kesulitan mengerjakan tugas? saya siap membantu, silahkan wa 082257518802

Soal tes pppk di grup wa hari ke 7 dari rumpen

 Soal 1 Manajerial


Saat menilai kompetensi individu dalam tim, faktor-faktor apa yang 

Anda pertimbangkan selain hasil kerja mereka?


A. Sikap kerja, kemampuan berkomunikasi, dan kerjasama dengan rekan 

kerja.


B. Kemampuan adaptasi, pemecahan masalah, dan kreativitas.


C. Keterampilan interpersonal dan kontribusi terhadap dinamika tim..

D. Keberlanjutan kinerja dan potensi pertumbuhan di masa depan.

Soal 2 Manajerial


Ketika membagikan tugas, bagaimana Anda menyeimbangkan antara 

keahlian individual anggota tim dengan tuntutan pekerjaan yang perlu 

diselesaikan?


A. Kadang-kadang memberikan tugas di luar zona kenyamanan untuk 

pertumbuhan pribadi.


B. Menyusun tugas berdasarkan urgensi dan prioritas, kemudian menyesuaikan dengan keahlian.


C. Membuat rotasi tugas agar semua anggota memiliki kesempatan yang 

sama.


D. Selalu berusaha untuk menyesuaikan tugas dengan keahlian anggota 

tim.

Soal 3 Sosiokultural


Anda ditempatkan di sebuah tim yang memiliki latar belakang yang 

beragam. Bagaimana Anda akan memastikan semua suara didengar dan 

dihargai tanpa adanya diskriminasi?


A. Mengusulkan untuk memiliki sistem rotasi atau giliran saat berbicara 

dalam diskusi tim.


B. Mendorong setiap anggota tim untuk berbagi pendapat atau ide tanpa 

takut mendapat kritik.


C. Membuat aturan atau pedoman diskusi yang menekankan pada rasa 

hormat dan inklusivitas.


D. Mengajak tim untuk merayakan keberagaman dan menghargai setiap 

kontribusi.

Soal 4 Sosialkultural


Anda menyadari bahwa seorang kolega asing sering kesulitan mengerti 

norma-norma sosial di tempat kerja. Bagaimana Anda akan membantu 

kolega tersebut dalam beradaptasi?


A. Mengajaknya untuk sesi orientasi atau pengenalan tentang budaya 

kerja lokal.


B. Mengadakan diskusi informal dengan tim untuk berbagi pengalaman 

dan memahami perbedaan budaya.


C. Menawarkan diri sebagai mentor atau teman yang bisa diajak konsultasi tentang norma sosial di tempat kerja.


D. Menyediakan sumber daya atau literatur yang menjelaskan tentang 

budaya kerja dan norma-norma sosial di perusahaan.

Soal 5 Wawancara


Anda harus menghadiri rapat penting sebagai pengganti kolega Anda yang 

mendadak berhalangan. Bagaimana Anda memastikan Anda siap dalam 

waktu singkat?


A. Menggunakan waktu yang tersedia untuk mempersiapkan diri dan 

memahami topik rapat.

B. Menghubungi rekan kerja yang mungkin memiliki informasi tambahan 

atau wawasan. 

C. Meminta semua materi atau agenda rapat dari kolega atau atasan saya.

D. Membuat catatan singkat tentang poin-poin penting yang perlu dibahas 

dalam rapat.

.

Soal 6 SJT


Anda adalah seorang guru yang ingin menggunakan media sosial dalam pembelajaran Anda. Anda memiliki beberapa opsi untuk mengintegrasikan 

media sosial. Pilihlah opsi yang paling sesuai dengan situasi ini, dengan 

memberikan penilaian berdasarkan skala 1 hingga 5, di mana 1 adalah 

pilihan yang paling tidak sesuai dan 5 adalah pilihan yang paling sesuai.


A. Anda membuat grup diskusi di platform media sosial di mana siswa 

dapat berbagi sumber dan mendiskusikan materi pelajaran.


B. Anda meminta siswa untuk memposting hal-hal pribadi mereka yang 

berkaitan dengan materi pelajaran tanpa mempertimbangkan privasi 

mereka.


C. Anda mengadakan kuis atau polling di media sosial untuk mendapatkan 

umpan balik langsung tentang pemahaman siswa terhadap materi. 


D. Anda menggunakan media sosial hanya sebagai platform 

pengumuman tanpa interaksi dua arah antara guru dan siswa.


E. Anda membiarkan siswa menggunakan media sosial sewaktu-waktu 

tanpa pedoman atau tujuan pembelajaran tertentu.

PEMBAHSAN SOAL 1


A. Sikap kerja, kemampuan berkomunikasi, dan kerjasama dengan rekan 

kerja.

(Poin: 3) Alasan: Faktor-faktor ini sangat penting dalam konteks kerja 

tim dan kolaborasi. Namun, mereka hanya salah satu dari beberapa 

aspek yang perlu dipertimbangkan.


B. Kemampuan adaptasi, pemecahan masalah, dan kreativitas.

(Poin: 4) Alasan: Kemampuan untuk beradaptasi, memecahkan 

masalah, dan berpikir kreatif adalah indikator utama dari kompetensi 

individu dalam banyak situasi kerja dan dapat mempengaruhi hasil kerja 

secara langsung.


C. Keterampilan interpersonal dan kontribusi terhadap dinamika tim.

(Poin: 2) Alasan: Sementara keterampilan interpersonal sangat penting 

untuk kerja tim, mereka harus dilihat dalam konteks yang lebih luas dari 

kompetensi keseluruhan.


D. Keberlanjutan kinerja dan potensi pertumbuhan di masa depan.

(Poin: 1) Alasan: Meskipun penting, menilai potensi masa depan bisa 

menjadi subjektif dan bergantung pada banyak variabel.

