Manajerial
Anda adalah seorang guru yang ditugaskan untuk menangani kelas yang memiliki beberapa siswa dengan kesulitan belajar. Suatu hari, seorang siswa mengeluh kepada Anda bahwa ia merasa tertinggal karena metode pembelajaran yang digunakan terlalu cepat. Apa tindakan yang paling tepat yang Anda lakukan?
A. Meminta siswa tersebut untuk belajar lebih giat di rumah agar bisa mengejar ketertinggalan.
B. Mengubah metode mengajar sepenuhnya untuk menyesuaikan dengan siswa yang mengalami kesulitan.
C. Menggunakan pendekatan yang lebih fleksibel dengan memberikan tambahan bimbingan bagi siswa yang membutuhkan.
D. Memberikan tugas tambahan kepada siswa tersebut agar lebih banyak berlatih.
Manajerial
Sekolah Anda mulai menerapkan kurikulum baru yang mengharuskan lebih banyak penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Namun, beberapa rekan guru merasa kesulitan dalam mengadaptasi perubahan ini. Apa yang Anda lakukan?
A. Mengajak mereka untuk bersama-sama belajar dan berbagi pengalaman dalam penggunaan teknologi.
B. Menyarankan agar mereka tetap menggunakan metode lama yang sudah mereka kuasai.
C. Mengabaikan kesulitan mereka karena itu bukan tanggung jawab Anda.
D. Menyarankan mereka untuk mengikuti pelatihan mandiri agar lebih memahami teknologi.
Sosialkultural
Seorang guru di sekolah memiliki siswa dengan latar belakang budaya yang beragam. Dalam suatu diskusi kelas, ada siswa yang merasa kurang nyaman untuk berbicara karena perbedaan bahasa daerah. Sebagai guru, tindakan yang paling tepat untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif adalah...
A. Meminta siswa tersebut untuk beradaptasi dengan bahasa yang umum digunakan di kelas.
B. Menggunakan bahasa yang lebih formal dan meminta siswa lain mengikuti aturan yang sama
C. Menciptakan suasana kelas yang menghargai keberagaman budaya dengan memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk berbagi dalam bahasa yang mereka pahami dengan bimbingan
D. Menghindari diskusi yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi siswa tertentu.
Sosialkultural
Dalam suatu sekolah, terdapat perbedaan sosial-ekonomi yang mencolok di antara siswa. Beberapa siswa berasal dari keluarga mampu, sementara yang lain berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi. Sikap guru yang paling tepat dalam menghadapi situasi ini adalah...
A. Menyamakan perlakuan tanpa mempertimbangkan latar belakang ekonomi siswa.
B. Memberikan perhatian lebih kepada siswa yang kurang mampu agar tidak merasa tertinggal dalam kegiatan sekolah.
C. Mendorong siswa yang mampu untuk membantu siswa lain dalam bentuk materi.
D. Membiarkan siswa beradaptasi sendiri dengan kondisi mereka masing-masing.
Wawancara
Seorang kepala sekolah ingin meningkatkan efektivitas pembelajaran berbasis teknologi di sekolahnya. Ia meminta Anda, sebagai guru, untuk mengusulkan solusi inovatif yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran daring. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Menggunakan platform pembelajaran interaktif yang memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam diskusi, kuis, dan simulasi pembelajaran.
B. Memberikan tugas berbasis proyek yang memanfaatkan teknologi digital, seperti pembuatan vlog atau infografis, untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa.
C. Mengirimkan materi pembelajaran dalam bentuk PDF dan video agar siswa bisa belajar secara mandiri tanpa banyak interaksi langsung.
D. Menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran daring dengan memberikan materi secara langsung melalui video conference.
Soal Situational Judgment Test (SJT)
Anda adalah seorang guru di sekolah negeri yang baru saja menerapkan kebijakan baru mengenai penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Seorang rekan sejawat merasa kesulitan dengan kebijakan ini dan mengeluh kepada Anda bahwa ia tidak terbiasa menggunakan teknologi dalam mengajar. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Memberi tahu rekan tersebut bahwa teknologi memang sudah menjadi tuntutan zaman dan ia harus belajar sendiri untuk beradaptasi.
B. Mengusulkan kepada pimpinan sekolah agar mengadakan pelatihan teknologi agar semua guru bisa lebih mudah beradaptasi.
C. Mengajak rekan tersebut untuk belajar bersama dalam menggunakan teknologi agar ia lebih terbantu.
D. Menyarankan rekan tersebut untuk meminta bantuan kepada guru lain yang lebih paham teknologi.
E. Mengabaikan keluhan rekan sejawat karena setiap guru memiliki tanggung jawab masing-masing dalam meningkatkan kompetensinya.
