Soal 1 Wawancara
Jika Anda menemukan kesalahan kalkulasi dalam anggaran proyek yang sudah disetujui, bagaimana Anda akan mengatasinya?
A. Menginformasikan tim terkait dan membahas cara untuk menyesuaikan anggaran.
B. Mengusulkan rencana perbaikan untuk mengoreksi kesalahan dan meminimalisir dampaknya.
C. Mengkomunikasikan masalah tersebut kepada atasan atau stakeholder proyek untuk mendapatkan panduan.
D. Mengevaluasi dampak kesalahan pada proyek dan merencanakan strategi mitigasi.
Soal 2 Sosiokultural
Dalam sebuah proyek, Anda mendapati bahwa sebagian besar anggota tim berasal dari latar belakang yang sama, sementara Anda berbeda. Bagaimana Anda akan memastikan bahwa pandangan dan ide Anda didengar tanpa mengabaikan pandangan tim?
A. Menjadi proaktif dalam diskusi dan memastikan untuk berbicara saat ada kesempatan.
B. Menyampaikan ide dan pandangan Anda dengan jelas dan menyertakan alasan mengapa itu penting.
C. Mencari kesamaan dalam perbedaan dan mengusulkan ide yang menggabungkan berbagai perspektif.
D. Meminta feedback secara terbuka untuk memahami pandangan tim dan menyampaikan pandangan Anda.
Soal 3 Sosiokultural
Anda mendapati bahwa seorang rekan kerja perempuan lebih sering diberi tugas administratif daripada tugas-tugas yang berhubungan dengan pengambilan keputusan. Bagaimana Anda akan mendukung kesetaraan gender dalam pembagian peran di tim Anda?
A. Membicarakan masalah ini dengan atasan untuk mengubah cara pembagian tugas.
B. Mengusulkan rotasi peran untuk memberikan kesempatan yang sama kepada semua anggota tim.
C. Mendorong rekan kerja perempuan untuk menyuarakan keinginannya mengambil peran yang lebih menantang.
D. Melakukan evaluasi dan feedback sesuai kinerja, bukan berdasarkan gender.
Soal 4 manajerial
Berikan contoh bagaimana Anda pernah memotivasi tim yang mengalami kejenuhan atau kekurangan semangat kerja.
A. Mengadakan kegiatan team building untuk meningkatkan semangat.
B. Memberikan penghargaan atau pujian atas pencapaian mereka.
C. Mendiskusikan dan menangani akar masalah kejenuhan.
D. Menyediakan waktu istirahat atau menyesuaikan beban kerja.
Soal 5 Manajerial
Apa tindakan Anda jika Anda menemukan bahwa sasaran yang ditetapkan oleh atasan Anda tidak sesuai dengan sumber daya atau kapasitas tim?
A. Mendiskusikan situasi tersebut dengan atasan dan menawarkan solusi realistis.
B. Berupaya meningkatkan efisiensi dan mencari sumber daya tambahan.
C. Mengatur ulang prioritas dan menyesuaikan sasaran.
D. Menerima tantangan dan berusaha memenuhi sasaran sebaik mungkin.
Soal 6 SJT
Selama Anda sedang memberikan materi pelajaran yang kompleks, Anda perhatikan seorang siswa yang tampaknya kehilangan minat: dia menundukkan kepala, sering melihat ke luar jendela, dan tidak mencatat apa pun. Anda ingin memastikan bahwa siswa ini dan yang lainnya memahami materi dengan baik. Langkah apa yang akan Anda ambil?
A. Anda akan langsung menanyai siswa tersebut tentang materi yang sedang Anda sampaikan untuk memastikan dia memperhatikan.
B. Anda akan mengubah pendekatan mengajar Anda, mungkin dengan menambahkan aktivitas interaktif atau diskusi kelompok untuk membangkitkan minat seluruh kelas.
C. Anda akan mengabaikan siswa tersebut dan berlanjut dengan pengajaran Anda, berharap dia akan kembali fokus dengan sendirinya.
D. Anda akan memberikan istirahat singkat, kemudian meminta siswa untuk mendiskusikan apa yang mereka pahami dari materi dengan teman sebangkunya.
E. Anda akan menunda materi tersebut dan memberikan tugas atau kuis singkat kepada seluruh kelas tentang materi sebelumnya untuk menilai pemahaman mereka.
Pembahasan soal 1
A. Menginformasikan tim terkait dan membahas cara untuk menyesuaikan anggaran.
(Poin 2): Komunikasi dengan tim adalah langkah awal yang penting, tetapi ini belum mengatasi masalah secara langsung.
B. Mengusulkan rencana perbaikan untuk mengoreksi kesalahan dan meminimalisir dampaknya.
(Poin 4): Mengambil inisiatif untuk memperbaiki kesalahan adalah langkah paling proaktif dan langsung mengatasi masalah.
C. Mengkomunikasikan masalah tersebut kepada atasan atau stakeholder proyek untuk mendapatkan panduan.
(Poin 3): Menginformasikan pihak yang berkepentingan adalah penting, tetapi idealnya disertai dengan solusi yang diajukan.
D. Mengevaluasi dampak kesalahan pada proyek dan merencanakan strategi mitigasi.
(Poin 1): Meskipun evaluasi penting, tanpa tindakan konkret, masalah belum sepenuhnya ditangani.
