kesulitan mengerjakan tugas? saya siap membantu, silahkan wa 082257518802

Soal tes pppk di grup wa hari ke 10 dari rumpen

 Manajerial


Anda adalah guru di sebuah sekolah menengah dan baru-baru ini menemukan bahwa beberapa guru memberikan nilai lebih tinggi untuk siswa yang mengikuti les tambahan yang mereka adakan secara pribadi. Bagaimana Anda seharusnya menangani situasi ini untuk memastikan integritas akademik?


A. Berbicara langsung dengan guru-guru tersebut untuk menghentikan praktik ini.

B. Melaporkan kejadian ini kepada kepala sekolah tanpa konfrontasi langsung.

C. Mengusulkan pelatihan etika dan penilaian untuk semua staf pengajar.

D. Memilih untuk mengabaikan situasi, menganggap ini bukan urusan Anda.

Manajerial


Di sebuah institusi pendidikan, saya sebagai pengawas akademik menemukan bukti kecurangan dalam pemberian nilai oleh beberapa instruktur untuk memperbaiki statistik kelas mereka. Meskipun risiko reaksi negatif jika terungkap, sebagai pengawas, tindakan saya adalah ....


A. Mengabaikan masalah untuk menghindari konflik.

B. Mengadakan pertemuan pribadi dengan instruktur terkait.

C. Melaporkan temuan kepada otoritas yang lebih tinggi.

D. Menyelidiki lebih lanjut sebelum mengambil tindakan.

Sosio-kultural 


Di sekolah Anda yang multikultural, beberapa siswa dari agama minoritas merasa terabaikan selama perayaan hari besar sekolah yang hanya memfokuskan pada agama mayoritas. Bagaimana Anda dapat berkontribusi untuk memastikan semua siswa merasa termasuk dan dihargai?


A. Mengusulkan agar panitia perayaan memasukkan elemen dari semua agama.

B. Menyelenggarakan diskusi terbuka tentang keberagaman keagamaan dengan siswa dan guru.

C. Menulis artikel di buletin sekolah mengenai pentingnya inklusivitas dalam perayaan.

D. Mengajak teman-teman dari agama minoritas untuk berbagi tradisi mereka dalam acara sekolah.

Sosio-kultural


Sebagai pemimpin komunitas lokal, Anda menyadari ada perpecahan antara kelompok-kelompok berbeda yang menghambat kerjasama. Bagaimanakah sikap Anda untuk menyatukan mereka dan mendorong persatuan?


A. Mengadakan pertemuan rutin untuk membahas isu-isu bersama.

B. Menghindari diskusi tentang isu-isu sensitif.

C. Mengatur kegiatan bersama yang melibatkan semua kelompok.

D. Membiarkan mereka menyelesaikan masalah sendiri.

Wawancara


Anda menerima tawaran suap dari seseorang yang berusaha mempengaruhi keputusan Anda dalam pekerjaan. Apa langkah terbaik yang harus Anda ambil untuk menanggapi situasi ini dengan benar dan menjaga integritas profesional Anda?


A. Menerima tawaran tersebut secara diam-diam dan kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada atasan Anda.

B. Menolak tawaran tersebut dan secara terbuka melaporkan kejadian kepada pihak berwenang atau komite etika di tempat kerja.

C. Menerima tawaran tersebut tetapi tidak mempengaruhi keputusan Anda, dan kemudian melaporkan kejadian tersebut.

D. Mengabaikan tawaran tersebut dan tidak memberitahu siapa pun tentang kejadian tersebut.

SJT 


Anda mengajar kelas di mana seorang siswa sering menggunakan ponselnya selama jam pelajaran, menyebabkan gangguan tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk teman-temannya. Bagaimana Anda akan menangani situasi ini untuk meminimalkan gangguan tanpa mengesampingkan kebutuhan siswa?


A. Menerapkan kebijakan ketat "tanpa ponsel" di kelas dan memberikan sanksi bagi siapa saja yang melanggar.

B. Mendiskusikan secara pribadi dengan siswa tersebut untuk mengetahui alasan penggunaan ponsel dan memberikan solusi alternatif yang sesuai.

C. Membiarkan siswa menggunakan ponsel saat istirahat atau pada waktu tertentu yang dijadwalkan selama pelajaran.

D. Memasukkan elemen penggunaan teknologi yang konstruktif dalam pelajaran, sehingga penggunaan ponsel bisa diarahkan untuk tujuan edukatif.

