kesulitan mengerjakan tugas? saya siap membantu, silahkan wa 082257518802

Soal tes pppk di grup wa hari ke 16 dari rumpen

 Soal 1: Manajerial


Anda diberi tanggung jawab tambahan tanpa ada pemberitahuan sebelumnya dan tanpa petunjuk yang jelas. Maka yang akan Anda lakukan adalah …

A. Mencoba menyelesaikan tugas tersebut berdasarkan pemahaman saya sendiri dan mencari sumber daya yang tersedia.

B. Berkonsultasi dengan rekan kerja untuk mendapatkan masukan atau panduan.

C. Meminta waktu tambahan untuk mempersiapkan diri dan memahami tanggung jawab baru tersebut.

D. Menghubungi atasan atau pemberi tugas untuk meminta klarifikasi dan petunjuk lebih lanjut.

Soal 2: Sosiokultural


Anda memperhatikan bahwa kegiatan perusahaan sering tidak memperhitungkan kebutuhan karyawan difabel. Apa langkah konkret yang akan Anda usulkan untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih inklusif?


A. Menyusun dan mengusulkan kebijakan inklusi difabel kepada manajemen.

B. Mengadakan sesi pelatihan kesadaran difabel untuk seluruh karyawan.

C. Mengusulkan penyesuaian fisik di tempat kerja, seperti aksesibilitas untuk kursi roda atau teknologi pendukung untuk karyawan dengan kebutuhan khusus.

D. Mengundang organisasi difabel untuk memberikan masukan tentang bagaimana perusahaan bisa lebih inklusif.

Soal 3: Wawancara


Sebagai pemimpin tim dalam sebuah proyek, apa metode Anda untuk mendorong kerjasama tim dan produktivitas?


A. Memberikan pengakuan dan pujian kepada anggota tim atas prestasi mereka.

B. Menetapkan tujuan yang jelas dan menyediakan sumber daya yang diperlukan.

C. Mendorong keterlibatan anggota tim dalam pengambilan keputusan.

D. Mengatur pertemuan rutin untuk memantau kemajuan dan mendorong komunikasi terbuka.

Soal 4: SJT (khusus guru)


Selama pelajaran, Anda menyadari bahwa seorang siswa seringkali sibuk dengan ponselnya dan tampaknya tidak fokus pada materi yang diajarkan. Hal ini mengganggu konsentrasi siswa lain dan menghambat proses belajar mengajar. Bagaimana Anda seharusnya menangani situasi ini agar kelas dapat berjalan dengan lancar dan siswa tersebut tetap merasa dihargai?


A. Secara langsung mengambil ponsel siswa tersebut dan menyimpannya hingga akhir pelajaran.

B. Mengadakan diskusi kelas tentang pentingnya fokus dalam belajar dan bagaimana teknologi dapat mengalihkan perhatian.

C. Membiarkan siswa tersebut dengan harapan ia akan sadar sendiri dan kembali fokus pada pelajaran.

D. Memanggil siswa tersebut setelah pelajaran, berbicara dengannya tentang pentingnya menghargai waktu belajar, dan menanyakan alasan ia sering menggunakan ponsel.

E. Membuat aturan kelas yang melarang penggunaan ponsel selama pelajaran, kecuali untuk keperluan belajar.

Pembahasan Soal 1: Manajerial


Anda diberi tanggung jawab tambahan tanpa ada pemberitahuan sebelumnya dan tanpa petunjuk yang jelas. Maka yang akan Anda lakukan adalah …


A. Mencoba menyelesaikan tugas tersebut berdasarkan pemahaman saya sendiri dan mencari sumber daya yang tersedia.

(Poin 2): Ini menunjukkan inisiatif tetapi risikonya adalah mungkin melakukan kesalahan tanpa arahan yang jelas.


B. Berkonsultasi dengan rekan kerja untuk mendapatkan masukan atau panduan.

(Poin 3): Berkonsultasi dengan rekan kerja bisa membantu memberikan panduan atau perspektif lain tentang tugas tersebut.


C. Meminta waktu tambahan untuk mempersiapkan diri dan memahami tanggung jawab baru tersebut.

(Poin 1): Meskipun penting untuk mempersiapkan diri, tanpa mencari klarifikasi atau bantuan, ini bisa menjadi langkah yang kurang efisien.


D. Menghubungi atasan atau pemberi tugas untuk meminta klarifikasi dan petunjuk lebih lanjut.

(Poin 4): Komunikasi dengan atasan atau pemberi tugas adalah langkah pertama yang penting untuk memahami ekspektasi dan petunjuk.

Pembahasan Soal 2: Sosiokultural


Anda memperhatikan bahwa kegiatan perusahaan sering tidak memperhitungkan kebutuhan karyawan difabel. Apa langkah konkret yang akan Anda usulkan untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih inklusif?