Pembahasan soal 2
A. Menjadi proaktif dalam diskusi dan memastikan untuk berbicara saat ada kesempatan.
(Poin 2): Proaktivitas penting, tetapi tanpa strategi yang jelas, pandangan Anda mungkin tidak sepenuhnya didengar.
B. Menyampaikan ide dan pandangan Anda dengan jelas dan menyertakan alasan mengapa itu penting.
(Poin 4): Komunikasi yang jelas dan rasionalisasi membantu memastikan pandangan Anda dipertimbangkan.
C. Mencari kesamaan dalam perbedaan dan mengusulkan ide yang menggabungkan berbagai perspektif.
(Poin 3): Pendekatan ini mendukung integrasi ide, tetapi mungkin membutuhkan keterampilan negosiasi lanjutan.
D. Meminta feedback secara terbuka untuk memahami pandangan tim dan menyampaikan pandangan Anda.
(Poin 1): Meminta feedback bagus, tetapi bisa kurang efektif jika tim tidak responsif atau terbuka
pembahasan soal 3
A. Membicarakan masalah ini dengan atasan untuk mengubah cara pembagian tugas.
(Poin 2): Ini penting, tetapi mungkin membutuhkan waktu dan tidak memberikan solusi langsung.
B. Mengusulkan rotasi peran untuk memberikan kesempatan yang sama kepada semua anggota tim.
(Poin 4): Ini memastikan kesempatan yang adil dan pembelajaran beragam bagi semua anggota tim.
C. Mendorong rekan kerja perempuan untuk menyuarakan keinginannya mengambil peran yang lebih menantang.
(Poin 1): Ini dapat membantu, tetapi tidak menyelesaikan masalah struktural dan mungkin menempatkan beban pada individu.
D. Melakukan evaluasi dan feedback sesuai kinerja, bukan berdasarkan gender.
(Poin 3): Ini adalah pendekatan yang adil, tetapi mungkin tidak cukup mengatasi bias yang ada dalam penugasan.
Pembahasan soal 4
A. Mengadakan kegiatan team building untuk meningkatkan semangat.
(Poin 2): Membantu dalam membangun tim, tetapi mungkin tidak menangani masalah yang lebih mendalam.
B. Memberikan penghargaan atau pujian atas pencapaian mereka.
(Poin 3): Pengakuan dan pujian bisa sangat memotivasi, tetapi efeknya mungkin sementara.
C. Mendiskusikan dan menangani akar masalah kejenuhan.
(Poin 4): Pendekatan yang paling komprehensif dan berkelanjutan dalam menangani kejenuhan.
D. Menyediakan waktu istirahat atau menyesuaikan beban kerja.
(Poin 1): Langkah penting, tapi mungkin tidak cukup untuk menangani semua aspek kejenuhan
Pembahasan soal 5
A. Mendiskusikan situasi tersebut dengan atasan dan menawarkan solusi realistis.
(Poin 4): Ini mencerminkan pendekatan proaktif dan kolaboratif, menyeimbangkan realitas dengan ekspektasi atasan.
B..Berupaya meningkatkan efisiensi dan mencari sumber daya tambahan.
(Poin 2): Sementara ini menunjukkan inisiatif, bisa saja tidak realistis atau berkelanjutan dalam jangka panjang.
C. Mengatur ulang prioritas dan menyesuaikan sasaran.
(Poin 3): Ini merupakan cara yang baik untuk menangani masalah, tapi mungkin memerlukan persetujuan atasan.
D. Menerima tantangan dan berusaha memenuhi sasaran sebaik mungkin.
(Poin 1): Meskipun ini menunjukkan dedikasi, bisa mengarah pada burnout atau hasil yang kurang optimal.
Pembahasan soal 6
Skor untuk setiap opsi:
A. 3
B. 5
C. 1
D. 4
E. 2
Pembahasan:
Opsi A (Menanyai Siswa): Meskipun ini bisa membuat siswa kembali fokus, cara ini bisa membuat siswa merasa ditekan dan mungkin tidak akan efektif jika siswa memang tidak mengerti materi.
Opsi B (Mengubah Pendekatan Mengajar): Mengubah metode pengajaran untuk membuatnya lebih menarik dapat membangkitkan minat seluruh kelas dan memastikan bahwa mereka semua tetap terlibat.
Opsi C (Mengabaikan Siswa): Sama seperti sebelumnya, mengabaikan masalah seringkali hanya memperburuk situasi dan bisa berisiko siswa lainnya mengikuti perilaku tersebut.
Opsi D (Istirahat dan Diskusi): Memberikan istirahat singkat dapat membantu siswa merefresh pikiran mereka. Diskusi dengan teman sebangku juga membantu dalam memahami materi dari perspektif teman mereka.
Opsi E (Tugas atau Kuis Singkat): Meskipun ini bisa memberikan gambaran tentang pemahaman siswa, ini mungkin tidak langsung mengatasi masalah kehilangan minat saat itu juga.
Berdasarkan analisis tersebut, opsi yang paling direkomendasikan dalam menghadapi skenario ini adalah Opsi B.
Belum ada tanggapan untuk "Soal tes pppk di grup wa hari ke 13 dari rumpen"
Post a Comment