuk insiden masa depan.

Soal 3 Manajerial


Apa pendapat Anda mengenai tuntutan kerja yang terus meningkat dan 

dampaknya terhadap kesejahteraan mental generasi saat ini?


A. Seimbang antara kehidupan kerja dan pribadi sangat penting untuk 

kesejahteraan mental.


B. Perusahaan harus lebih proaktif dalam mendukung kesejahteraan 

mental karyawan.


C. Generasi saat ini perlu belajar keterampilan manajemen stres dan 

ketahanan.


D. Tekanan kerja yang meningkat adalah realitas saat ini, namun harus ada batasannya.

Soal 4 SJT 


Seorang guru diberi tanggung jawab untuk mengajar kelas dengan jumlah 

siswa yang besar. Di dalam kelas tersebut, terdapat siswa dengan berbagai 

kemampuan dan kebutuhan belajar yang berbeda. Bagaimana guru tersebut 

dapat memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan perhatian yang 

memadai dan materi pelajaran yang sesuai?


A. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok berdasarkan 

kemampuan dan hanya fokus mengajar kelompok yang memiliki 

kemampuan rendah.


B. Guru mengajarkan materi dengan tingkat kesulitan standar kepada 

seluruh kelas, tanpa mempertimbangkan perbedaan kemampuan 

siswa.


C. Guru membagi kelas menjadi kelompokkelompok kecil berdasarkan 

kemampuan, memberikan tugas yang sesuai dengan level kemampuan 

setiap kelompok, dan mengunjungi setiap kelompok untuk memberikan 

bimbingan.


D. Guru memberikan materi tambahan kepada siswa yang cepat 

memahami dan memberikan bimbingan tambahan saat jam istirahat 

kepada siswa yang membutuhkan.


E. Guru menggunakan metode blended learning, di mana materi disajikan 

secara online dengan berbagai tingkat kesulitan, dan kelas tatap muka 

digunakan untuk diskusi dan klarifikasi.

Soal 5 Sosiokultural 

Setelah sesi evaluasi, rekan kerja Anda tampak kecewa dan murung. 
Bagaimana cara Anda mendekati dan memberikan dukungan moral untuk 
mengangkat semangatnya?

A. Mengajak mereka berbicara dan mendengarkan perasaan mereka 
tanpa menghakimi.

B. Memberikan perspektif positif dan menekankan pada area-area di mana 
mereka unggul.
C. Menawarkan untuk membantu mereka dalam membuat rencana tindak 
lanjut berdasarkan umpan balik yang diterima.

D. Mengingatkan mereka bahwa setiap individu memiliki kesempatan 
untuk tumbuh dan belajar dari umpan balik.
Soal 6 Sosiokultural 

Anda melihat seorang rekan kerja yang biasanya aktif mulai terlihat pasif 
dan tidak berpartisipasi. Apa tindakan Anda untuk mengidentifikasi 
masalahnya dan membantu mereka kembali terlibat?

A. Mendekati mereka secara pribadi dan menanyakan apakah ada sesuatu 
yang mengganggu.

B. Menyediakan ruang bagi mereka untuk berbicara tentang perasaan dan 
kekhawatiran mereka.

C. Mendorong mereka untuk mencari sumber daya atau dukungan yang 
mungkin mereka butuhkan.

D. Membahas masalah ini dengan pimpinan tim untuk memastikan 
dukungan tambahan jika diperlukan.
Pembahasan soal 1

A. Menawarkan waktu untuk berbicara dan mendengarkan masalahnya 
tanpa memberikan tekanan.
(Poin 4): Mendekati dengan empati dan memberikan ruang bagi rekan 
untuk berbicara adalah langkah paling berharga dalam situasi ini.

B. Memberikan fleksibilitas atau penyesuaian pekerjaan jika 
memungkinkan.
(Poin 3): Memberikan dukungan praktis bisa membantu meringankan 
beban rekan kerja.

C. Menyediakan informasi atau rujukan tentang layanan dukungan 
karyawan jika ada.
(Poin 2): Meskipun bermanfaat, tetapi mungkin tidak seefektif 
mendengarkan dan memberikan dukungan langsung.

D. Mengingatkan kolega tersebut bahwa tim selalu ada untuk mendukung 
dan membantu.
(Poin 1): Meskipun pesan ini penting, tetapi pendekatan pribadi dan 
tindakan konkret mungkin lebih berdampak.
Pembahasan soal 2

A. Menghadapinya secara pribadi dan mendiskusikan masalah tersebut.
(Poin 2): Menghadapi masalah secara langsung bisa menjadi solusi 
tetapi risikonya adalah konflik interpersonal.

B. Melaporkannya kepada atasan atau bagian yang berwenang.
(Poin 4): Melaporkan kepada otoritas yang tepat adalah langkah yang 
paling etis dan profesional.

