Soal 1 Wawancara
Anda melihat salah satu rekan kerja tampak terdistraksi dan kurang
produktif karena masalah pribadi. Bagaimana Anda mendekati dan
mendukungnya?
A. Menawarkan waktu untuk berbicara dan mendengarkan masalahnya
tanpa memberikan tekanan.
B. Memberikan fleksibilitas atau penyesuaian pekerjaan jika
memungkinkan.
C. Menyediakan informasi atau rujukan tentang layanan dukungan
karyawan jika ada.
D. Mengingatkan kolega tersebut bahwa tim selalu ada untuk mendukung
dan membantu.
Soal 2 Manajerial
Anda menemukan bahwa rekan kerja Anda mengambil barang kantor untuk
kepentingan pribadi dan Anda menyadarinya. Maka yang akan Anda lakukan
adalah …
A. Menghadapinya secara pribadi dan mendiskusikan masalah tersebut.
B. Melaporkannya kepada atasan atau bagian yang berwenang.
.
C. Meminta pendapat dari rekan kerja lain untuk mengetahui cara terbaik
mengatasi situasi ini.
D. Mengabaikannya jika itu merupakan hal kecil, tetapi tetap waspada
untuk insiden masa depan.
Soal 3 Manajerial
Apa pendapat Anda mengenai tuntutan kerja yang terus meningkat dan
dampaknya terhadap kesejahteraan mental generasi saat ini?
A. Seimbang antara kehidupan kerja dan pribadi sangat penting untuk
kesejahteraan mental.
B. Perusahaan harus lebih proaktif dalam mendukung kesejahteraan
mental karyawan.
C. Generasi saat ini perlu belajar keterampilan manajemen stres dan
ketahanan.
D. Tekanan kerja yang meningkat adalah realitas saat ini, namun harus ada batasannya.
Soal 4 SJT
Seorang guru diberi tanggung jawab untuk mengajar kelas dengan jumlah
siswa yang besar. Di dalam kelas tersebut, terdapat siswa dengan berbagai
kemampuan dan kebutuhan belajar yang berbeda. Bagaimana guru tersebut
dapat memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan perhatian yang
memadai dan materi pelajaran yang sesuai?
A. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok berdasarkan
kemampuan dan hanya fokus mengajar kelompok yang memiliki
kemampuan rendah.
B. Guru mengajarkan materi dengan tingkat kesulitan standar kepada
seluruh kelas, tanpa mempertimbangkan perbedaan kemampuan
siswa.
C. Guru membagi kelas menjadi kelompokkelompok kecil berdasarkan
kemampuan, memberikan tugas yang sesuai dengan level kemampuan
setiap kelompok, dan mengunjungi setiap kelompok untuk memberikan
bimbingan.
D. Guru memberikan materi tambahan kepada siswa yang cepat
memahami dan memberikan bimbingan tambahan saat jam istirahat
kepada siswa yang membutuhkan.
E. Guru menggunakan metode blended learning, di mana materi disajikan
secara online dengan berbagai tingkat kesulitan, dan kelas tatap muka
digunakan untuk diskusi dan klarifikasi.
Soal 5 Sosiokultural
Setelah sesi evaluasi, rekan kerja Anda tampak kecewa dan murung.
Bagaimana cara Anda mendekati dan memberikan dukungan moral untuk
mengangkat semangatnya?
A. Mengajak mereka berbicara dan mendengarkan perasaan mereka
tanpa menghakimi.
B. Memberikan perspektif positif dan menekankan pada area-area di mana
mereka unggul.
C. Menawarkan untuk membantu mereka dalam membuat rencana tindak
lanjut berdasarkan umpan balik yang diterima.
D. Mengingatkan mereka bahwa setiap individu memiliki kesempatan
untuk tumbuh dan belajar dari umpan balik.
Soal 6 Sosiokultural
Anda melihat seorang rekan kerja yang biasanya aktif mulai terlihat pasif
dan tidak berpartisipasi. Apa tindakan Anda untuk mengidentifikasi
masalahnya dan membantu mereka kembali terlibat?
A. Mendekati mereka secara pribadi dan menanyakan apakah ada sesuatu
yang mengganggu.
B. Menyediakan ruang bagi mereka untuk berbicara tentang perasaan dan
kekhawatiran mereka.
C. Mendorong mereka untuk mencari sumber daya atau dukungan yang
mungkin mereka butuhkan.
D. Membahas masalah ini dengan pimpinan tim untuk memastikan
dukungan tambahan jika diperlukan.
Pembahasan soal 1
A. Menawarkan waktu untuk berbicara dan mendengarkan masalahnya
tanpa memberikan tekanan.
(Poin 4): Mendekati dengan empati dan memberikan ruang bagi rekan
untuk berbicara adalah langkah paling berharga dalam situasi ini.
B. Memberikan fleksibilitas atau penyesuaian pekerjaan jika
memungkinkan.
(Poin 3): Memberikan dukungan praktis bisa membantu meringankan
beban rekan kerja.
C. Menyediakan informasi atau rujukan tentang layanan dukungan
karyawan jika ada.
(Poin 2): Meskipun bermanfaat, tetapi mungkin tidak seefektif
mendengarkan dan memberikan dukungan langsung.
D. Mengingatkan kolega tersebut bahwa tim selalu ada untuk mendukung
dan membantu.
(Poin 1): Meskipun pesan ini penting, tetapi pendekatan pribadi dan
tindakan konkret mungkin lebih berdampak.