Pembahasan soal 1
- A (1 Poin): Kurang tepat karena hanya membebankan tanggung jawab kepada siswa tanpa memberikan solusi konkret. Seorang guru perlu memberikan dukungan, bukan hanya menyarankan belajar lebih giat.
- B (2 Poin): Kurang efektif karena mengubah metode secara keseluruhan bisa berdampak pada siswa lain yang mungkin sudah nyaman dengan metode yang ada.
- C (4 Poin): Jawaban paling tepat karena memberikan solusi yang seimbang dengan memberikan bimbingan tambahan tanpa mengorbankan kemajuan siswa lainnya.
- D (3 Poin): Sebagian tepat, tetapi hanya memberikan tugas tambahan tanpa pendampingan bisa membuat siswa semakin kesulitan.
Pembahasan soal 2
- A (4 Poin): Jawaban paling tepat karena pendekatan kolaboratif akan lebih membantu rekan-rekan guru dalam beradaptasi dengan perubahan teknologi.
- B (1 Poin): Tidak tepat karena tetap menggunakan metode lama akan menghambat implementasi kurikulum baru dan kemajuan pendidikan.
- C (2 Poin): Tidak bertanggung jawab sebagai seorang guru profesional yang seharusnya saling mendukung dalam lingkungan kerja.
- D (3 Poin): Cukup baik, tetapi hanya menyarankan pelatihan mandiri tanpa dukungan bersama bisa membuat rekan guru merasa kesulitan dalam proses adaptasi.
Pembahsan soal 3
A. Meminta siswa tersebut untuk beradaptasi dengan bahasa yang umum digunakan di kelas.
(1 Poin)
Pembahasan:
Meskipun adaptasi itu penting, memaksa siswa untuk segera menyesuaikan diri tanpa dukungan dapat membuatnya semakin tertutup dan tidak nyaman dalam belajar.
B. Menggunakan bahasa yang lebih formal dan meminta siswa lain mengikuti aturan yang sama.
(2 Poin)
Pembahasan:
Pendekatan ini mungkin terlihat adil, tetapi penggunaan bahasa formal secara kaku bisa menghambat komunikasi dan tidak membantu siswa yang kesulitan.
C. Menciptakan suasana kelas yang menghargai keberagaman budaya dengan memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk berbagi dalam bahasa yang mereka pahami dengan bimbingan.
(4 Poin)
Pembahasan:
Pendekatan ini mendorong inklusivitas dan membuat siswa merasa lebih nyaman untuk berpartisipasi. Dengan adanya bimbingan dari guru, siswa tetap dapat memahami materi dengan baik.
D. Menghindari diskusi yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi siswa tertentu.
(3 Poin)
Pembahasan:
Meskipun ini dapat menghindari konflik sementara, solusi ini tidak mengatasi akar permasalahan. Justru, penting bagi guru untuk mengajarkan cara menghadapi perbedaan dengan baik.
pembahasan soal 4
A. Menyamakan perlakuan tanpa mempertimbangkan latar belakang ekonomi siswa.
(2 Poin)
Pembahasan:
Sikap adil memang penting, tetapi perlakuan yang terlalu umum bisa mengabaikan kebutuhan khusus siswa yang kurang mampu.
B. Memberikan perhatian lebih kepada siswa yang kurang mampu agar tidak merasa tertinggal dalam kegiatan sekolah.
(4 Poin)
Pembahasan:
Pendekatan ini membantu siswa yang mengalami keterbatasan tanpa merendahkan mereka, sekaligus memastikan mereka mendapatkan kesempatan belajar yang sama.
C. Mendorong siswa yang mampu untuk membantu siswa lain dalam bentuk materi.
(3 Poin)
Pembahasan:
Bantuan dari sesama siswa bisa bermanfaat, tetapi harus dilakukan dengan cara yang tidak menimbulkan rasa ketergantungan atau mempermalukan siswa penerima bantuan.
D. Membiarkan siswa beradaptasi sendiri dengan kondisi mereka masing-masing.
(1 Poin)
Pembahasan:
Tanpa bimbingan dari guru, kesenjangan sosial dapat semakin melebar dan menyebabkan ketidakadilan dalam lingkungan belajar.
Belum ada tanggapan untuk "Soal tes pppk di grup wa hari ke 9 dari rumpen"
Post a Comment