C. Meminta pendapat dari rekan kerja lain untuk mengetahui cara terbaik 
mengatasi situasi ini.
(Poin 1): Meskipun mendapatkan perspektif lain bisa membantu, ini 
bisa menyebarluaskan masalah dan menyebabkan gosip

D. Mengabaikannya jika itu merupakan hal kecil, tetapi tetap waspada 
untuk insiden masa depan.
(Poin 3): Meskipun mungkin penting untuk memilih pertempuran Anda, 
mengabaikan masalah bisa menyebabkan insiden lebih lanjut di masa 
depan.
Pembahsan soal 3

A. Seimbang antara kehidupan kerja dan pribadi sangat penting untuk 
kesejahteraan mental.
(Poin 4): Mengakui pentingnya keseimbangan untuk kesejahteraan 
mental.

B. Perusahaan harus lebih proaktif dalam mendukung kesejahteraan 
mental karyawan.
(Poin 3): Penekanan pada tanggung jawab perusahaan terhadap 
kesejahteraan karyawan

C. Generasi saat ini perlu belajar keterampilan manajemen stres dan 
ketahanan.
(Poin 2): Mengakui kebutuhan keterampilan tetapi mungkin 
menyalahkan individu.

D. Tekanan kerja yang meningkat adalah realitas saat ini, namun harus ada 
batasannya.
(Poin 1): Mengakui realitas namun kurang menawarkan solusi.
Pembahasan soal 4

Skor untuk setiap opsi:
A. 2
B. 1
C. 5
D. 4
E. 3

Pembahasan:
- Opsi A (Fokus pada Kemampuan Rendah): Meskipun siswa dengan 
kemampuan rendah membutuhkan perhatian khusus, pendekatan ini mengabaikan kebutuhan siswa dengan kemampuan menengah dan 
tinggi.

- Opsi B (Kesulitan Standar): Mengajarkan materi dengan satu tingkat 
kesulitan mungkin tidak memenuhi kebutuhan seluruh siswa dan dapat 
membuat beberapa siswa merasa terlalu mudah atau terlalu sulit.

- Opsi C (Kelompok Berdasarkan Kemampuan): Memecah kelas berdasarkan kemampuan dan memberikan bimbingan untuk setiap 
kelompok memastikan setiap siswa mendapatkan pendekatan yang 
sesuai dengan kebutuhannya.

- Opsi D (Materi Tambahan dan Bimbingan): Memberikan perhatian 
tambahan kepada siswa yang membutuhkan bantuan adalah 
pendekatan yang baik, namun mungkin tidak efisien jika dilakukan di 
luar jam pelajaran.

- Opsi E (Blended Learning): Meskipun metode blended learning bisa 
efektif untuk beberapa kelas, guru harus memastikan semua siswa 
 memiliki akses ke teknologi dan dapat mengikuti format online.
Berdasarkan analisis tersebut, pendekatan yang paling direkomendasikan 
dalam menghadapi ini adalah Opsi C.
Pembahasan soal 5

Kata kunci soal: dukungan moral/emosional

A. Mengajak mereka berbicara dan mendengarkan perasaan mereka 
tanpa menghakimi.
(Poin 4): Pendekatan ini paling efektif karena membuka ruang untuk 
berbagi dan mendengarkan, yang bisa sangat melegakan bagi yang 
bersangkutan.

B. Memberikan perspektif positif dan menekankan pada area-area di mana 
mereka unggul.
(Poin 2): Ini bisa mengangkat semangat, tetapi mungkin tidak langsung 
menangani perasaan mereka setelah evaluasi.

C. Menawarkan untuk membantu mereka dalam membuat rencana tindak 
lanjut berdasarkan umpan balik yang diterima.
(Poin 3): Ini menunjukkan dukungan praktis dan membantu mereka 
bergerak maju, tetapi mungkin kurang dalam memberikan dukungan 
emosional.

D. Mengingatkan mereka bahwa setiap individu memiliki kesempatan 
untuk tumbuh dan belajar dari umpan balik.
(Poin 1): Meskipun ini bisa jadi benar, mungkin tidak cukup dalam 
mengangkat semangat mereka saat itu.
Pembahasan soal 6

A. Mendekati mereka secara pribadi dan menanyakan apakah ada sesuatu 
yang mengganggu.
(Poin 4): Pendekatan langsung ini menunjukkan empati dan keinginan 
untuk memahami masalah mereka.

B. Menyediakan ruang bagi mereka untuk berbicara tentang perasaan dan 
kekhawatiran mereka.
(Poin 2): Mendukung, tetapi mungkin memerlukan inisiatif lebih dari 
rekan kerja yang terganggu.

C. Mendorong mereka untuk mencari sumber daya atau dukungan yang 
mungkin mereka butuhkan.
(Poin 1): Ini bermanfaat tetapi tidak langsung menangani masalah atau 
penyebab pasivitas mereka.

D. Membahas masalah ini dengan pimpinan tim untuk memastikan 
dukungan tambahan jika diperlukan.
(Poin 3): Langkah ini bisa membantu, tetapi mungkin lebih baik setelah 
mencoba pendekatan yang lebih langsung terlebih dahulu.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Soal tes pppk di grup wa hari ke 12 dari rumpen"

Post a Comment