Pembahasan soal 2
A. Menghadapinya secara pribadi dan mendiskusikan masalah tersebut.
(Poin 2): Menghadapi masalah secara langsung bisa menjadi solusi
tetapi risikonya adalah konflik interpersonal.
B. Melaporkannya kepada atasan atau bagian yang berwenang.
(Poin 4): Melaporkan kepada otoritas yang tepat adalah langkah yang
paling etis dan profesional.
C. Meminta pendapat dari rekan kerja lain untuk mengetahui cara terbaik
mengatasi situasi ini.
(Poin 1): Meskipun mendapatkan perspektif lain bisa membantu, ini
bisa menyebarluaskan masalah dan menyebabkan gosip
D. Mengabaikannya jika itu merupakan hal kecil, tetapi tetap waspada
untuk insiden masa depan.
(Poin 3): Meskipun mungkin penting untuk memilih pertempuran Anda,
mengabaikan masalah bisa menyebabkan insiden lebih lanjut di masa
depan.
Pembahsan soal 3
A. Seimbang antara kehidupan kerja dan pribadi sangat penting untuk
kesejahteraan mental.
(Poin 4): Mengakui pentingnya keseimbangan untuk kesejahteraan
mental.
B. Perusahaan harus lebih proaktif dalam mendukung kesejahteraan
mental karyawan.
(Poin 3): Penekanan pada tanggung jawab perusahaan terhadap
kesejahteraan karyawan
C. Generasi saat ini perlu belajar keterampilan manajemen stres dan
ketahanan.
(Poin 2): Mengakui kebutuhan keterampilan tetapi mungkin
menyalahkan individu.
D. Tekanan kerja yang meningkat adalah realitas saat ini, namun harus ada
batasannya.
(Poin 1): Mengakui realitas namun kurang menawarkan solusi.
Pembahasan soal 4
Skor untuk setiap opsi:
A. 2
B. 1
C. 5
D. 4
E. 3
Pembahasan:
- Opsi A (Fokus pada Kemampuan Rendah): Meskipun siswa dengan
kemampuan rendah membutuhkan perhatian khusus, pendekatan ini mengabaikan kebutuhan siswa dengan kemampuan menengah dan
tinggi.
- Opsi B (Kesulitan Standar): Mengajarkan materi dengan satu tingkat
kesulitan mungkin tidak memenuhi kebutuhan seluruh siswa dan dapat
membuat beberapa siswa merasa terlalu mudah atau terlalu sulit.
- Opsi C (Kelompok Berdasarkan Kemampuan): Memecah kelas berdasarkan kemampuan dan memberikan bimbingan untuk setiap
kelompok memastikan setiap siswa mendapatkan pendekatan yang
sesuai dengan kebutuhannya.
- Opsi D (Materi Tambahan dan Bimbingan): Memberikan perhatian
tambahan kepada siswa yang membutuhkan bantuan adalah
pendekatan yang baik, namun mungkin tidak efisien jika dilakukan di
luar jam pelajaran.
- Opsi E (Blended Learning): Meskipun metode blended learning bisa
efektif untuk beberapa kelas, guru harus memastikan semua siswa
memiliki akses ke teknologi dan dapat mengikuti format online.
Berdasarkan analisis tersebut, pendekatan yang paling direkomendasikan
dalam menghadapi ini adalah Opsi C.
Pembahasan soal 5
Kata kunci soal: dukungan moral/emosional
A. Mengajak mereka berbicara dan mendengarkan perasaan mereka
tanpa menghakimi.
(Poin 4): Pendekatan ini paling efektif karena membuka ruang untuk
berbagi dan mendengarkan, yang bisa sangat melegakan bagi yang
bersangkutan.
B. Memberikan perspektif positif dan menekankan pada area-area di mana
mereka unggul.
(Poin 2): Ini bisa mengangkat semangat, tetapi mungkin tidak langsung
menangani perasaan mereka setelah evaluasi.
C. Menawarkan untuk membantu mereka dalam membuat rencana tindak
lanjut berdasarkan umpan balik yang diterima.
(Poin 3): Ini menunjukkan dukungan praktis dan membantu mereka
bergerak maju, tetapi mungkin kurang dalam memberikan dukungan
emosional.
D. Mengingatkan mereka bahwa setiap individu memiliki kesempatan
untuk tumbuh dan belajar dari umpan balik.
(Poin 1): Meskipun ini bisa jadi benar, mungkin tidak cukup dalam
mengangkat semangat mereka saat itu.
Pembahasan soal 6
A. Mendekati mereka secara pribadi dan menanyakan apakah ada sesuatu
yang mengganggu.
(Poin 4): Pendekatan langsung ini menunjukkan empati dan keinginan
untuk memahami masalah mereka.
B. Menyediakan ruang bagi mereka untuk berbicara tentang perasaan dan
kekhawatiran mereka.
(Poin 2): Mendukung, tetapi mungkin memerlukan inisiatif lebih dari
rekan kerja yang terganggu.
C. Mendorong mereka untuk mencari sumber daya atau dukungan yang
mungkin mereka butuhkan.
(Poin 1): Ini bermanfaat tetapi tidak langsung menangani masalah atau
penyebab pasivitas mereka.
D. Membahas masalah ini dengan pimpinan tim untuk memastikan
dukungan tambahan jika diperlukan.
(Poin 3): Langkah ini bisa membantu, tetapi mungkin lebih baik setelah
mencoba pendekatan yang lebih langsung terlebih dahulu.
Postingan terkait:
Belum ada tanggapan untuk "Soal tes pppk di grup wa hari ke 12 dari rumpen"
Post a Comment