E. Mengatur agar semua siswa menempatkan ponsel mereka di depan kelas sebelum pelajaran dimulai.

Pembahasan Soal Nomor 1


A. Berbicara langsung dengan guru-guru tersebut untuk menghentikan praktik ini.

Poin 2


Pembahasan 

(Percakapan Langsung) Memiliki potensi untuk memperbaiki situasi secara internal, tetapi mungkin tidak mencegah perilaku di masa depan atau di antara guru lain.


B. Melaporkan kejadian ini kepada kepala sekolah tanpa konfrontasi langsung.

Poin 3


Pembahasan 

(Melaporkan ke Kepala Sekolah): Langkah ini memastikan masalah ditangani tetapi mungkin tidak memperkuat transparansi atau keadilan dalam penilaian.


C. Mengusulkan pelatihan etika dan penilaian untuk semua staf pengajar.

Poin 4 


Pembahasan

(Pelatihan Etika): Ini adalah solusi jangka panjang yang paling efektif yang tidak hanya mengatasi masalah saat ini tetapi juga membantu mencegah masalah serupa di masa depan dengan meningkatkan standar profesionalisme dan etika di kalangan staf.


D. Memilih untuk mengabaikan situasi, menganggap ini bukan urusan Anda.

Poin 1


Pembahasan 

(Mengabaikan Situasi): Ini adalah pendekatan yang paling tidak bertanggung jawab dan tidak mengatasi masalah integritas akademik yang serius.

Pembahasan Soal Nomor 2 


A. Mengabaikan masalah untuk menghindari konflik.

Poin 1 


Pembahasan

(Mengabaikan): Membiarkan kecurangan berlanjut bisa merusak integritas akademis dan kepercayaan terhadap institusi, mengarah pada masalah yang lebih besar di masa depan.


B. Mengadakan pertemuan pribadi dengan instruktur terkait.

Poin 1 


Pembahasan

(Pertemuan pribadi): Memberikan kesempatan untuk klarifikasi dan perbaikan, namun mungkin tidak cukup tegas untuk mencegah kecurangan di masa depan.


C. Melaporkan temuan kepada otoritas yang lebih tinggi.

Poin 4 


Pembahasan

(Melaporkan): Ini adalah pendekatan yang paling bertanggung jawab dan etis, menegaskan bahwa integritas akademis lebih penting daripada risiko pribadi dan mengukuhkan keadilan bagi semua siswa.


D. Menyelidiki lebih lanjut sebelum mengambil tindakan.

Poin 3 


Pembahasan

 (Menyelidiki lebih lanjut): Memastikan bahwa tindakan diambil berdasarkan bukti yang lengkap, namun dapat menunda penanganan masalah yang sudah jelas dan mendesak.

Pembahasan Soal Nomor 3 

A. Mengusulkan agar panitia perayaan memasukkan elemen dari semua agama.
Poin 3

Pembahasan
(Mengusulkan perubahan): Ini adalah langkah proaktif yang menunjukkan kepemimpinan dan pemikiran inklusif, namun mungkin membutuhkan waktu dan persetujuan dari banyak pihak.

B. Menyelenggarakan diskusi terbuka tentang keberagaman keagamaan dengan siswa dan guru.
Poin 2

Pembahasan
(Diskusi terbuka): Mendorong pemahaman dan dialog antaragama, tetapi mungkin tidak langsung mempengaruhi perayaan sekolah.

C. Menulis artikel di buletin sekolah mengenai pentingnya inklusivitas dalam perayaan.
Poin 1

Pembahasan
(Menulis artikel): Meningkatkan kesadaran melalui media tulis, tetapi efeknya lebih pasif dan kurang langsung.

D. Mengajak teman-teman dari agama minoritas untuk berbagi tradisi mereka dalam acara sekolah.
Poin 4

Pembahasan
(Berbagi tradisi): Langsung mendukung inklusivitas dengan memungkinkan siswa dari agama minoritas untuk terlibat secara aktif dan menunjukkan keunikan mereka, yang memperkuat rasa dihargai dan dihormati di antara siswa.
Pembahasan Soal Nomor 4 

A. Mengadakan pertemuan rutin untuk membahas isu-isu bersama.
Poin 3

Pembahasan 
(Mengadakan pertemuan rutin untuk membahas isu-isu bersama): Pertemuan rutin dapat membantu membuka komunikasi dan menemukan solusi bersama, tetapi mungkin tidak cukup untuk benar-benar menyatukan kelompok.