PEMBAHASAN SOAL 2


A. Kadang-kadang memberikan tugas di luar zona kenyamanan untuk 

pertumbuhan pribadi.

(Poin: 3) Alasan: Meskipun penting untuk tantangan dan pertumbuhan, 

ini harus dilakukan dengan pertimbangan dan dukungan yang memadai 

untuk memastikan anggota tim tidak merasa kewalahan.


B. Menyusun tugas berdasarkan urgensi dan prioritas, kemudian 

menyesuaikan dengan keahlian.

(Poin: 2) Alasan: Meskipun pendekatan ini memastikan bahwa tugas-

tugas kritis ditangani terlebih dahulu, itu mungkin tidak selalu 

memaksimalkan keahlian individu atau mempromosikan pertumbuhan.


C. Membuat rotasi tugas agar semua anggota memiliki kesempatan yang 

sama.

(Poin: 1) Alasan: Rotasi tugas dapat menyebabkan ketidaksesuaian 

antara keahlian dan tugas serta mempengaruhi produktivitas dan 

kualitas pekerjaan.


D. Selalu berusaha untuk menyesuaikan tugas dengan keahlian anggota 

tim.

(Poin: 4) Alasan: Memaksimalkan keahlian individu adalah cara terbaik 

untuk memastikan produktivitas dan kualitas pekerjaan yang tinggi. Ini 

juga meningkatkan kepuasan kerja dan motivasi anggota tim.

PEMBAHASAN SOAL 3


A. Poin: 2. Meski sistem rotasi memberikan kesempatan yang sama untuk 
setiap anggota berbicara, namun cara ini mungkin terlalu kaku dan tidak 
mempertimbangkan dinamika diskusi yang organik.

B. 
Poin: 3. Menghargai dan mendorong partisipasi adalah langkah positif, 
tapi tanpa struktur yang mendukung, mungkin sulit untuk mencegah 
diskriminasi atau bias.

C. Poin: 1. Meskipun aturan penting, mereka tidak selalu cukup untuk 
menjamin inklusivitas, terutama jika tidak ada mekanisme untuk 
menegakkan aturan tersebut.

D. 
Poin: 4. Dengan menciptakan budaya di mana keberagaman dihargai 
dan kontribusi setiap anggota diakui, anggota tim akan lebih mungkin untuk merasa dihargai dan termotivasi untuk berpartisipasi.
PEMBAHASAN SOAL 4

A. Poin: 3. Mengenalkannya pada norma dan budaya kerja lokal dapat 
membantu, tetapi mungkin tidak sepenuhnya mencakup semua nuansa 
atau kekhasan budaya tersebut.

B. 
Poin: 2. Meskipun diskusi seperti ini bisa bermanfaat, mereka mungkin 
tidak memberikan gambaran yang lengkap tentang norma sosial di 
tempat kerja.

C. 
Poin: 4. Memberikan dukungan pribadi dan menjadi sumber informasi 
yang dapat diakses dapat membantu kolega tersebut dalam 
beradaptasi dengan lebih cepat dan efektif.

D. Poin: 1. Meskipun literatur dapat memberikan panduan yang berguna, 
mereka mungkin tidak seefektif dukungan dan bimbingan pribadi.
PEMBAHASAN SOAL 5

A. Menggunakan waktu yang tersedia untuk mempersiapkan diri dan 
memahami topik rapat.
(Poin 3): Waktu persiapan efektif akan sangat membantu dalam 
memahami konteks rapat.

B. Menghubungi rekan kerja yang mungkin memiliki informasi tambahan 
atau wawasan.
(Poin 2): Wawasan tambahan bisa membantu, tetapi tergantung pada kualitas informasi yang diterima.

C. Meminta semua materi atau agenda rapat dari kolega atau atasan saya.
(Poin 4): Memiliki materi rapat adalah langkah pertama yang esensial 
untuk persiapan.

D. Membuat catatan singkat tentang poin-poin penting yang perlu dibahas 
dalam rapat.
(Poin 1): Meskipun ini membantu, namun tanpa konteks atau informasi 
yang tepat, catatan tersebut mungkin tidak akan maksimal.
PEMBAHASAN SOAL 6

Skor untuk setiap opsi:
A. 5
B. 2
C. 4
D. 3
E. 1
Pembahasan:
• Opsi A: (Grup Diskusi): Memberikan struktur dengan membuat grup 
diskusi memungkinkan interaksi siswa yang terfokus dan mendukung 
pembelajaran aktif, sehingga mendapat skor tinggi.

• Opsi B: (Posting Hal Pribadi): Meminta siswa untuk membagikan hal-
hal pribadi dapat melanggar privasi mereka dan tidak relevan dengan 
pembelajaran, sehingga mendapat skor rendah.

• Opsi C: (Kuis atau Polling): Menggunakan kuis atau polling dapat 
memberikan umpan balik langsung tentang pemahaman siswa, 
mendukung pembelajaran aktif, dan mendapat skor sedang.

• Opsi D: (Pengumuman Tanpa Interaksi): Menggunakan media sosial 
hanya sebagai platform pengumuman membatasi interaksi dua arah, sehingga mendapat skor sedang.

• Opsi E: (Tanpa Pedoman Pembelajaran): Membiarkan siswa 
menggunakan media sosial tanpa pedoman atau tujuan pembelajaran 
tidak efektif dan mendapat skor terendah.
 

Berdasarkan analisis tersebut, opsi yang paling direkomendasikan dalam 
menghadapi skenario ini adalah Opsi A.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Soal tes pppk di grup wa hari ke 7 dari rumpen"

Post a Comment