A. Menyusun dan mengusulkan kebijakan inklusi difabel kepada manajemen.

(Poin 4): Langkah ini menunjukkan inisiatif dan menciptakan perubahan sistematis untuk inklusi.


B. Mengadakan sesi pelatihan kesadaran difabel untuk seluruh karyawan.

(Poin 3): Ini meningkatkan kesadaran dan membantu mengubah sikap, tetapi mungkin tidak cukup untuk perubahan struktural.


C. Mengusulkan penyesuaian fisik di tempat kerja, seperti aksesibilitas untuk kursi roda atau teknologi pendukung untuk karyawan dengan kebutuhan khusus.

(Poin 2): Langkah ini penting untuk inklusi, tapi fokusnya terbatas pada aspek fisik.


D. Mengundang organisasi difabel untuk memberikan masukan tentang bagaimana perusahaan bisa lebih inklusif.

(Poin 1): Meskipun bermanfaat, langkah ini mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk melihat hasilnya.

Pembahasan Soal 3: Wawancara


Sebagai pemimpin tim dalam sebuah proyek, apa metode Anda untuk mendorong kerjasama tim dan produktivitas?


A. Memberikan pengakuan dan pujian kepada anggota tim atas prestasi mereka.

(Poin 3): Pengakuan dan pujian dapat meningkatkan moral dan motivasi anggota tim.


B. Menetapkan tujuan yang jelas dan menyediakan sumber daya yang diperlukan.

(Poin 2): Meskipun tujuan jelas adalah penting, tanpa komunikasi, mereka mungkin tidak sepenuhnya efektif.


C. Mendorong keterlibatan anggota tim dalam pengambilan keputusan.

(Poin 1): Keterlibatan dalam pengambilan keputusan adalah penting, tetapi tanpa komunikasi yang efektif, mungkin tidak sepenuhnya berdampak.


D. Mengatur pertemuan rutin untuk memantau kemajuan dan mendorong komunikasi terbuka.

(Poin 4): Komunikasi terbuka adalah kunci untuk kerjasama dan produktivitas tim.

Pembahasan Soal 4: SJT


Selama pelajaran, Anda menyadari bahwa seorang siswa seringkali sibuk dengan ponselnya dan tampaknya tidak fokus pada materi yang diajarkan. Hal ini mengganggu konsentrasi siswa lain dan menghambat proses belajar mengajar. Bagaimana Anda seharusnya menangani situasi ini agar kelas dapat berjalan dengan lancar dan siswa tersebut tetap merasa dihargai?

A. Secara langsung mengambil ponsel siswa tersebut dan menyimpannya hingga akhir pelajaran.

B. Mengadakan diskusi kelas tentang pentingnya fokus dalam belajar dan bagaimana teknologi dapat mengalihkan perhatian.

C. Membiarkan siswa tersebut dengan harapan ia akan sadar sendiri dan kembali fokus pada pelajaran.

D. Memanggil siswa tersebut setelah pelajaran, berbicara dengannya tentang pentingnya menghargai waktu belajar, dan menanyakan alasan ia sering menggunakan ponsel.

E. Membuat aturan kelas yang melarang penggunaan ponsel selama pelajaran, kecuali untuk keperluan belajar.

Skor untuk setiap opsi:

- A. 2

- B. 3

- C. 1

- D. 5

- E. 4

Pembahasan:

- Opsi A (Mengambil Ponsel): Meskipun tindakan ini mungkin membuat siswa berhenti menggunakan ponsel untuk sementara waktu, pendekatan ini bisa dianggap kasar dan tidak menghormati privasi siswa.

- Opsi B (Diskusi Kelas): Mengadakan diskusi kelas adalah cara yang baik untuk menyadarkan siswa tentang dampak dari gangguan teknologi tanpa menyebutkan atau memalukan siswa tertentu.

- Opsi C (Membiarkan Siswa): Mengabaikan masalah ini tidak akan membantu meningkatkan situasi dan bisa memberi kesan bahwa Anda tidak peduli terhadap proses belajar mengajar.

- Opsi D (Diskusi Pribadi): Mendekati siswa dengan empati dan mencoba memahami alasannya merupakan pendekatan yang paling konstruktif. Ini menunjukkan perhatian Anda terhadap kesejahteraannya dan keberhasilannya di kelas.

- Opsi E (Aturan Kelas): Meskipun memiliki aturan yang jelas adalah penting, penerapan aturan tanpa diskusi mendalam mungkin tidak sepenuhnya efektif.

Dengan demikian, Opsi D merupakan pendekatan yang paling tepat karena menawarkan solusi yang didasarkan pada empati dan pemahaman terhadap siswa.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Soal tes pppk di grup wa hari ke 16 dari rumpen"

Post a Comment