B. Menghindari diskusi tentang isu-isu sensitif.
Poin 1

Pembahasan 
(Menghindari diskusi tentang isu-isu sensitif): Ini menghindari masalah dan tidak membantu dalam mencapai persatuan atau pemahaman.

C. Mengatur kegiatan bersama yang melibatkan semua kelompok.
Poin 4

Pembahasan 
(Mengatur kegiatan bersama yang melibatkan semua kelompok): Kegiatan bersama bisa mempromosikan kerjasama dan pemahaman, membantu menyatukan komunitas secara lebih efektif.

D. Membiarkan mereka menyelesaikan masalah sendiri.
Poin 2

Pembahasan 
(Membiarkan mereka menyelesaikan masalah sendiri): Ini menunjukkan kurangnya kepemimpinan dan mungkin memperburuk perpecahan.
Pembahasan Soal Nomor 5 

A. Menerima tawaran tersebut secara diam-diam dan kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada atasan Anda.
Poin 2

Pembahasan
(Menerima dan Melaporkan Kemudian): Menerima tawaran suap, meskipun dilaporkan kemudian, masih melibatkan pelanggaran etika dan hukum.

B. Menolak tawaran tersebut dan secara terbuka melaporkan kejadian kepada pihak berwenang atau komite etika di tempat kerja.
Poin 4

Pembahasan
(Menolak dan Melaporkan Secara Terbuka): Pilihan terbaik karena menolak tawaran suap dan melaporkan kejadian secara terbuka memastikan integritas dan transparansi dalam pekerjaan.

C. Menerima tawaran tersebut tetapi tidak mempengaruhi keputusan Anda, dan kemudian melaporkan kejadian tersebut.
Poin 1

Pembahasan
(Menerima tetapi Tidak Mempengaruhi): Menerima tawaran suap meskipun tidak mempengaruhi keputusan masih merupakan pelanggaran etika yang signifikan.

D. Mengabaikan tawaran tersebut dan tidak memberitahu siapa pun tentang kejadian tersebut.
Poin 3

Pembahasan
(Mengabaikan Tawaran): Tidak melaporkan kejadian ini dapat membiarkan potensi pelanggaran etika dan hukum berlanjut tanpa tindakan korektif.
Pembahasan Soal Nomor 6 

A. Menerapkan kebijakan ketat "tanpa ponsel" di kelas dan memberikan sanksi bagi siapa saja yang melanggar.
Poin 1 

Pembahasan
 (Kebijakan Ketat): Meskipun efektif mengurangi gangguan, pendekatan ini bisa terasa terlalu restriktif dan tidak memperhatikan kebutuhan individual siswa.

B. Mendiskusikan secara pribadi dengan siswa tersebut untuk mengetahui alasan penggunaan ponsel dan memberikan solusi alternatif yang sesuai.
Poin 5 

Pembahasan
(Diskusi Pribadi): Pendekatan ini menghargai kebutuhan individu siswa dan mencoba menemukan alasan di balik perilakunya, membuka jalan untuk solusi yang lebih baik dan lebih personal.

C. Membiarkan siswa menggunakan ponsel saat istirahat atau pada waktu tertentu yang dijadwalkan selama pelajaran.
Poin 3 

Pembahasan
(Penggunaan Ponsel Terjadwal): Memberikan kelonggaran yang terkontrol bisa efektif, tetapi masih mungkin mengalihkan perhatian siswa pada waktu-waktu tertentu.

D. Memasukkan elemen penggunaan teknologi yang konstruktif dalam pelajaran, sehingga penggunaan ponsel bisa diarahkan untuk tujuan edukatif.
Poin 4 

Pembahasan
(Integrasi Teknologi dalam Pelajaran): Memanfaatkan ponsel sebagai alat pembelajaran mengubah gangguan menjadi kesempatan belajar, tetapi perlu pengaturan yang hati-hati untuk memastikan penggunaan yang produktif.

E. Mengatur agar semua siswa menempatkan ponsel mereka di depan kelas sebelum pelajaran dimulai.
Poin 2 

Pembahasan
(Menempatkan Ponsel di Depan Kelas): Mengurangi gangguan secara langsung tetapi tidak sepenuhnya memperhatikan kebutuhan personal siswa dan bisa terasa membatas

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Soal tes pppk di grup wa hari ke 10 dari rumpen"

Post a Comment